Terinspirasi Pesawat Siluman! Bell & Ross Perkenalkan BR 03 Cyber Ceramic 

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Bell & Ross baru saja memperkenalkan jam tangan barunya yaitu BR 03 Cyber Ceramic yang desainnya merupakan perpaduan antara inovasi dan estetika kontemporer di industri watchmaking. Bila dilihat secara sekilas, seseorang mungkin akan menyangka jika kreasi terbaru dari Bell & Ross ini terlihat seperti model Cyber Skull karena memiliki kemiripan yang mencolok.

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic
Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Namun, Bell & Ross berusaha untuk menjauhkan image tersebut dan menyatakan jika BR 03 Cyber Ceramic menjadi visi brand mengenai desain watchmaking modern dengan estetika futuristik. Untuk tahu lebih banyak tentang Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic, yuk simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic Menjadi Interpretasi Kontemporer BR 03

Bell & Ross BR 03 Black Matte
Bell & Ross BR 03 Black Matte

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic dirancang sebagai interpretasi kontemporer dari desain BR 03 yang ikonis. Jam tangan terbaru ini dibuat dari material high-tech berbobot ringan yaitu ceramic dan memiliki tampilan yang gelap. Jam tangan ini didesain dengan memadukan spirit penerbangan dan tampilannya terinspirasi dari instrument cockpit pesawat seperti koleksi BR 03 tetapi dengan sudut pandang seri Cyber. Kemudian menggabungkan unsur desain original dan futuristik dengan style Bell & Ross yang khas. 

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic 
Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic 

Menurut Co-Founder Bell & Ross, Bruno Belamich, desain Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic mengingatkan kita pada desain pesawat siluman yang memiliki tampilan aerodinamis dan bisa memantulkan gelombang.

Ceramic Case pada Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Case Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic 
Case Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic 

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic dibuat dengan desain yang revolusioner karena bezel dan lug bundar yang menjadi ciri pendahulunya (BR03) dihilangkan. Jam tangan ini menggunakan ceramic case hitam matte yang berukuran 42 mm x 43,7 mm. Dari dimensi tersebut, ini artinya Bell & Ross mengubah desain case persegi yang khas dengan struktur delapan sisi.

Ketiadaan bezel dan lug bundar membuka jalan bagi sudut yang lebih tebal dengan tepian yang tajam. Selanjutnya, tiap garis dan tepian dibuat bersegi secara detail dengan diamond powder untuk menciptakan efek tiga dimensi yang menawan dari konstruksi arsitektur multi-level. Jam tangan ini menggunakan kristal safir yang diberi lapisan anti-reflektif. Sedangkan kristal safir pada caseback diterapkan untuk meningkatkan transparansi dan menciptakan view lebih jelas pada bagian interior. 

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic saat dipakai di pergelangan tangan
Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic saat dipakai di pergelangan tangan

Dengan lug yang terintegrasi pada bezel dan bagian tengah case, maka rubber strap hitamnya pun menjadi bagian integral dari case. Hal ini membuat jam tangan makin terasa nyaman saat dipakai di pergelangan tangan. Strap-nya dibekali stainless steel pin buckle dengan lapisan PVD hitam matte. Untuk water resistant, BR 03 Cyber Ceramic memiliki ketahanan air hingga 50 meter sehingga masih aman dipakai walau terkena cipratan air.

Skeleton Dial dan Movement Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Skeleton dial Bell & Ross  BR-03 Cyber Ceramic
Skeleton dial Bell & Ross  BR-03 Cyber Ceramic

Pada sisi dial, indeks metalik dengan bentuk seperti garis-garis hitam ditempelkan pada permukaan bagian dalam kristal safir bersisi delapan. Sebagian komponen movement berwarna abu-abu, sedangkan jarum jam dan menit dilapisi black micro-blasted finish yang diberi Super-LumiNova abu-abu akan memancarkan cahaya warna hijau pada kondisi minim cahaya. Di bawah pukul 12 terdapat logo “BELL & ROSS”, sedangkan balance wheel ditampilkan pada pukul 6.

Skeleton dial-nya sekilas memperlihatkan cara kerja dari automatic movement BL-CAL.383 yang di-finish dengan lapisan hitam matte. Movement tersebut berdetak sebanyak 28.800 bph dan memiliki power reserve 48 jam. Bahkan, Bell & Ross memberi garansi hingga 5 tahun untuk meyakinkan konsumen.

Caseback Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic
Caseback Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic

Tampilan mainspring barrel cover pada movement mirip dengan mesin turbin pesawat dan Bell & Ross mendesainnya sebagai bentuk penghormatan pada inspirasi penerbangan yang kemudian diterapkan pada BR 03 Cyber Ceramic. Ketika jam tangan dibalik, caseback-nya juga dibuat dengan tampilan estetis berwarna hitam, mulai dari pelat skeleton, bridge, dan rotor movement.

Bell & Ross BR 03 Cyber Ceramic adalah jam tangan edisi terbatas yang hanya dijual sebanyak 500 pieces dan dibanderol dengan harga EUR13.600 atau sekitar Rp232,6 juta. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mengoleksi jam tangan dengan desain kontemporer dan futuristik seperti di atas? Jika harganya masih belum masuk di kantong, kamu masih bisa mengintip model jam tangan Bell & Ross lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Hublot MP-10 Turbillon

Hublot Rilis MP-10 Tourbillon, Inovatif dengan Energi dari Sistem Pemberat

Next Article
Balance Spring

Balance Spring Ditemukan Christiaan Huygens atau Robert Hooke?

Related Posts
Total
0
Share