Intip Detail Seiko Monster Komodo SRPK55K1 dengan Dial Mirip Kulit Si Satwa Langka

Seiko Prospex SRPK55K1 Indonesia Exclusive Limited Edition

Seiko Prospex SRPK55K1 Monster Indonesia Exclusive Komodo Dragon Limited Edition merupakan jam tangan edisi eksklusif Indonesia yang baru diluncurkan pada 25 Oktober 2023 kemarin. Jam tangan ini merupakan model eksklusif kedua untuk pasar Indonesia. Pada model kedua ini, Seiko berkolaborasi dengan yayasan Komodo Survival Program (KSP) dan 2% dari total penjualan jam tangan ini akan didonasikan untuk pelestarian satwa endemik Indonesia, komodo.

Seiko Prospex SRPK55K1 Monster Indonesia Exclusive Komodo Dragon Limited Edition.
Seiko Prospex SRPK55K1 Monster Indonesia Exclusive Komodo Dragon Limited Edition.

Sedikit flashback, model jam tangan Seiko eksklusif Indonesia yang pertama adalah Seiko Prospex ‘Turtle’ SRPJ52K1 yang dirilis pada 2022 lalu dan cukup mendulang kesuksesan. Apakah model kedua ini lebih menarik daripada model pertama? Minwatch akan bahas lebih dalam di bawah ini. Yuk simak ulasannya!

Kombinasi Desain Monster dengan Komodo

Dial dirancang dengan motif dan tekstur kulit komodo.
Dial dirancang dengan motif dan tekstur kulit komodo.

Seiko Merancang Prospex SRPK55K1 memakai model dasar Seiko Prospex ikonik yang dijuluki “Monster”. Seperti diketahui, jam tangan ISO diver ini sangat populer di Indonesia dan dunia. Julukan “Monster” telah diberikan fans sejak lama karena desain bezel bergerigi serta bentuk indeks marker pukul 12 yang layaknya gigi monster. 

Seiko Prospex SRPK55K1 memiliki cyclops di atas day-date window.
Seiko Prospex SRPK55K1 memiliki cyclops di atas day-date window.

Secara kasat mata, kita bisa mengenali jika Seiko Prospex SRPK55K1 memakai model dasar “Monster” generasi 4, hal ini bisa dikenali dari penerapan cyclops pada kaca Hardlex, desain end-link, indeks marker serta hands. Monster generasi 4 merupakan salah satu Monster yang cukup laris dan banyak penggemarnya.

Dominan brushed finish membuatnya tampak maskulin.
Dominan brushed finish membuatnya tampak maskulin.

Melongok ke dial, kita bisa melihat motif dan tekstur dial yang didesain menyerupai kulit komodo. Salah satu ciri khas menarik dari komodo adalah kulitnya yang bersisik dengan warna cokelat kekuningan. Hal ini diterapkan secara sempurna pada dial Seiko Prospex SRPK55K1  dan menjadi keunikan tersendiri pada jam tangan ini.

Spesifikasi Tangguh Khas Seiko Diver 

Diameter 42,4 mm dengan lug pendek, masih proporsional di mayoritas pergelangan tangan.
Diameter 42,4 mm dengan lug pendek, masih proporsional di mayoritas pergelangan tangan.

Seiko Prospex SRPK55K1 memiliki stainless steel case berdiameter 42,4 mm dengan ketebalan 13,4 mm. Case dipadukan H-link stainless steel bracelet khas Monster dengan folding clasp dan diving extension agar bisa dipakai pada lengan baju selam yang tebal. Sementara unidirectional stainless steel bezel berwarna hitam diberi skala 60-menit untuk mengukur durasi menyelam. Seluruh permukaan jam juga dilapisi super hard coating untuk ketahanan lebih baik terhadap goresan.

Memakai screw-down caseback yang teruji untuk jam tangan diver.
Memakai screw-down caseback yang teruji untuk jam tangan diver.

Masih sama dengan Seiko Monster pada umumnya, jam tangan ini dibekali ketahanan air 200 meter sesuai standar ISO 6425, sehingga aman untuk scuba diving. Crown pada posisi pukul 4  dengan konstruksi screw-down crown yang dilindungi crown guard. Sementara caseback menggunakan mekanisme screw down caseback yang memang sudah teruji diaplikasikan pada jam tangan diver.

LumiBrite yang berpendar di dalam kegelapan.

Jarum dan indeks marker juga masih menggunakan desain yang sama dengan Monster generasi 4. Seluruh indeks marker dan jarum telah dilapisi dengan LumiBrite andalan Seiko yang menyala terang di kegelapan. Day-date window pada pukul 3 semakin mudah dibaca karena adanya kaca pembesar (cyclops) di atas day-date window pada kaca Hardlex jam tangan ini.

Dibekali Automatic Movement & Terbatas 500 Unit

Spesifikasi Seiko Prospex SRPK55K1 Monster Indonesia Exclusive Limited Edition

Seperti model reguler Monster, Seiko Prospex SRPK55K1 ditenagai automatic movement caliber 4R36 yang menawarkan cadangan daya 41 jam. In-house movement ini berdetak sebanyak 21.600 beat per jam dan mendukung komplikasi day-date.

Dilengkapi strap rubber tambahan pada kotaknya
Dilengkapi strap rubber tambahan pada kotaknya.


Movement ini juga memiliki akurasi +45/-35 detik/hari dan memiliki fitur self-winding serta hacking second hand. Movement ini semakin tangguh karena sudah dibekali diashock sebagai komponen peredam guncangan, sehingga cukup aman untuk dipakai menyelam.

Seiko Prospex SRPK55K1 terbatas 500 unit untuk Indonesia.
Terbatas 500 unit untuk Indonesia.

Seiko Prospex SRPK55K1 merupakan jam tangan yang hanya di rilis di Indonesia dan hanya tersedia 500 unit. Jam tangan ini juga hadir dalam kotak eksklusif lengkap dengan gambar komodo dan dalam kotaknya disematkan juga rubber strap tambahan berwarna olive green yang bisa kamu pasang jika kamu bosan dengan stainless steel bracelet. Langsung cek Seiko Prospex SRPK55K1 Monster Indonesia Exclusive Komodo Dragon di Jamtangan.com. Buruan bawa pulang dan jadi orang pertama yang memilikinya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Spinnaker Fleuss Automatic seconde/seconde/ Limited Edition

Halloween Ceria ala Spinnaker Fleuss Automatic seconde/seconde/ Fifty Phantoms

Next Article
oris diver automatic

10 Rekomendasi Oris Diver Automatic, Idaman Para Divers

Related Posts
Total
0
Share