Soon! Seiko Prospex SLA049: Tribut untuk Sang Penakluk Puncak

Soon! Seiko Prospex SLA049: Tribut untuk Sang Penakluk Puncak

Seiko baru-baru ini merancang seri Prospex yang khusus ditujukan untuk mengenang seseorang yang kegigihannya begitu inspiratif. Siapa dia? Dialah Naomi Uemura, orang pertama di dunia yang berhasil menaklukkan puncak gunung tertinggi di 5 benua. Uemura telah menjejakkan kakinya di puncak Mont Blanc di Eropa, Kilimanjaro di Afrika, Aconcagua di Amerika Selatan, Mount Everest di Asia, dan Puncak Denali di Amerika Utara.

Atas kegigihan dan semangatnya yang luar biasa untuk mencapai puncak tertinggi di dunia, Seiko Prospex meluncurkan seri SLA049 yang merupakan model re-creation seri 1970 sebagai tribut kepada Naomi Uemura. Seri SLA049 ini memiliki desain yang identik dengan Seiko Prospex model 1970 dengan mekanisme yang lebih modern.

Dial SLA049. Foto: Seiko.

Naomi Uemura sendiri merupakan pengguna Seiko Prospex 1970 diver’s watch yang fenomenal. Dia membuktikan sendiri betapa tangguhnya jam tersebut saat Uemura bertualang dari Greenland ke Alaska di tahun 1974-1976 dengan jarak tempuh 12.500 km. Tahun 2021 ini merupakan tahun ke-80 kelahiran Uemura, itulah mengapa seri SLA049 ini dinamai “The Naomi Uemura 80th Anniversary Limited Editions”.

Dengan upgrade di berbagai aspek dari seri inspirasinya, Seiko Prospex SLA049 ini hadir lebih karismatik dengan crown yang terproteksi lebih baik di posisi pukul 4. Dengan kaliber 8L35 dan kaca dual-curved sapphire anti-reflective, jam ini memiliki visibilitas yang lebih jernih jika dibaca dari berbagai arah.

Display date di antara pukul 4 dan 5. Foto: Seiko.

Nampaknya Seiko memang gemar melakukan re-creation dari seri-seri legendaris untuk dihadirkan kembali ke masa sekarang. Tak heran jika koleksi Seiko Prospex cukup digemari karena menghadirkan sisi historis dari masa lalu, SLA049 ini memiliki water resistance hingga 200 m plus terdapat strap tambahan berupa silicon. Case back dari jam tangan ini diukir dengan nama Uemura beserta serial number yang unik di tiap seri. Kabarnya seri ini resmi diluncurkan ke publik pada Juli 2021 dan hanya tersedia 1.200 pcs di seluruh dunia.

Back case dengan nama Naomi Uemura tercetak. Foto: Seiko.

Uniknya, dialnya memperlihatkan tekstur layaknya lanskap pegunungan yang merupakan medan favorit Uemura. Warna birunya menyimbolkan warna atmosfer di puncak ketinggian yang sangat eksotis. Dengan steel strap-nya yang dieksekusi sangat elegan, desain seri ini makin menampakkan kesan yang super modern dari seri aslinya.

Satu hal lagi yang super epik dari seri ini, display date-nya berada di posisi yang tak umum. Posisinya ada di antara jam 4 dan jam 5 yang tetap memiliki visibilitas yang tinggi. Semua indeksnya dilapisi dengan lumibrite untuk keterbacaan optimal di kondisi gelap. Bersamaan dengan rilisnya SLA049 ini, Seiko juga meluncurkan seri lainnya yakni Seiko Prospex The 1970’s Diver’s Modern Re-interpretation: SLA051. Untuk movementnya, seri SLA051 juga menggunakan Caliber 8L35 dengan power reserve hingga 50 jam yang identik dengan seri Naomi Uemura.

Bagi kalian yang penasaran dengan koleksi Seiko Prospex lainnya, kalian bisa kunjungi jamtangan.com. Di sini kalian bisa menemukan koleksi jam tangan #PastiOri dengan harga terbaik se-Indonesia. Jangan lupa juga untuk download dan belanja via aplikasi Jamtangan.com untuk nikmati fitur gratis ongkir dan pengalaman belanja yang lebih praktis. Selamat berburu 😀

Categories: Seiko, Watch Reviews