Review MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

MIDO memperkenalkan koleksi Ocean Star GMT “Shark Tooth” ref. M026.829.18.041.00 pada bulan Maret 2024 lalu yang bertepatan dengan MIDO merayakan anniversary ke-80 untuk trademark Ocean Star yang dipatenkan tahun 1944. Desain jam tangan special edition ini terinspirasi vintage diver watch, sudah dibekali fitur flyer, true atau travel GMT, dan dirancang dengan proporsi yang simple.

Sebelumnya, blog Jamtangan.com juga pernah membahas tentang MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition. Namun kali ini, kami akan melakukan review secara lebih lengkap. Biar makin yakin untuk mengoleksinya, baca dulu artikel di bawah ini sampai selesai, ya!

Case Kecil Cocok Dipakai oleh Sebagian Pergelangan Tangan

Case MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition
Case MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

Jika desain Ocean Star GMT “Shark Tooth” diperhatikan lebih detail, tampilannya terasa kokoh dengan aluminium insert bezel dan glossy dial warna biru yang tampak mencolok. MIDO membuat Ocean Star GMT dari stainless steel case dengan dominan brushed finish. Case-nya berdiameter 40,5 mm, tebalnya 13,4 mm, dan lug-to-lug 47 mm. Dimensi ini membuat jam tangan pas dipakai oleh sebagian besar pergelangan tangan pria Asia yang memiliki pergelangan kecil hingga sedang. Ocean Star GMT menggunakan stainless steel screw down backcase dan screw down crown. Sedangkan untuk water resistant, karena termasuk dalam lini diver Ocean Star, maka ketahanan airnya ialah 200 meter sehingga tetap bisa dipakai untuk berenang dan scuba diving.

Bracelet MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition
Bracelet MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

Ocean Star GMT menggunakan stainless steel engineer bracelet dengan 11 row, serta solid end link dan folding clasp. Meskipun bagian pinggir bracelet agak tajam, tetapi memiliki kesan kokoh. Clasp jam tangan cukup versatile dan menawarkan dive extension yang berfungsi ganda sebagai mekanisme micro-adjustment yang praktis hanya dengan digeser atau sliding. Link yang pendek pada bracelet bisa melingkar sempurna pada pergelangan tangan ketika kamu memakai jam tangan Ocean Star GMT “Shark Tooth”. 

MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition saat dipakai di pergelangan tangan
MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition saat dipakai di pergelangan tangan

Style bracelet tampak serasi dengan tampilan jam tangan secara keseluruhan. Namun, bagian yang agak sedikit mengganggu adalah lebar lug yang hanya 21 mm. Ini artinya kamu tidak akan memiliki banyak opsi strap aftermarket untuk dipakai bergantian. Kabar baiknya, MIDO menghadirkan jam tangan ini dengan nylon strap tambahan dengan pin buckle. Strap dengan shade warna biru ini dihiasi white stripe pada bagian tengah. Tidak seperti bracelet, nylon strap-nya dilengkapi quick-release spring bar. Perlu diketahui juga jika nylon strap-nya memiliki dua lapisan yang membuatnya tampak tebal sehingga daya tahannya lebih kuat 

Nylon strap pada MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition
Nylon strap pada MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

Indeks Marker pada Dial Terinspirasi dari Gigi Hiu

Dial MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition
Dial MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition

Visual dial MIDO Ocean Star GMT tampak memukau dengan bezel yang dilengkapi skala 24 jam dengan angka genap memakai arabic indeks dan ganjil memakai dot marker. Bezel ini juga dilengkapi pip bezel yang diisi lume. Sedangkan pada chapter ring putih yang kontras dengan dial dan bezel, terdapat juga skala 24 jam dengan angka ganjil memakai arabic indeks dan angka genap memakai dot marker. Dengan dial warna biru yang serasi dengan warna bezel utama, membuat ukuran dial pada bagian tengah terlihat kecil. Bidirectional bezel-nya tampak bergerigi dengan aluminum insert bezel yang menciptakan shade warna berubah-ubah, yaitu dark blue dan ungu tergantung arah cahaya yang datang. 

Indeks marker MIDO Ocean Star GMT terinspirasi gigi hiu
Indeks marker MIDO Ocean Star GMT terinspirasi gigi hiu

Inner chaptering ring warna silver dengan skala 24 jam yang di-brush membuat dial tampak deep dan berfungsi dengan baik berkat distorsi yang disebabkan oleh penggunaan kristal safir cembung. Kehadiran indeks marker yang timbul terinspirasi dari gigi hiu membuat tampilan jam tangan terkesan eksklusif. 

MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition pada kondisi minim cahaya
MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition pada kondisi minim cahaya

Indeks marker dan hands diisi Super-LumiNova yang memancarkan warna biru pada kondisi minim cahaya. Di bawah pukul 12 terdapat tulisan “MIDO AUTOMATIC”, sedangkan di atas pukul 6 terdapat tulisan “OCEAN STAR GMT”. Untuk menciptakan kontras, MIDO menggunakan jarum jam GMT, tulisan “GMT” di atas pukul 6, dan sebuah dot di atas pukul 12 menggunakan warna merah. Sedangkan date window ditampilkan pada pukul 3.

Movement dengan Fitur Travel/Flyer GMT dan Power Reserve hingga 80 Jam

MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” memiliki power reserve 80 jam
MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” memiliki power reserve 80 jam

MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” dibekali automatic movement dengan manual winding caliber 80 (dengan base ETA C07.661). Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph dan memiliki power reserve 80 jam. Jam tangan ini memiliki akurasi −4/+6 detik per hari dan dilengkapi Nivachron balance spring agar jam tangan memiliki ketahanan magnet yang baik. Karena Ocean Star GMT memiliki fitur fitur flyer, true atau travel GMT, ini artinya jarum jam utama bisa disesuaikan secara independen tanpa mempengaruhi jarum-jarum lain dan bergerak jumping hours sehingga mempermudah para traveler ketika baru tiba di negara yang berbeda zona waktu, cukup putar jarum jam utama untuk menyesuaikan dengan waktu setempat.

Tertarik untuk mengoleksinya? Jangan bingung di mana bisa mendapatkannya karena MIDO Ocean Star GMT “Shark Tooth” Special Edition sudah tersedia di Jamtangan.com. Dapatkan koleksi Mido Ocean Star lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Casio G-Shock Surfrider Foundation G-5600SRF-1

G-Shock Kolaborasi dengan Surfrider Foundation Luncurkan G-5600SRF-1

Next Article
sejarah rolex Oysterquartz

Rolex Pernah Punya Jam Tangan Quartz, Simak Kisah Perjalanan Oysterquartz 

Related Posts
Total
0
Share