Hublot Rilis MP-10 Tourbillon, Inovatif dengan Energi dari Sistem Pemberat

Hublot MP-10 Turbillon

Hublot baru saja merilis jam tangan dengan tampilan mencengangkan dan mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya yaitu MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium Limited Edition. CEO Hublot, Ricardo Guadalupe, mengatakan bahwa ia memberi kebebasan pada desainer dan watchmaker di Hublot untuk berkreasi dan hasilnya adalah jam tangan terbaru dari koleksi “Manufacture Piece” dengan desain yang bagi sebagian kalangan di luar nalar.  

Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium
Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Sebagian watch enthusiast mungkin juga menganggap jika tampilan jam tangan ini tidak biasa karena dirancang dengan pendekatan vertikal. Untuk tahu lebih banyak tentang spesifikasi dan detail lain dari MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium, yuk simak dalam artikel selengkapnya di bawah ini.

Kristal Safir Kompleks pada Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Case MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium
Case MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium dirancang menggunakan micro-blasted titanium case dengan bentuk persegi panjang. Berbeda dengan jam tangan konvensional yang umumnya berbentuk bulat. Case-nya memiliki lebar 41,5 mm, panjang 54,1 mm, dan tebal  22,4 mm. Selain itu, jam tangan ini juga memiliki ketahanan air hingga 30 meter sehingga masih tetap aman dipakai walaupun terkena cipratan air. Bagian lain yang juga menarik dan terlihat sangat berbeda adalah bagaimana rubber strap hitam terhubung dengan case, yaitu dengan sekrup “H” khas Hublot untuk menahan strap di tempatnya. 

Sisi samping pada Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium
Sisi samping pada Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Bagian menarik lainnya dari MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium adalah kristal safir yang menampilkan lekukan ekstrim dengan tiga sisi dan lekukannya menjorok menuju bagian bawah pada 2 sisi case.  Desain seperti ini menciptakan view seperti terrarium (wadah kaca mini yang digunakan untuk media tanaman) yang mengesankan. Selain itu juga terdapat kristal safir melengkung pada bagian belakang jam tangan meskipun view dari sisi ini tidak terlalu maksimal. 

Pendekatan Vertikal dan Automatic Movement dengan Weight Energy System

Pendekatan vertikal pada Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium
Pendekatan vertikal pada Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Biasanya, jam tangan konvensional menggunakan jarum untuk menunjukan waktu pada dial dengan pendekatan horizontal. Bagian belakang automatic movement pada jam tangan konvensional juga terdapat rotor untuk menggulung pegas mainspring sebagai sumber tenaga dan ini juga dalam orientasi horizontal. Berbeda dengan desain Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium, di mana waktu ditampilkan secara vertikal pada dua silinder yang berputar. Selain itu indikator detik dapat dilihat pada pergerakan tourbillon melalui bingkai lingkaran yang berputar dan berisi skala angka detik yang letaknya ada di bagian bawah jam tangan. 

Backcase Hublot MP-10 Tourbillon, terlihat sebuah kenop crown untuk menyesuaikan waktu
Backcase Hublot MP-10 Tourbillon, terlihat sebuah kenop crown untuk menyesuaikan waktu

MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium menggunakan weight energy system automatic movement caliber HUB9013. Movement ini berdetak sebanyak 21.600 bph dan memiliki power reserve minimum 48 jam. Secara khusus, ini adalah caliber baru dengan 66 jewels, memiliki 592 komponen dan dibekali dua pemberat linear. Peran rotor untuk menggulung mainspring yang biasanya hadir pada jam tangan automatic konvensional, digantikan oleh 2 barel pemberat sejajar yang terbuat dari emas putih dan diberi shock absorber. Ketika pemberat tersebut bergerak naik turun pada sumbunya, maka secara otomatis akan mengencangkan pegas mainspring. Selain itu, terdapat opsi untuk mengisi power secara manual, yaitu dengan cara memutar crown pada bagian atas jam tangan. Indikator power reserve ditandai dengan silinder yang berisi warna hijau (daya penuh hingga sedang) dan merah (daya tersisa sedikit). Semua indikasi waktu dibaca melalui roda silinder jam dan menit yang diisi angka.

Dial Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium
Dial Hublot MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium

Jadi, ada empat roller ata silinder yang berputar terus-menerus pada display hour, minute, second, dan power reserve. Lalu, bagaimana cara membaca jam tangan tersebut? Singkatnya, kamu hanya perlu membaca indikator yang berurutan dari atas ke bawah dengan tulisan “Hours”, “Minutes” dan “Sec” dengan panah merah pada masing-masing indikator yang menunjuk angka pada masing-masing silinder yang berputar. 

Hublot memang dikenal menciptakan jam tangan dengan tampilan unik dan beda dengan jam tangan konvensional pada lini Manufacture Piece. Mungkin, kamu juga akan mengalami sedikit kesulitan saat membaca waktu pada jam tangan dari lini tersebut. Apalagi dengan memahami konstruksi jam tangan yang terlihat rumit. 

MP-10 Tourbillon Weight Energy System Titanium adalah jam tangan edisi terbatas yang hanya diproduksi 50 pieces dan dijual dengan harga $264.000 atau sekitar Rp4,2 milyar. Selain desainnya yang kompleks, harganya juga belum ramah di kantong ya? Tapi jangan khawatir, kamu bisa bisa mendapatkan koleksi jam tangan Hublot lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Breitling Chronomat B01 42 Super Bowl LVIII Edition

Breitling Rilis Chronomat B01 42 Super Bowl LVIII Edition

Next Article
Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Terinspirasi Pesawat Siluman! Bell & Ross Perkenalkan BR 03 Cyber Ceramic 

Related Posts
Total
0
Share