Oris Luncurkan AquisPro, Tahan Air 4000 Meter!

oris aquispro 4000m
Oris AquisPro 4000m
Oris AquisPro 4000m


Oris baru saja mengumumkan Oris AquisPro 4000m, sebuah jam tangan diver dengan level ketahanan air 4000 meter. Ini merupakan pertama kali jam tangan diver dengan level ketahanan air sangat tinggi, diproduksi oleh Oris. Pada AquisPro edisi sebelumnya, level ketahanan air hanya mencapai 1000 meter.

Seperti kita ketahui, seri Aquis memang sudah dikenal sebagai seri jam tangan diver andalan Oris. Koleksinya cukup banyak dan rata-rata mempunyai ketahanan air 300 meter. Namun kali ini Oris seperti ingin menunjukan kepada dunia bahwa mereka bisa membuat jam tangan diver dengan spesifikasi profesional dengan ketahanan air 4000 meter. Ini membuktikan bahwa Oris tidak main-main dalam membuat jam tangan diver. Seperti apa ulasannya? Simak tulisan Minwatch di bawah ini!

Sekilas Sejarah Aquis

Oris Aquis merupakan seri jam tangan diver buatan Oris yang cukup populer
Oris Aquis merupakan seri jam tangan diver buatan Oris yang cukup populer

Cikal bakal Aquis dimulai pada tahun 1960-an ketika Oris membuat jam tangan penyelam pertamanya. Jam tangan tersebut menggunakan kaca plexi dan memiliki ketahanan air 30 meter. Pada saat itu, produk tersebut disambut baik oleh komunitas penyelam dan sejak saat itu Oris terus memproduksi dan mengembangkan produk jam tangan penyelamnya. 

Hingga pada 2011 lahirlah seri Aquis yang dirancang dengan performa tinggi dan ditujukan untuk para penyelam profesional. Konstruksi Aquis dibuat dengan sangat serius, terbukti setiap model Aquis, selalu dilengkapi bezel yang dapat diputar satu arah, screw down crown, crown guard, lume serta ketahanan air yang sangat mumpuni. Aquis merupakan salah satu tonggak sejarah dalam industri jam tangan diver. Kini, untuk pertama kalinya Oris telah berhasil menciptakan jam tangan dengan ketahanan air 4000 meter, seperti apa jam tangan tersebut? berikut ulasannya.

Dibekali Titanium Case & Konstruksi Pengaman Bezel

Oris AquisPro 4000m menggunakan titanium case dan kaca safir Tebal dengan ketahanan air 4000 meter
Oris AquisPro 4000m menggunakan titanium case dan kaca safir Tebal dengan ketahanan air 4000 meter

Oris AquisPro 4000m dibekali titanium case dengan dimensi yang cukup besar. Case ini memiliki tebal 23,4 mm, lug-to-lug 55 mm, dan diameter 49,5 mm. Jam ini sepertinya memang dirancang sebagai alat bantu profesional untuk menyelam, karena ukurannya lebih cocok digunakan di baju selam yang tebal dan ukuran yang besar membantu penyelam membaca jam tangan ini ketika berada di kedalaman laut. Jika ingin dipakai harian, jam tangan ini akan tampak sangat besar di pergelangan tangan kamu, kecuali jika dipakai orang dengan pergelangan tangan yang sangat besar. Namun sebuah kewajaran jika case jam tangan ini sangat tebal karena level ketahanan airnya mencapai 4000 meter atau 4 km.

Bezel dilengkapi Rotation Safety System
Bezel dilengkapi Rotation Safety System


Bezel dilengkapi ceramic insert dan lume pada marker, selain itu bezel juga dilengkapi Rotation Safety System, sehingga tak perlu khawatir bezel akan berputar ketika menyelam di kedalaman. Sementara crown menggunakan mekanisme screw down crown dan kaca menggunakan kristal safir tebal. Secara keseluruhan desainnya masih khas desain Oris Aquis, tercermin juga dengan penggunaan integrated rubber strap berwarna biru cerah yang dilengkapi folding clasp dari titanium. Tak ketinggalan clasp juga dilengkapi diving extension untuk memanjangkan strap

Dial Terinspirasi Pemandangan Lautan

Dial Oris AquisPro 4000m terinspirasi pemandangan lautan
Dial Oris AquisPro 4000m terinspirasi pemandangan lautan

Oris AquisPro 4000m menampilkan dial dengan warna biru gradasi yang menggambarkan pemandangan saat seseorang menyelam di laut. Ketika menyelam, cahaya perlahan memudar seiring semakin dalamnya penyelaman, hal itu yang ditampilkan pada warna biru gradasinya. 

Selain itu terdapat motif pola gelombang air laut yang terukir di dial dan jarum detik bergaya permen lolipop berwarna biru cerah. Pada bezel kita bisa melihat marker angka dan strip berwarna biru pada skala 0-15 menit dengan pendaran warna biru di latar belakangnya. Sementara Super-LumiNova dibenamkan pada jarum dan marker untuk membantu penyelelam membaca waktu di kedalaman laut yang gelap.

Memakai In-House Calibre 400 Dengan Power Reserve 5 Hari

Back case Oris AquisPro 4000m diberi skala kedalaman dalam satuan meter dan feet
Back case Oris AquisPro 4000m diberi skala kedalaman dalam satuan meter dan feet

Pada back case, kita bisa melihat skala kedalaman dalam satuan meter dan feet. Nah, di balik screw down back case-nya, Oris membekali AquisPro 4000m dengan automatic movement Calibre 400 buatannya. Movement yang dilengkapi fitur manual winding dan hack second hands ini merupakan salah satu pencapaian Oris yang paling membanggakan karena Calibre 400 sudah diakui banyak watch enthusiast sebagai salah satu automatic movement yang benar-benar mengesankan. Penggunaan mainspring barel ganda menawarkan cadangan daya 120 jam atau 5 hari. Movement memiliki 21 jewels, berdetak sebanyak 28.800 beat per jam sehingga termasuk hi-beat.

Oris in-house movement Calibre 400 merupakan movement yang menakjubkan
Oris in-house movement Calibre 400 merupakan movement yang menakjubkan

Urusan performa, akurasi movement ini melampaui spesifikasi Chronometer karena mempunyai akurasi -3/+5 detik per hari karena Oris sudah melakukan pengujian akurasi di 5 posisi. Yang mantap lagi, movement ini sudah tahan medan magnet hingga 2250 gauss serta Oris memberi garansi 10 tahun. Oris juga mengklaim jika movement ini hanya perlu diservis setiap 10 tahun sekali. Mantap sekali bukan?

Demikian ulasan Minwatch tentang rilisan terbaru Oris ini. Tentu saja tidak ada orang yang menyelam hingga kedalaman 4000 meter, namun di persaingan industri horologi, membuat jam tangan dengan ketahanan air tinggi merupakan sebuah pencapain bagi watchmaker brand. Karena hal ini membuktikan jika brand tersebut memiliki kemampuan produksi yang high level sehingga menghasilkan jam tangan berkualitas. Sambil nunggu jam tangan ini ready, yuk intip koleksi Oris Aquis lainnya di sini, dan jangan lupa cek koleksi Oris lainnya hanya di Jamtangan.com

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Swatch X Omega MoonSwatch

Dirilis Saat Super Blue Moon, Intip Swatch x Omega MoonSwatch Mission to Neptune

Next Article
tissot prx

Tissot Rilis PRX Versi Digital, Sport Steel Watch dengan Integrated Bracelet

Related Posts
Total
0
Share