Seiko Rilis Prospex Landmaster SLA071 Tuk Perayaan Tiga Dekade

seiko landmaster sla071
Seiko Prospex Landmaster SLA071 30th Anniversary Limited Edition.
Seiko Prospex Landmaster SLA071 30th Anniversary Limited Edition.

Seiko Prospex Landmaster merupakan lini jam tangan yang dirancang untuk kegiatan adventure dan dibekali spesifikasi yang tangguh. Landmaster sendiri merupakan jam tangan yang banyak digandrungi para kolektor Seiko. Hal ini dikarenakan karena Seiko Landmaster pada masa sebelumnya cukup susah didapatkan karena kebanyakan hanya rilis di Jepang. 

Tahun ini tepat sejak 1993 merupakan peringatan Seiko Landmaster yang ke-30. Seiko mengeluarkan SLA071 yang merupakan jam tangan untuk pasar global dan dibuat edisi terbatas sebanyak 1.000 pieces. Seperti apa bocorannya? Simak tulisan Minwatch di bawah ini!

Tiga Dekade Seiko Landmaster

Seiko Landmaster dari masa ke masa.
Seiko Landmaster dari masa ke masa.

Pada tahun 1993, seri Seiko Landmaster meluncur pertama kali di Jepang. Model ini memiliki sejarah panjang dan sudah melalui tiga dekade. Seri ini telah mendapatkan kepercayaan dari para profesional outdoor. Landmaster juga dianggap sudah memenuhi kebutuhan para petualang dan pendaki gunung. Selama tiga dekade, Seiko terus memperbarui spesifikasinya agar semakin baik. Untuk memperingati ulang tahun ke-30 Landmaster, Seiko merilis koleksi Prospex terbaru yang desainnya menggunakan desain Landmaster lama yang ikonis.

Bezel Kompas dan Case Dibuat dari Titanium Murni

Seiko Landmaster identik dengan bezel kompas.
Seiko Landmaster identik dengan bezel kompas.

Landmaster terbaru ini, dibekali case berdiameter 42 mm dan tebal 12,7 mm. Case dibuat dari  material titanium murni. Keunggulan titanium murni karena material ini lebih ringan dan kuat daripada stainless steel. Titanium juga dikenal anti-korosi, inilah yang membuat jam tangan berbahan titanium sangat cocok untuk para petualang. Seiko juga melapisi case Landmaster dengan super hard coating sehingga jam tangan ini lebih tahan gores. 

Screw down case back.
Screw down case back.


Pada bagian belakang case, dibekali solid screw down case back yang lazim digunakan pada jam tangan diver. Juga terdapat tulisan “Limited Edition” dan nomor seri masing-masing jam tangan. Jam tangan ini juga memiliki ketahanan air 20 bar (setara tekanan air pada kedalaman 200 meter), sehingga sangat aman jika terkena hujan deras, mandi bahkan berenang di sungai.

Dikemas dengan box eksklusif.
Dikemas dengan box eksklusif.


Seiko juga kembali menghadirkan bezel dengan skala kompas yang pernah hadir pada model Landmaster terdahulu. Bezel dan marker kompas diberi bentuk tiga dimensi agar memudahkan pengoperasian dan keterbacaan. Titanium bracelet yang digunakan menggunakan Oyster bracelet dan terdapat micro adjustment yang memungkinkan pengguna menyesuaikan panjang bracelet dengan mudah sehingga jam tangan dapat dikenakan di atas pakaian musim dingin yang tebal.

Pemandangan Puncak Gunung Everest Pada Dial

Dial Seiko Landmaster SLA071 terinspirasi pemandangan langit di gunung Everest
Dial Seiko Landmaster SLA071 terinspirasi pemandangan langit di gunung Everest

Warna biru gradasi pada dial melambangkan pemandangan langit yang dilihat dari puncak Everest. Sekedar diketahui, pada dataran tinggi pegunungan, dimana lapisan atmosfernya tipis dan tidak ada pantulan cahaya, langit akan tampak gelap termasuk pada siang hari. Warna biru gradasi dial jam tangan ini menggambarkan perubahan warna langit secara bertahap menjadi biru tua, seiring pendaki mendaki selangkah demi selangkah. Seolah-olah alam semesta dapat dilihat sekilas melalui langit.

LumiBrite berpendar terang.
LumiBrite berpendar terang.

Indeks tiga dimensi pada dial dan jarum jam yang tebal memastikan keterbacaan yang tinggi bahkan di lingkungan yang tidak mendukung sekalipun. Indeks marker dan jarum dibekali lapisan LumiBrite yang tebal dan menyala terang dalam kegelapan. Jam tangan ini juga dibekali kaca safir dengan lapisan anti reflektif sehingga kaca menjadi jernih untuk memastikan keterbacaan yang sangat baik walau dibaca dari sudut mana pun.

Dibekali Movement Flagship dan Tangguh

Automatic movement caliber 8L35 yang dirancang untuk medan berat.
Automatic movement caliber 8L35 yang dirancang untuk medan berat.

Seiko Prospex Landmaster terbaru ini ditenagai oleh automatic movementflagship Seiko yaitu Caliber 8L35 yang memang dirancang untuk bertahan pada lingkungan yang ekstrim. Selain menggunakan material terbaik, movement dengan power reserve 50 jam ini juga memiliki ketahanan medan magnet hingga 4800 A/m. Movement ini sudah cukup familiar dipasangkan pada jam tangan diver high-end dari Seiko.

Movement yang berdetak sebanyak 28.800 beat per jam ini dirakit oleh para watchmaker dari studio jam tangan Shizukuishi milik Seiko. Movement ini memiliki akurasi +15 hingga -10 detik per hari. Studio ini juga tempat merakit movement Grand Seiko. Rencananya jam tangan ini akan didistribusikan ke seluruh dunia pada November 2023. Tunggu kedatangannya di Jamtangan.com dan sambil nunggu, kamu bisa cek juga koleksi Seiko Prospex lainnya di sini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
G-Shock x League of Legends

Kolaborasi Paling Epik, G-Shock x League of Legends Hadirkan Karakter Game

Next Article
jam tangan mido diver

7 Rekomendasi Mido Ocean Star Diver Siap Jadi Jam Tangan Selammu

Related Posts
Total
0
Share