Seiko Alpinist GMT Ready di Jamtangan.com, Intip Ulasan Lengkapnya!

3 SEIKO ALPINIST GMT
Seiko Alpinist GMT
Seiko Alpinist GMT

Pada awal September 2023 lalu, Seiko perkenalkan koleksi terbarunya yakni Seiko Alpinist GMT yang terdiri dari model SPB379J1 dan SPB377J1. Selain itu, Seiko juga meluncurkan jam tangan edisi limited edition dari lini yang sama untuk perayaan anniversary ke-110 pembuatan jam tangan pertamanya, yaitu SPB409J1. 

Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition 
Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition 

Ketiga model tersebut dilengkapi dengan fitur office GMT, sehingga mampu memantau dua zona waktu sekaligus. Kali ini, Minwatch akan me-review jajaran Seiko Alpinist GMT untuk kamu. Agar semakin yakin untuk mengoleksinya, mari simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Lihat Lebih Dekat Ketiga Model Seiko Alpinist GMT

Seiko Alpinist GMT bukanlah seri GMT pertama dari Seiko, tetapi model ini menjadi Alpinist GMT mechanical automatic pertama yang diciptakan Seiko. Selain itu, koleksi ini juga memiliki desain yang terinspirasi dari Red Alpinist keluaran 1995. Bedanya, model teranyar ini hadir dengan sejumlah peningkatan berupa finishing yang lebih baik dan spesifikasi movement terbaru. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ketiga model jam tangan Seiko Alpinist GMT:

1. Seiko Alpinist GMT SPB379J1

Seiko Alpinist GMT SPB379J1
Seiko Alpinist GMT SPB379J1. Sumber: Fratello Watches

Seiko Alpinist GMT SPB379J1, didesain dengan dial berwarna hitam dengan sunray finish yang terintegrasi dengan leather berwarna senada. Pada dial-nya terdapat angka Arab pada angka 3, 6, 9, dan 12, serta jarum jam dan menit bergaya katedral berwarna putih yang kontras. Sementara pada ujung panah jarum jam GMT diberi akses warna merah yang pop up. Indeks dan jarum juga dilapisi dengan LumiBrite

Kemudian dipadukan dengan skala 24 jam diintegrasikan ke dalam bezel eksternal stainless steel. Kombinasi ini membuat jam tangan tersebut tampak gagah dan keren. Tampilannya semakin terlihat klasik dan apik berkat brushed finish pada bagian bezel dan polished finish pada samping case-nya.  

2. Seiko Alpinist GMT SPB377J1

Seiko Alpinist GMT SPB377J1
Seiko Alpinist GMT SPB377J1. Sumber: Fratello Watches

Berikutnya ada Seiko Alpinist GMT SPB377J1, yang memiliki dial berwarna biru dengan sunray finish serta leather strap yang serasi. Model ini memiliki marker angka Arab dengan glossy finish, lalu berpadu dengan indeks dan hands berwarna putih yang sudah dilengkapi dengan LumiBrite. Sementara pada ujung jarum jam GMT-nya, ditambahkan aksen warna merah. 

3. Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition 

Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition
Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition. Sumber: Monochrome Watches

Terakhir, adalah model SPB409J1 yang diluncurkan untuk memperingati 110 tahun pembuatan jam tangan Seiko pertama, yaitu Laurel. Aksen warna Laurel diterapkan pada jam ini melalui dial putih, aksen biru pada hands dan aksen merah di indikator North pada skala kompas. Hadir secara limited edition, SPB409J1 hanya diproduksi sebanyak 3.000 unit di dunia. 

Secara spesifikasi maupun tampilan, SPB409J1 tak banyak berbeda dengan dua model sebelumnya. Adapun jangan ini memiliki dial berwarna putih klasik  dengan stainless steel bracelet yang membuatnya terlihat klasik. Lalu pada samping case dan bezel-nya menggunakan sentuhan polished finish. 

Tambahan strap pada Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition 
Tambahan strap pada Seiko Alpinist GMT SPB409J1 Limited Edition 

Kamu dapat melihat jarum jam dan menit bergaya katedral khas Alpinist dengan akses warna biru serta jarum jam GMT dengan ujung berbentuk panah yang juga berwarna biru. Menariknya, SPB409J1 tersedia tambahan leather strap berwarna coklat dengan deployant clasp. Sehingga kamu bisa dapatkan dua tampilan jam tangan berbeda dalam satu pembelian. 

Spesifikasi Seiko Alpinist GMT

Spesifikasi Seiko Alpinist GMT
Spesifikasi Seiko Alpinist GMT. Sumber: Fratello Watches

Seluruh jam tangan pada jajaran Seiko Alpinist GMT dirancang dengan stainless steel case berdimensi 39,5 mm dan lugs to lugs 46,4 mm sehingga cukup pas dipakai pada kebanyakan pergelangan tangan. Jam tangan ini juga sudah tahan air hingga 20 bar (sekitar 200 meter) yang aman digunakan berenang maupun snorkeling

Seiko juga masih mempertahankan skala kompas pada inner ring yang dapat diputar dengan cara mengoperasikan crown kedua yang ada di posisi pukul 4. Sementara pada dial terdapat date window yang tersembunyi di antara posisi pukul 3 dan 4 tanpa kaca pembesar dan memakai latar belakang yang sewarna dengan dial. Kemudian dial-nya dilindungi oleh kaca safir. Untuk menambah visibilitas, jam tangan ini telah dilengkapi dengan lapisan LumiBrite pada bagian dot marker, hands, serta ujung panah pada jarum GMT. 

Movement Seiko Alpinist GMT

Bagian caseback Seiko Alpinist GMT Limited Edition SPB409
Bagian caseback Seiko Alpinist GMT Limited Edition SPB409. Sumber: Monochrome Watches

Untuk movement-nya, seluruh jajaran Seiko Alpinist GMT digerakan oleh automatic movement Caliber 6R54 yang berdetak sebanyak 21.600 vph, punya 24 jewels, dan cadangan daya tahan hingga 72 jam atau 3 hari. Adapun Caliber 6R54 merupakan jenis office GMT, sehingga mampu mengatur jarum jam GMT secara independen. Fitur ini dapat membantu kamu untuk mengetahui zona waktu kedua di negara lain secara sekaligus. Kamu dapat melihat movement ini pada bagian screwed-down caseback transparannya yang dilindungi oleh crystal sapphire

Kabar baiknya, ketiga jam tangan Seiko Alpinist GMT yakni SPB379J1, SPB377J1, dan SPB409J1 sudah mendarat di Jamtangan.com, loh! Untuk kamu yang tertarik untuk mengoleksinya, segera kunjungi laman atau aplikasi Jamtangan.com sekarang juga dan sikat sebelum kehabisan! Selain itu, kamu juga dapat cek berbagai koleksi Seiko 5 Sports lainnya di sini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Kolaborasi Timex dengan seconde/seconde

Kolaborasi Timex dengan seconde/seconde/ Hasilkan 2 Jam Tangan “iykyk” Limited Edition

Next Article
millitary automatic

7 Jam Tangan Military Automatic Ini Dijamin Bikin Kamu Berkarakter

Related Posts
Total
0
Share