Garmin Perkenalkan Descent MK3 & G1 Solar Ocean Edition

GARMIN PERKENALKAN DESCENT MK3 & G1 SOLAR OCEAN EDITION

Salah satu koleksi Garmin yang cukup populer di kalangan watch enthusiast adalah Descent Series dengan fungsi dive computer atau komputer selamnya. Garmin Descent MK3 dan G1 masih menawarkan fitur health dan fitness tracking, tetapi smartwatch ini telah dibekali oleh berbagai fitur penyelaman. Sementara itu, Garmin Descent memiliki mode dan sensor khusus penyelaman terintegrasi yang membuatnya dapat berfungsi sebagai dive computer yang andal dan kompeten. 

Garmin Descent MK3 Series dan G1 Solar Edition Dive Computer
Garmin Descent MK3 Series dan G1 Solar Edition Dive Computer

Garmin merilis Descent MK3 Series dan G1 Solar Ocean Edition Dive Computer dalam waktu dekat ini. Smartwatch tersebut dibuat dengan menggunakan komponen dari 100% plastik daur ulang dari laut dan dibekali fungsi dive computer. Menarik sekali, kan? Biar informasi makin lengkap, yuk simak bocoran lainnya dari Minwatch dalam artikel di bawah ini!

Garmin Descent MK3 Series dan G1 Solar Ocean Edition Dive Computer 

Sebelum membahas tentang spesifikasi dan fitur-fitur yang ada di dalam Descent MK3 Series dan G1 Solar Ocean Edition Dive Computer, ada baiknya kamu tahu tentang tampilan dari keempat model smartwatch tersebut.

1. Garmin Descent MK3 43 mm

Garmin Descent MK3 43 mm
Garmin Descent MK3 43 mm

Garmin Descent MK3 standar dengan case berdiameter 43 mm, menggunakan titanium bezel, dan fog gray silicone strap.

2. Garmin Descent MK3i 43 mm 

Garmin Descent MK3i 43 mm 
Garmin Descent MK3i 43 mm 

Garmin Descent MK3i dengan case berukuran 43 mm, menggunakan bezel titanium dengan warna Carbon Gray dan bronze, dan French gray silicone strap.

3. Garmin Descent MK3i 51 mm 

Garmin Descent MK3i 51 mm
Garmin Descent MK3i 51 mm

Garmin Descent MK3i dengan case berdiameter 51 mm, Carbon Gray DLC titanium bezel, dan black silicone strap.

4. Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer
Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer dengan case berukuran 45 mm, menggunakan titanium bezel, rubber strap warna biru muda.

Garmin Descent MK3 Series Dive Computer 

Spesifikasi Garmin Descent MK3 Series Dive Computer

Garmin Descent MK2 Series
Garmin Descent MK2 Series

Sama seperti generasi sebelumnya, Garmin Descent MK3 series juga terdiri dari Descent MK3 standar dan Descent MK3i. Descent MK3i sudah dilengkapi aksesori tangki tambahan Transceiver T2 yang bisa memonitor tangki, tekanan udara, kedalaman serta bisa berkomunikasi dengan penyelam lain yang memakai alat serupa. Descent MK3 standar hanya tersedia dalam case berdiameter 43 mm, sedangkan Descent MK3i tersedia dalam dua ukuran case yaitu 43 mm dan 51 mm. 

Descent MK3i ditawarkan dalam opsi bezel titanium dengan warna Carbon Gray dan bronze untuk versi 43 mm serta Carbon Gray DLC titanium bezel untuk versi 51 mm. Lebih lanjut, Descent MK3i 51 mm diberi tambahan senter built-in LED dengan pengaturan strobe dan versi dengan DLC-coated titanium bracelet. Sedangkan Garmin Descent MK3 standar hanya tersedia silicone rubber strap.

Layar touchscreen AMOLED pada Garmin Descent MK3i 43 mm
Layar touchscreen AMOLED pada Garmin Descent MK3i 43 mm

Garmin Descent MK3 series juga dilengkapi touchscreen AMOLED yang sangat terang dan dilindungi oleh sapphire crystal anti-gores. Descent MK3 juga dibuat dengan struktur tombol anti-bocor yang memungkinkan smartwatch tetap bisa beroperasi dan aman di air. Bahkan ketika mendapat tekanan besar karena smartwatch ini memiliki maximum depth rating hingga 200 meter. Water resistance hingga 200 meter ini adalah 2 kali lipat dari seri Descent MK2.

Fitur-fitur pada Garmin Descent MK3 Series Dive Computer

Garmin Descent MK3i 51 mm dapat digunakan untuk mengirimkan pesan
Garmin Descent MK3i 51 mm dapat digunakan untuk mengirimkan pesan

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara Garmin Descent MK3 standar dan MK3i dive computer. Model Descent MK3i dianggap lebih canggih dibandingkan MK3 standar karena Descent MK3i telah dilengkapi teknologi SubWave sonar. Bila terkoneksi dengan transceiver T2, penggunaan teknologi SubWave sonar memungkinkan smartwatch dapat mengirimkan pesan diver-to-diver dan Diver Assistance untuk memantau tekanan tangki. Teknologi SubWave yang digunakan pada perangkat transceiver Descent MK3i dan Transceiver T2 pun bisa digunakan dengan penyelam lain yang terhubung hingga jarak 30 meter. Bahkan memungkinkan pengguna untuk bertukar preset message.

Descent T2 transceiver
Descent T2 transceiver

Hal ini membuat teknologi SubWave ideal bagi divemaster yang perlu mengawasi beberapa penyelam untuk alasan keselamatan. Fitur Diver Assistance juga memungkinkan pengguna Garmin Descent MK3i untuk meminta bantuan langsung dari pergelangan tangan. Ketika sebuah peringatan dikirimkan pada penyelam lain yang terhubung dengan SubWave di area tersebut, mereka yang memiliki smartwatch Descent MK3i dapat melihat kedalaman dan jarak penyelam yang meminta bantuan, serta memantau sampai bantuan tidak diperlukan lagi. 

Garmin Descent MK3i dibekali teknologi SubWave
Garmin Descent MK3i dibekali teknologi SubWave

Selain itu, fitur Dive Group Tracking pada Garmin Descent MK3i series juga memungkinkan seorang divemaster memimpin kelompok untuk melacak hingga delapan penyelam di saat yang bersamaan dan melihat data dari Transceiver T2 penyelam lainnya dengan jangkauan 10 meter untuk menjaga tab pada metrik seperti tekanan tangki, tingkat konsumsi udara, dan waktu udara yang tersisa. 

Descent MK3 terbaru juga memiliki aplikasi built-in diving mencakup mode untuk free-diving, spearfishing, scuba diving yang lebih teknis dengan gas campuran (nitrox dan trimix), serta setting yang digunakan dengan rebreather sirkuit tertutup. Meskipun memiliki touchscreen yang cerah, Descent MK3 masih mampu menawarkan battery life hingga 48 jam dalam Dive Mode.

Fitur Diver Assistance untuk memantau tekanan tangki
Fitur Diver Assistance untuk memantau tekanan tangki

Selain fitur di atas, tampilan layar Descent MK3 juga dapat disesuaikan oleh pengguna. Sedangkan peta DiveView menawarkan kontur kedalaman untuk lebih dari 4.000 lokasi penyelaman. Sensor internalnya mencakup altimeter, barometer, kompas, kompas bawah air, serta GPS berbasis satelit yang dapat membantu penyelam melacak titik awal dan akhir penyelaman. 

Free diver juga dapat menggunakan fitur variometer untuk memantau kecepatan turun-naik menggunakan tone dan vibration feedback. Setelah menyelesaikan penyelaman, built-in dive log memungkinkan pengguna untuk meninjau data, melacak peralatan, membuat catatan, dan berbagi detail melalui aplikasi smartphone Garmin Dive.

Garmin Descent MK3i saat digunakan untuk menyelam
Garmin Descent MK3i saat digunakan untuk menyelam

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer 

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer
Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer

Smartwatch dive computer lainnya yang diluncurkan bersama Descent MK3 Series adalah Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer. Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer dibuat dari case polimer berdiameter 45 mm, menggunakan sapphire crystal, dan memiliki ketahanan air hingga 100 meter. Smartwatch ini mengambil blueprint inti dari Descent G1 Solar original yang debut tahun 2022 lalu. Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer menggunakan case, bezel, dan tombol dari plastik daur ulang yang didapatkan dari laut. 

Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer memanfaatkan light-power
Garmin Descent G1 Solar Ocean Edition Dive Computer memanfaatkan light-power

Smartwatch ini juga menggunakan light-power dan menawarkan battery life hingga 25 jam jika menjalankan Dive Mode. Descent G1 Solar Ocean Edition juga masih bisa bertahan hingga 124 jam saat digunakan dengan smartwatch mode sambil mengisi daya dengan tenaga surya. Walaupun smartwatch ini tidak dibekali teknologi SubWave seperti seri Descent MK3, tetapi Descent G1 Solar Ocean Edition masih menawarkan semua fungsi dive computer dan fungsi olahraga yang mencakup semua diving mode dan 30+ aplikasi olahraga tertentu. 

Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Kunjungi juga website Jamtangan.com untuk mendapatkan smartwatch Garmin lain yang kamu suka!

    Total
    0
    Shares
    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

    Previous Article
    seiko Presage Kintaro Hattori SPB441

    Anniversary ke-100 Trademark Seiko, Rilis Presage Kintaro Hattori SPB441

    Next Article
    HUBLOT MP-15 TAKASHI MURAKAMI TOURBILLON SAPPHIRE

    Case Transparan Hublot MP-15 Takashi Murakami Tourbillon Sapphire Berbentuk Kelopak Bunga

    Related Posts
    Total
    0
    Share