Seiko SKY Prospex, Didesain Untuk Penerbang

Seiko SKY Prospex, Didesain Untuk Penerbang

Seiko SKY Prospex, merupakan lini prospex terbaru Seiko untuk pasar global selain SEA dan LAND. SKY, yang berarti langit menunjukan bahwa jam-jam yang ada pada lini ini diciptakan untuk keperluan penerbangan. Sebelumnya Seiko telah membuat beberapa jam untuk pilot, seperti Seiko Flightmaster dll. Jam tangan pilot biasanya ditandai dengan fitur yang menunjang kegiatan penerbangan atau aviation.

Seiko Prospex sejatinya merupakan lini JDM. Seiko Flightmaster yang juga termasuk dalam lini Prospex JDM, merupakan jam tangan yang cukup digemari dan banyak dikoleksi oleh penggemar Seiko karena cukup langka. Dengan hadirnya lini Prospex untuk pasar global, maka Seiko berusaha memperluas area penjualan lini prospex. Termasuk untuk model jam tangan penerbang (flightmaster). Kali ini Seiko membuat sebuah jam penerbang yang dapat dinikmati penggemarnya di seluruh dunia.

Seiko SKY Prospex

Gambar 1. Seiko SKY Prospex SSC 264 dengan aksen gold dan detail yang baik.

Jam tangan yang tergabung dalam lini Seiko SKY Prospex ialah Seiko SSC261P1/P2/SSC263 dan SSC264. Perbedaan keempat jam ini hanya pada jenis strap dan warna saja. SSC261P1 menggunakan bracelet solid stainless steel, sedangkan P2 menggunakan strap kulit khas jam pilot. Sedangkan SSC263 merupakan versi all black PVD dari SSC261 dan SSC264 tampil elegan dengan warna gold dan strap kulit.

Semua model yang ada pada lini SKY, dibelaki movement quartz solar V175 yang sudah cukup handal dan terbukti, karena juga disematkan pada beberapa model Seiko sebelumnya. Quartz solar movement merupakan movement yang menggunakan energi cahaya untuk pengisian dayanya. Selain itu, konsep desain trigonometric dengan slide rule, memungkinkan penerbang untuk mudah membaca bezel dan dial. Fitur chronograph juga disematkan pada jam ini. Fitur chronograph berfungsi untuk stopwatch dan membuat timer dalam melakukan kegiatan yang berkaitan dengan penerbangan.  Bezel slide-rule yang merupakan standar jam pilot modern juga disematkan. Fungsi bezel ini untuk mengukur perkiran jarak tempuh dan estimasi bahan bakar pesawat.

sky

Gambar 2. Dengan desain Trigonometric slide-rule, memungkinkan pilot dapat mengkalkulasi jarak dan bahan bakar.

Selain fitur-fitur diatas, Seiko juga menyematkan sapphire crystal dengan lapisan anti refleksi cahaya. Walau jam ini ditujukan untuk pilot, tetapi memiliki kemampuan tahan air sampai 100 meter dengan screw back case ala jam tangan diver. Dengan ukuran 46mm jam ini terlihat macho di pergelangan tangan namun tetap proporsional. Seiko memang sudah terkenal membuat jam tangan untuk para profesional, dengan diluncurkannya Seiko SKY Prospex untuk pasar global, tentu menunjukan komitmen Seiko terhadap para profesional penerbangan dan  pecinta jam tangan pilot.

Categories: Seiko