Seiko JDM, Produk Seiko Yang Mempunyai Standar Tinggi

Seiko JDM, Produk Seiko Yang Mempunyai Standar Tinggi

Seiko JDM (Japan Domestic Market) adalah produk Seiko yang dipasarkan hanya untuk pasar Jepang saja. Akan tetapi banyak juga watch seller yang memasukan beberpa Seiko JDM ke Indonesia, salah satunya adalah machtwatch.co.id, Seiko JDM disukai karena selain populasinya yang relatif lebih sedikit daripada Seiko non JDM (pasar internasional), Seiko JDM juga mempunyai kualitas yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan produk-produk yang dipasarkan untuk pasar domestik Jepang, harus sesai standar dan regulasi pemerintah Jepang.

Seiko JDM kanji day

Gambar 1. Salah satu ciri Seiko JDM adalah menggunakan huruf kanji pada penunjuk harinya.

Ada beberapa lini produk dari Seiko yang sifatnya JDM. Yaitu lini Prospex (sebagian besar), lini Presage (sebagian), lini Mechanical, lini Spirit, lini Ananta, lini Grand Seiko, lini Credor dan lini Galante. Tiga nama terakhir yang disebut, adalah produk luxury atau ditujukan untuk pasar kalangan atas. Tidak dipungkiri jumlah produksi untuk beberapa lini yang sifatnya JDM, memang tidak  banyak, sehingga disebagian kalangan kolektor, muncul kesan eksklusif jika dapat mengoleksi Seiko JDM.

sbdx001-1

Gambar 2. Seiko SBDX001, merupakan produk JDM

Seiko JDM dapat dicirikan dengan melihat seri produknya, seperti Seiko SBDC001, SBDX001 dll. Biasanya diawali dengan tiga huruf dan dilanjutkan dengan tiga digit angka. Berbeda dengan seri produk Seiko yang ditujukan untuk pasar internasional, biasanya diawali dengan tiga huruf, tiga digit angka, satu huruf menunjukan tempat dirakitnya jam tersebut dan satu digit angka diakhir. Seperti contohnya Seiko SKX007J1, Seiko SKX009K1 dll.

grandseiko

Gambar 3. Grand Seiko merupakan produk luxury yang sifatnya JDM.

Seiko yang merupakan produk JDM memang cukup layak dikoleksi. Selain populasinya lebih sedikit, Seiko JDM mempunyai nilai lebih pada hal kualitas yang ditawarkan. Bukan berarti Seiko non JDM jelek, akan tetapi Seiko JDM mempunyai value lebih, sehingga hal tersebut membuat produk-produk JDM menjadi layak untuk dikoleksi.

 

  • Zul Hamy

    Benarkah seri J1 itu JDM/ buatan jepang dan K1 itu bukan misalnya rakitan negara lain?