Parnis Pelagos, Review Dan Ulasan

Parnis Pelagos, Review Dan Ulasan

Parnis Pelagos merupakan jam tangan homage Tudor Pelagos dari Parnis. Seperti Alpha, Parnis yang sama-sama berasal dari Hongkong, juga merupakan salah satu produsen jam tangan Homage. Sebenarnya Parnis dikenal sebagai spesialis homage dari Panerai, namun Parnis juga membuat homage dari desain-desain terkenal lainnya seperti Rolex, IWC dan Tudor. Desain Pelagos, merupakan desain diver yang sangat solid dan tebal, dan Parnis membuatnya dengan stainless steel, sehingga jam ini nampak macho digunakan pada wrist pria.

parnis pelagos

Gambar 1. Parnis Pelagos dengan dial yang mudah dibaca

Jika melihat versi aslinya dari Tudor, memang dibuat menggunakan material titanium yang cukup ringan, sehingga walaupun besar dan tebal, namun tetap nyaman digunakan. Namun Parnis menggunakan material stainless steel pada bodi, sehingga jam terasa lebih solid dan berat. Hands dan marker sama persis dengan Tudor Pelagos, perbedaan ada pada material bodu. Parnis Pelagos sejatinya bukan merupakan jam diver, namun merupakan jam yang menggunakan desain jam diver. Parnis Pelagos mempunyai kemampuan tahan air maksimal kedalaman 100 meter.

Parnis memberikan finishing polished pada sisi bodi dan brushed pada lug dan backcase. Secara konstruksi crown, jam ini memakai screw down crown yang merupakan mekanisme mengunci seperti baut yang diputar, sehingga memaksimalkan kemampuan water ressistant. Finishing pada bodi Parnis Pelagos ini cukup halus dan detail, apalagi dilengkapi dengan kaca safir kristal yang sudah dikenal sebagai kaca anti gores pada jam tangan. Sementara pada backcase, Parnis menggunakan konstruksi Oyster backcase seperti pada Rolex Submariner.

 parnis pelagos butterfly clasp

 Gambar 2. Butterfly clasp pada Parnis Pelagos, membuat jam ini tetap elegan.

Jam ini menggunakan movement automatic dari seagull yang sudah terkenal cukup handal. Sayangnya jam ini tidak dilengkapi lume pada index marker dan handsnya. Namun jam ini cukup legible sehingga mudah dibaca. Pada dialnya hanya terdapat tulisan automatic dan nama Parnis, cukup simpel dan clean tampilannya. Jam yang simpel dan clean lebih enak dipandang mata karena terdapat keharmonisan komposisi pada dialnya. Parnis melengkapi jam ini dengan brown leather strap dan btterfly clasp band yang cukup baik. Parnis Pelagos merupakan homage yang cukup baik bagi para pecinta jam yang ingin jam terjangkau namun dengan desain yang cukup keren.