Longines Rilis Pilot Majetek Pioneer Edition dengan Titanium Case

LONGINES RILIS PILOT MAJETEK PIONEER EDITION DENGAN TITANIUM CASE YANG RINGAN

Ketika menghidupkan kembali jam tangan pilot Majetek di tahun 2023, Longines pun melakukan inovasi dengan membuat ulang jam tangan pilot klasik tahun 1930-an tersebut. Longines tidak hanya meningkatkan proporsinya, tetapi juga memperkenalkan desain case dengan sentuhan modern dan finishing yang baru.

Di tahun 2024 ini, Longines pun merilis jam tangan edisi terbatas Pilot Majetek Pioneer Edition L2.838.1.53.2 dan dihadirkan dengan material yang diperbarui. Jam tangan terbaru ini menggunakan palet warna kontras rendah dan memakai titanium case. Mari simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih lengkap tentang spesifikasi Longines Pilot Majetek Pioneer Edition.

Histori Singkat Longines Pilot Majetek

Longines Majetek ref. 3582
Longines Majetek ref. 3582

Model jam tangan Pilot Majetek yang pertama kali dirilis pada tahun 1935 adalah ref. 3582. Jam tangan tersebut dirancang dengan instrumen presisi yang kala itu didesain khusus untuk penerbang. Jam tangan asli tersebut dikembangkan untuk Angkatan udara Ceko. Tool watch tersebut memiliki tampilan ramping menggunakan black porcelain dial yang terlihat kontras dengan white luminous Arabic marker. Pada caseback jam tangan terdapat tulisan “majetek vojenske spravy” yang artinya “property of the military”. Dan di tahun 2024 ini, Longines pun kembali merilis Pilot Majetek Pioneer Edition.

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition
Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Spesifikasi Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Case Longines Pilot Majetek Pioneer Edition
Case Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition dirancang menggunakan titanium case grade 5 dengan kombinasi linear brushing finish. Case-nya memiliki dimensi 43 mm, tebalnya 13,3 mm, dan lug-to-lug 51, 4 mm. Penggunaan material titanium case ini membuat bobot jam tangan menjadi lebih ringan, yaitu hanya 78,7 gram.

Dimensi seperti ini juga membuatnya memiliki profile case dengan cushion style persegi. Jam tangan ini menggunakan bidirectional rotating bezel dan dengan screw-down crown. Untuk melindungi dial, koleksi ini memakai kristal safir anti gores dengan lapisan anti reflektif di kedua sisi.

Caseback Longines Pilot Majetek Pioneer Edition
Caseback Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Pada screw on caseback yang dirancang dengan military-style brushed finish terdapat ukiran Longines Pilot Majetek dan serial number mulai dari 1 hingga 1935. Untuk water resistant, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 100 meter sehingga masih bisa digunakan di sebagian besar kondisi lingkungan. Selain itu, Longines Pilot Majetek Pioneer Edition dilengkapi sailcloth fabric strap warna hitam yang kokoh. 

Dial Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Dial Longines Pilot Majetek Pioneer Edition
Dial Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Pilot Majetek Pioneer Edition menggunakan dial warna hitam dan terlihat lebih kontemporer. Desain dasarnya menggunakan model sebelumnya (2023) dengan indeks marker menggunakan angka Arab berukuran besar, kecuali pada pukul 6 yang diganti subdial detik utama. Dial jam tangan juga menggunakan palet warna lebih kalem dan modern. Permukaan dial utama yang berwarna hitam matte terlihat bertekstur hingga sukses menciptakan latar belakang detail dan menarik.

Longines Pilot Majetek (2023)
Longines Pilot Majetek (2023)

Indeks marker angka Arab, pointer marker, jarum jam, dan jarum menit diisi Super-LumiNova biru yang memancarkan warna biru pada kondisi minim cahaya. Tulisan “LONGINES” di bawah pukul 12 dan angka Arab dibuat dengan tone warna abu-abu. Bahkan internal rotating bezel pointer khas Majetek ditampilkan dengan warna abu-abu. Hal ini pun menciptakan nuansa arsitektural yang secara visual membedakan Pilot Majetek Pioneer Edition dengan akar vintage-nya. Selain itu, pinggiran bezel-nya bergerigi tumpul sehingga mudah diputar oleh pilot yang memakai sarung tangan.

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition bercahaya pada kondisi minim cahaya
Longines Pilot Majetek Pioneer Edition bercahaya pada kondisi minim cahaya

Movement Longines Pilot Majetek Pioneer Edition

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition saat dipakai di pergelangan tangan
Longines Pilot Majetek Pioneer Edition saat dipakai di pergelangan tangan

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition dibekali automatic movement caliber L893.6. Movement ini punya fitur modern seperti silicon balance spring dan memiliki ketahanan magnet yang baik. Movement ini berdetak sebanyak 25.200 bph dan memiliki power reserve 72 jam atau 3 hari. Selain itu, caliber L893.6 juga sudah sesuai dengan standar Chronometer (COSC) sehingga memiliki akurasi -4 hingga +6 detik per hari.

Longines Pilot Majetek Pioneer Edition adalah jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 1.935 pieces dan dibanderol dengan harga US$5.000 atau sekitar Rp81,9 jutaan. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memilikinya? Dapatkan koleksi Longines lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Oris Divers Sixty-Five

Oris Rilis Divers Sixty-Five Date 40 yang Terinspirasi Hutan di Lembah Waldenburg

Next Article
Breitling Avenger U.S. Naval Editions

Breitling Rilis Trio Jam Tangan Militer Avenger Night Mission U.S. Naval Editions

Related Posts
Total
0
Share