Simak Ulasan Duo King Seiko Terbaru Hadir Lebih Ramping dan High-End

Setelah King Seiko lama berhenti produksi sejak 1975, Seiko  kembali membangkitkan lini King Seiko pada 2020 lalu dan memasukannya sebagai salah satu series dengan mengadopsi model desain King Seiko KSK yang ikonik.

King Seiko SJE089 & SJE081
King Seiko SJE089 & SJE081

King Seiko pada masa lalu dikenal sebagai salah satu lini jam tangan high-end Seiko dari divisi manufaktur Daini Seikosha. Pada era 60-an, sudah bukan rahasia umum jika kedua divisi manufaktur di dalam perusahaan Seiko, yaitu Daini Seikosha dan Suwa Seikosha bersaing secara internal dalam hal inovasi produk. Masing-masing memiliki produk andalan, yaitu Daini Seikosha dengan King Seiko sementara Suwa Seikosha dengan Grand Seiko.

Setelah King Seiko lama berhenti produksi sejak 1975, Seiko  kembali membangkitkan lini King Seiko pada 2020 lalu dan memasukannya sebagai salah satu series dengan mengadopsi model desain King Seiko KSK yang ikonik. Dimulai dari reissue King Seiko KSK Limited Edition, lalu muncul King Seiko versi 37 mm dilanjutkan versi 39 mm serta beberapa edisi limited edition.

Kali ini Seiko baru saja merilis 2 jam tangan King Seiko yaitu SJE089 & SJE081, keduanya hadir dengan diameter berbeda, case lebih tipis dan dibekali movement yang lebih high-end. Jika kamu ingin mengoleksi King Seiko, Minwatch sarankan mulailah dari King Seiko 37 mm dan 39 mm yang bisa kamu temukan di toko offline Jamtangan.com. So, tidak perlu berlama-lama, simak ulasan Minwatch di bawah ini!

King Seiko SJE089 & SEJE081 Terinspirasi Desain King Seiko KSK

King Seiko KSK 44–9990.

King Seiko KSK 44–9990

Kembali ke era 60-an, saat itu jam tangan King Seiko dibuat dengan tingkat presisi tinggi dan movement yang sangat akurat. King Seiko lewat divisi manufaktur Daini Seikosha bahkan dimasukan ke dalam kompetisi Chronometer (kompetisi untuk mencari mechanical movement terbaik dari seluruh merek jam tangan di dunia). Kompetisi tersebut ialah Kompetisi Observatorium Neuchatel yang diikuti Seiko pada tahun 1963 sampai 1968 dan saat itu, King Seiko memperoleh hasil yang sangat bagus.

Dari seluruh jam tangan King Seiko, yang paling menonjol ialah King Seiko 44-9990, dengan manual winding movement caliber 44A. Jam tangan ini dikenal sebagai KSK (KS berarti King Seiko dan K pada akhirannya adalah singkatan dari Kisei-Tsuki, yang artinya jarum detik yang berhenti), model KSK inilah yang menjadi inspirasi desain King Seiko modern.

Hadir Dengan Dimensi Berbeda, King Seiko SJE089 & SJE081 Tampil Lebih Tipis dan Proporsional

Diameter 38.6 mm dan ketebalan 10.7 mm merupakan dimensi yang proporsional.

Diameter 38.6 mm dan ketebalan 10.7 mm merupakan dimensi yang proporsional.

Kedua King Seiko model terbaru ini, hadir dengan diameter 38,6 mm dan ketebalan 10,7 mm. Tentu saja hal ini menempatkan jam tangan ini kedalam ceruk pasar yang berbeda dengan versi 37 mm dan 39 mm. Ketebalan 10,7 mm merupakan ketebalan favorit banyak orang untuk sebuah jam tangan formal atau dress watch.

Dengan ketebalan tersebut, sebuah jam tangan formal akan lebih fleksibel dikombinasikan dengan kemeja lengan panjang, karena akan lebih mudah untuk masuk ke dalam sleeves kemeja lengan panjang. Sementara diameter 38,6 mm merupakan salah satu sweet spot dalam dunia horology. Diameter tersebut bisa serasi dengan hampir seluruh pergelangan tangan pria, bahkan wanita.

Dress Watch dengan Kualitas Detail Tinggi, Cocok Untuk Harian

Dial, indeks dan jarum dibuat dengan tingkat kedetailan tinggi.

Dial, indeks dan jarum dibuat dengan tingkat kedetailan tinggi.

King Seiko terbaru hadir dalam dua varian dial, yang pertama mempunyai dial sunray perak (SJE089) dan yang kedua dengan dial hitam (SJE091). Ada banyak detail indah yang bisa ditemukan pada dial. Indeks pada dial memiliki sisi atas dengan hairline finish dan sisi miring yang dipoles mengilap, sedangkan indeks pukul 12 memiliki motif hobnail (atau Clous de Paris). Sementara pada jarum, terdapat 2 finishing pada kedua sisinya yaitu polished dan brushed. Kedua jam tangan ini masih dibekali box-shaped sapphire crystal anti gores dengan lapisan anti refleksi yang ketebalannya sudah dikurangi dibanding 2 versi King Seiko modern sebelumnya.

Back case menampilkan logo ikonik King Seiko.

Back case menampilkan logo ikonik King Seiko.

Pada aspek case, detailnya sungguh menakjubkan, jam tangan ini dipoles dengan sangat detail. Terdapat permukaan yang dipoles sangat mengilap seperti cermin (Zaratsu finish) dan hairline finish yang digarap dengan sangat baik pada bagian atas. Pada bagian belakang, terdapat solid stainless steel case dengan mekanisme screw down, tentu saja hal ini cukup bagus untuk ketahanan air 5 bar atau 50 meter. Ketahanan air 50 meter sudah cukup untuk penggunaan harian, namun Minwatch tidak menyarankan dipakai untuk berenang. Selain itu, keindahan lain pada backcase tertuang dalam ukiran logo King Seiko yang sangat presisi. 

Dibuat dengan material stainless steel yang solid dan berkualitas tinggi.

Dibuat dengan material stainless steel yang solid dan berkualitas tinggi.

Salah satu aspek yang tidak bisa diabaikan adalah kualitas stainless steel bracelet. Seluruh link memiliki permukaan dengan hairline finish yang sangat indah dan detail. Sama seperti 2 versi sebelumnya, material stainless steel yang digunakan juga berkualitas tinggi dan cukup solid. Sementara itu, double folding clasp juga diperindah dengan logo King Seiko. Ukuran lug jam tangan ini ialah 19 mm, jika kamu akan mengganti strap, kamu harus mencari strap dengan ukuran 19 mm agar bisa dipasang pada jam tangan ini.

Dibekali Movement High-End Seiko

Seiko Caliber 6L35

Seiko Caliber 6L35

Kedua King Seiko ini dibekali automatic movement caliber 6L35 yang merupakan salah satu movement Seiko high-end dan memiliki dimensi ramping. Movement ini biasanya hanya muncul untuk model limited edition dari model Presage. Caliber 6L35 ini dihadirkan pertama kali pada tahun 2018 dan mempunyai ukuran lebih tipis (ketebalan 3,7 mm) Selain itu, movement ini termasuk hi-beat movement karena berdetak sebanyak 28,800 vph, yang artinya dalam 1 detik berdetak sebanyak 8 kali, sehingga sapuan jarum detik terlihat lebih halus dan stabil. Movement ini memiliki 26 jewels, cadangan daya 45 jam dan akurasi -10/+15 detik/hari. Selain itu, movement ini sudah tahan gelombang magnet maksimal sebesar 4,800 A/m dan memiliki fitur date yang ditampilkan pada dial di posisi pukul 3.


Jika kamu benar-benar mengapresiasi detail craftsmanship tingkat tinggi khas King Seiko dan mengapresiasi level presisi tinggi dari movement high-end caliber 6L35 dalam kedua model King Seiko terbaru ini, kamu bisa mulai menabung dari sekarang. Alasannya, Minwatch perkirakan harga kedua jam tangan ini akan lebih mahal dari King Seiko versi 37 mm dan 39 mm. Perkiraan ini datang dari movement yang digunakan kedua jam tangan ini ada di level yang lebih tinggi daripada King Seiko versi 37 mm (caliber 6R31) dan 39 mm (caliber 6R55) Tentu saja memiliki jam tangan ini merupakan cara terbaik untuk menikmati detail dan spesifikasi tingkat tinggi dalam sebuah mahakarya bernama King Seiko. Informasinya, King Seiko terbaru ini akan didistribusikan ke seluruh dunia pada Juli 2023. Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Breitling Superocean Automatic 42

Niat Beli Jam Tangan Breitling Superocean? Baca Review Ini Dulu!

Next Article
mido multifort terbaru

Klasik & Elegan! Sambut Trio Mido Multifort Powerwind Terbaru

Related Posts
Total
0
Share