Kreasi Gerald Genta Lahir Kembali pada Credor 50th Anniversary Locomotive

Kreasi Gerald Genta Lahir Kembali pada Credor 50th Anniversary Locomotive

Locomotive adalah koleksi jam tangan Credor yang dirancang oleh Gerald Genta. Dan untuk menghadirkan kembali kreasi tersebut, Credor merilis versi reinterpretasi karya Gerald Genta tersebut yaitu Credor 50th Anniversary Locomotive Ref. GCCR999. Credor merupakan luxury brand milik Seiko Watch Corporation selevel Grand Seiko yang dirancang dengan pendekatan desain dress, serta mengombinasikan unsur budaya Jepang. Selain itu, merek ini hanya dijual di Jepang.

Peluncuran jam tangan reinterpretasi ini tampak seperti kolaborasi watchmaking Swiss-Jepang dengan sejarah industri jam tangan masing-masing. Kalau penasaran dengan spesifikasi Credor 50th Anniversary Locomotive, kamu bisa baca terus artikel di bawah ini!

Gerald Genta dan Credor Locomotive

Gerald Genta
Gerald Genta

Gerald Genta adalah orang yang merancang Credor Locomotive pada tahun 1979. Keterangan tentang Gerald Genta untuk mendesain Credor Locomotive ini dinyatakan oleh istrinya, Evelyne Genta. Evelyne menyatakan jika Gerald Genta selalu terhubung dengan Asia dan budayanya. Gerald Genta sangat menyukai budaya Jepang, terutama tentang keinginan untuk mencapai keunggulan, attention to detail, dan nilai tinggi yang diberikan pada craftsmanship.

Credor Locomotive (1979)
Credor Locomotive (1979)

Gerald Genta juga merasa terhormat bisa bekerja untuk Seiko dan Credor Locomotive menjadi salah satu kreasi ciptaannya yang penting. Credor Locomotive 1979 tersebut diluncurkan 7 tahun setelah Audemars Piguet Royal Oak (1972) dan beberapa tahun setelah Patek Philippe Nautilus (1976). Yang membuat Locomotive unik adalah tidak adanya struktur lug terintegrasi. Sebagai gantinya terdapat beberapa flying lug terpasang secara datar dengan end-link yang bebas bergerak sehingga mirip perhiasan vintage dan terlihat eye-catching saat dipakai di pergelangan tangan.

Credor 50th Anniversary Locomotive 
Credor 50th Anniversary Locomotive 

Desain Case Credor 50th Anniversary Locomotive Limited Edition

Sketsa original Credor Locomotif Gerald Genta
Sketsa original Credor Locomotif Gerald Genta

Credor menyatakan jika untuk kreasi jam tangan terbaru, setiap detail diperiksa berulang kali dan direproduksi berdasarkan pada sketsa original Gerald Genta. Kode desain Genta cukup berani dan unik, di mana hal ini diekspresikan melalui skill dan keahliannya pada modern watchmaking dengan menciptakan kesan deep dan indah pada kreasi terbarunya. Bezel heksagonal ikonis Locomotive dengan enam sekrup terus dipertahankan. Namun untuk versi terbaru, sekrup telah disesuaikan agar berfungsi, bukan sekadar dekoratif demi penggunaan jangka panjang dan mudah dirawat. 

Case Credor 50th Anniversary Locomotive
Case Credor 50th Anniversary Locomotive

Credor 50th Anniversary Locomotive dirancang menggunakan high-intensity titanium case dengan brushed finish pada permukaan atas dan samping, serta polished finish pada bevel. High-intensity titanium yang berasal dari Grup Seiko tersebut merupakan material yang 30% lebih ringan dan lebih tahan gores dibandingkan stainless steel. Kualitas ini bisa memaksimalkan daya tahan, membuat keindahan jam tangan makin long-lasting, sekaligus tetap nyaman saat dipakai di pergelangan tangan. 

Caseback Credor 50th Anniversary Locomotive
Caseback Credor 50th Anniversary Locomotive

Case-nya berdiameter 38,8 mm, tebalnya 8,9 mm, dan lug-to-lug 41,7 mm. Dimensi ini membuat jam tangan tampak elegan saat dipakai di pergelangan tangan. Kristal safir dengan lapisan anti-reflektif pada permukaan bagian dalam dipakai untuk melindungi dial. High-intensity titanium juga digunakan pada bracelet dengan 3-fold clasp yang dilengkapi push button release. Pada caseback terdapat logo Credor dan serial number antara 1 – 300 pieces. Koleksi ini memiliki ketahanan air hingga 100 meter.

Dial Credor 50th Anniversary Locomotive Limited Edition

Dial Credor 50th Anniversary Locomotive
Dial Credor 50th Anniversary Locomotive

Credor 50th Anniversary Locomotive menggunakan dial berwarna hitam yang desainnya terinspirasi dari lokomotif uap. Pola yang presisi pada dial diciptakan berkat teknologi mutakhir. Berdasarkan sketsa asli Genta, sebuah digital dial dengan sekitar 1.600 garis radial dibuat untuk menafsirkan ulang pola aslinya. 

Credor 50th Anniversary Locomotive pada kondisi minim cahaya
Credor 50th Anniversary Locomotive pada kondisi minim cahaya

Proses dengan menggunakan mesin khusus tersebut dilakukan sehingga masing-masing garis pada pola dapat langsung diukir pada dial. Pola dial tersebut dibuat dengan cermat untuk mendapatkan kualitas ukiran tangan, bertekstur, dan bersinar dengan indah. Indeks marker, jarum jam, dan jarum menit diisi lume. Date window ditampilkan pada pukul 3, logo Credor ditampilkan di bawah pukul 12, dan tulisan “AUTOMATIC” ditampilkan di atas pukul 6.

Movement Credor 50th Anniversary Locomotive Limited Edition

Movement Credor 50th Anniversary Locomotive
Movement Credor 50th Anniversary Locomotive

Credor 50th Anniversary Locomotive dibekali automatic movement baru yang disebut caliber CR01 dan eksklusif untuk Credor. Movement ini bekerja pada frekuensi 4 Hz dan memiliki power reserve 45 jam. Selain itu, movement juga memiliki akurasi +15 hingga -10 detik per hari dan tahan magnet hingga 4.800 A/m. 

Credor 50th Anniversary Locomotive baru akan dirilis pada bulan Agustus 2024 dan dibanderol dengan harga US$12,000 atau sekitar Rp195 jutaan serta hanya dijual di Jepang. Tertarik untuk mengoleksinya? Intip koleksi jam tangan Seiko lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Oris Divers Sixty-Five All-Black Hölstein Edition

Rayakan Anniversary ke-120, Oris Rilis Divers Sixty-Five All-Black Hölstein Edition

Next Article
Casio Rilis UNO- A168WEUC-1A

Baru Rilis! Casio Standard Vintage UNO Collaboration Model A168WEUC-1A

Related Posts
Total
0
Share