Mengenal Jam Tangan Olahraga: Keunggulan, Ciri-Ciri dan Rekomendasi Terbaru

Kebutuhan para atlet tentunya menjadi hal penting yang nantinya ditawarkan jam tangan olahraga, mulai dari konstruksi jam yang kuat hingga fitur-fiturnya yang menunjang kegiatan olahraga.
jam tangan olahraga
jam tangan olahraga

Terakhir diubah pada 2022/10/25 at 1:16pm oleh Contributor

Ada banyak sekali brand yang mengeluarkan jam tangan olahraga dengan menawarkan berbagai fitur. Para pecinta sport watch maupun atlet pastinya ingin jam tangan yang dapat menunjang kegiatannya, mulai dari jogging, gym hingga menyelam. Maka itu, beberapa brand membuat jam tangan yang didesain khusus untuk berbagai kegiatan olahraga maupun outdoor.

Kebutuhan para atlet tentunya menjadi hal penting yang nantinya ditawarkan jam tangan olahraga, mulai dari konstruksi jam yang kuat hingga fitur-fiturnya yang menunjang kegiatan olahraga. Maka itu, jam tangan olahraga punya keunggulan dari pada jam tangan biasa.

Keunggulan Jam Tangan Olahraga

Umumnya, setiap jenis atau cabang olahraga punya kondisi khususnya tersendiri. Salah satu jam tangan olahraga yang punya kebutuhan khusus adalah jam tangan diver yang tentunya harus tahan air pada kedalaman tertentu. Namun, ada beberapa keunggulan yang umumnya dimiliki oleh jam tangan olahraga.

Punya Fitur Pengukur Waktu Khusus

Biasanya jam tangan olahraga pasti punya alat ukur seperti timer hingga stopwatch. Fitur tersebut dapat membantu pemakainya untuk menghitung waktu dengan tepat dan cepat. Biasanya fitur ini dibutuhkan di cabang olahraga lari untuk menghitung kecepatan. Selain itu, fitur ini pasti ada pada jam tangan diver, dimana penyelam dapat menghitung waktu menyelam hingga sisa oksigen. Buat kamu yang suka jogging, beberapa jam tangan yang dilengkapi pedometer bisa dapat mengukur jarak, kecepatan hingga durasi saat jogging.

Punya GPS untuk Navigasi

Beberapa jam tangan olahraga punya fitur GPS untuk navigasi. Buat para pelari, fitur ini sangat membantu navigasi agar tidak salah arah saat berlari di tempat yang asing. Bahkan para traveler butuh fitur ini saat berpetualang. Tidak sedikit jam tangan olahraga yang punya fitur GPS sehinggajadi pilihan banyak orang.

Fitur Pengukur Cuaca, Ketinggian hingga Kedalaman

Keunggulan selanjutnya adalah fitur pengukur cuaca, ketinggian suatu tempat, hingga kedalaman air. Fitur ini bisa dibilang cukup banyak pada jam tangan pendaki gunung, petualang, dan penyelam. Dimana, jam tangan akan lebih efektif bagi mereka karena ukurannya kecil dan tidak memakan tempat. Para petualang akan lebih mudah jika mendapatkan informasi penting, seperti cuaca hingga ketinggian dari jam tangan.

Daya Tahan Baterai

Umumnya, jam tangan olahraga punya daya tahan baterai yang awet. Hal ini tentunya didasari oleh kebutuhan pengguna yang tidak perlu khawatir jam tangan yang mati karena habis baterai. Beberapa smartwatch khusus olahraga juga memiliki baterai yang dapat tahan hingga beberapa hari tanpa dicas. Namun, ketahanan baterai pada smartwatch khusus olahraga tetap bergantung dengan pemakaiannya juga.

Material dan Konstruksi Khusus Olahraga

Kondisi saat berolahraga tentunya tidak lepas dari keringat hingga goncangan yang dapat beresiko terhadap jam tangan. Jam tangan olahraga didesain khusus untuk mengatasi itu semua. Biasanya material serta konstruksi pada jam tangan olahraga didesain khusus sehingga dapat tahan air, guncangan, benturan hingga medan magnet. Tak hanya ketangguhannya, beberapa jam tangan olahraga juga punya model yang dinamis dan trendy.

Bisa Memantau Kondisi Tubuh

Pada beberapa jam tangan olahraga terdapat sensor yang dapat mengukur beberapa kondisi tubuh. Biasanya fitur ini ada pada smartwatch, yang mana jam tangan ini dapat memonitor detak jantung, kecepatan hingga pembakaran kalori saat berolahraga. Beberapa fitur pendukung kebugaran juga ada pada jam tangan olahraga, seperti pengingat waktu olahraga hingga pencatat waktu tidur.

Ciri Jam Tangan Olahraga

Setelah tau keunggulan jam tangan olahraga, kamu bisa mengenalnya dari cirinya. Untuk cara mudahnya, kamu dapat melihat dari seri jamnya, yang mana keterangan jam tangan khusus olahraga tercantum pada deskripsi produknya. Namun, ada ciri-ciri umum pada jam tangan olahraga yang dapat kamu lihat.

Material Jam Tangan Olahraga

Jam tangan olahraga dibuat dari material yang kuat namun tetap nyaman dan aman digunakan. Umumnya, materialnya ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari pada jam tangan biasa. Ada beberapa material yang sering digunakan pada jam tangan olahraga, seperti rubber, resin, titanium, dan stainless steel. Bahan ini dapat ditemukan pada seri G-Shock yang cukup cocok digunakan untuk olahraga.

Bentuk atau Konstruksi Jam Tangan

Selain materialnya, kamu bisa melihat jam tangan olahraga dari konstruksinya. Karena kegiatan olahraga tidak lepas dari resiko goresan hingga benturan, maka konstruksi jam tangan olahraga harus bisa mengantisipasi semua kemungkinan itu. Biasanya, jam tangan olahraga yang baik punya konstruksi yang kokoh sehingga aman digunakan saat kegiatan ekstrim.

Fitur Khusus

Ciri jam tangan olahraga terakhir adalah fiturnya. Jam tangan olahraga pastinya punya fitur pendukung yang dapat membantu penggunanya saat berolahraga. Ada beberapa fitur yang umumnya pasti ada pada jam tangan olahraga, seperti stopwatch dan timer. Untuk olahraga khusus, seperti menyelam, jam tangan akan dilengkapi beberapa fitur untuk diver, antara lain bezel bisa diputar hingga fitur lumi yang akan bisa membantu penyelam saat kondisi gelap.

Rekomendasi Jam Tangan Olahraga Terbaru

Banyak brand yang berlomba untuk menciptakan jam tangan olahraga terbaik. Buat kamu yang bingung untuk menentukan jam tangan olahraga yang tepat, Minwatch akan memberikan rekomendasi jam tangan olahraga terbaru. Beberapa rekomendasi dibawah ini mungkin akan membantumu untuk memilih jam tangan yang sesuai dengan kebutuhan olahragamu. 

Garmin

Garmin Forerunner 255S
Garmin Forerunner 255S
Sumber: https://www.garmin.co.id/products/intosports/descent-g1-solar-blue/

Jam tangan Garmin cukup populer dengan beberapa koleksi smartwatch dengan beragam teknologi. Produsen jam tangan asal Amerika yang kini beroperasi di Schaffhausen, Swiss, pertama kali muncul dengan teknologi navigasi GPS untuk penerbangan. Sejak itu, produk Garmin mulai memperluas cakupannya ke beberapa lini, mulai dari kelautan, otomotif hingga kebugaran.

Garmin memiliki lini produk khusus jam tangan olahraga. Ada beberapa koleksinya yang dapat menunjang kategori olahraga tertentu. Untuk olahraga lari, Garmin memiliki smartwatch terbaru yaitu Garmin Forerunner 255S yang memiliki masa pakai baterai hingga 12 hari, serta tampilan display yang mudah digunakan. Selain itu, Garmin juga memiliki series jam tangan yang kompatibel untuk menyelam, yaitu Garmin Descent G1 Solar. Seri ini punya mode selam yang cukup lengkap, dari hal teknis hingga menyelam bebas.

Casio G-Shock

Casio G-Shock G-Squad GBA-800
Casio G-Shock G-Squad GBA-800
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/casio-gshock-gsquad-step-tracker-gba8008adr-smart-bluetooth

G-Shock adalah lini jam tangan casio yang terkenal tahan guncangan. Banyak series G-Shock yang cocok digunakan untuk olahraga. Selain konstruksi dan materialnya yang tangguh, G-Shock juga memiliki fitur yang menunjang kegiatan olahraga. Ada beberapa jam tangan G-Shock yang bisa menemanimu saat berolahraga, salah satunya G-Shock G-Squad GBA-800-8ADR.

Salah satu keluaran baru G-Shock ini memiliki fitur yang bisa dibilang inovatif di bidang olahraga. G-Shock G-Squad GBA-800-8ADR memiliki fitur canggih yang dinamakan step tracker. Tak kalah dengan smartwatch, fitur ini dapat menghitung langkah pemakainya sehingga sangat berguna untuk kamu yang suka lari atau jogging. Tak hanya itu, series jam tangan olahraga ini dapat menghitung jumlah kalori yang terbakar saat kamu berlari.

G-Shock G-Squad GBA-800-8ADR dapat kamu dapatkan dengan harga Rp2 jutaan. Kamu juga bisa memilih sendiri koleksi G-Shock yang cocok untuk olahraga di Jamtangan.com.

Seiko Prospex

Seiko Prospex SSC815P1
Seiko Prospex SSC815P1
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/seiko-prospex-ssc815p1-speedtimer-solar-chronograph-blue-dial-stainless-steel-strap-438641

Deretan Seiko Prospex bisa jadi rekomendasi jam tangan olahraga yang terbaik. Dengan spesifikasi tinggi, Seiko Prospex dapat memenuhi kebutuhan atlet profesional, mulai dari penyelam hingga pembalap. Salah satu series-nya yang populer adalah Seiko Prospex SSC815P1.

Seiko Prospex SSC815P1 merupakan jam tangan yang dapat mengisi dayanya dari cahaya matahari atau solar powered. Rekomendasi jam tangan olahraga ini punya fitur tachymeter yang dapat mengukur kecepatan. Dengan fitur ini, series Seiko Prospex ini sering dipakai pada acara olahraga internasional.

Tissot T-Sport

TISSOT T-Sport T059.527.16.031.00.
TISSOT T-Sport T059.527.16.031.00
Sumber: https://www.jamtangan.com/p/tissot-tsport-t059.527.16.031.00-automatic%C2%A0chronograph-men-silver-dial-brown-leather-strap-401011

Rekomendasi terakhir adalah jam tangan olahraga asal Swiss, Tissot. Jam tangan swiss-made ini punya series khusus olahraga yaitu T-Sport. Deretan dari series T-Sport ini memiliki spesifikasi yang dapat memenuhi semua kebutuhan yang umumnya ada pada jam tangan olahraga. Salah satu series yang cukup laris adalah Tissot T-Sport T059.527.16.031.00.

Tissot T-Sport T059.527.16.031.00 termasuk jam tangan chronograph yang dibekali dengan movement ETA-Valjoux Caliber 7753 buatan Swiss. Tak hanya mendukung kegiatan olahraga, series T-Sport ini tersedia dengan leather strap yang membuat tampilanmu lebih klasik. Kamu juga bisa melihat koleksi Tissot T-Sport lainnya di Jamtangan.com.

Pada dasarnya, jam tangan olahraga memiliki fitur khusus yang tidak dimiliki jam tangan biasa. Bagi kamu yang punya kebutuhan khusus untuk kegiatan olahraga, pilihlah jam tangan olahraga yang asli dan berkualitas. Banyak pilihan jam tangan olahraga yang bisa kamu beli dengan harga terbaik di Jamtangan.com.

Oleh: Audi Marchal

Sumber:

http://www.jamtangan.com

https://www.garmin.co.id/products/intosports/forerunner-255s-powder-grey/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
tissot original

Cara Mengetahui Jam Tangan Tissot Original

Next Article
Jam Tangan Terlaris Series Casio Edifice

5 Jam Tangan Terlaris Series Casio Edifice

Related Posts
Total
0
Share