G-Shock Mudman, Jam Anti Lumpur

G-Shock Mudman adalah salah satu jenis G-Shock “master series”. Sejarah Mudman dimulai pada tahun 1985, dimana pada saat itu Casio mengeluarkan G-Shock  DW-5500C yang mempunyai konstruksi casing anti lumpur. Saat itu DW-5500C mempunyai julukan “Mudman”.  Mudman yang mempunyai arti manusia lumpur, merupakan nama resmi dari jam-jam G-Shock  master series yang mempunyai spesifikasi mud ressist atau anti lumpur.

Casio-G-Shock-Mudman-Digital-Dial-Mens-Watch-G9300-1-Watch-Casio-0-0

Gambar 1. Konstruksi pada caseback Mudman, didesain anti lumpur.

Konstruksi mudman sebenarnya hanya menambah lapisan resin pada caseback, sehingga baik debu, lumpur atau pasir tidak bisa masuk ke sela-sela bodi jam. Konstruksi casing semacam itu merupakan inovasi dari Casio, yang ingin menciptakan jam tangan yang tidak hanya tahan banting, tapi juga tahan di segala medan berat, termasuk di medan yang penuh dengan lumpur.

Saat ini Casio telah menambahkan berbagai fitur tambahan seperti thermometer dan compas digital pada G-Shock Mudman modern. Salah satu Mudman yang telah mempunyai banyak fitur tersebut adalah Casio G-Shock Mudman G9300. Pada G9300, Casio telah membenamkan twin sensor yang berfungsi sebagai sensor untuk mengukur suhu dan kompas digital. Pada GW9300 bahkan telah dilengkapi carbon fiber strap, yang diklaim tidak akan putus.  Sekedar diketahui, G9300 merupakan Mudman generasi ketiga setelah GW9000 dan G9000 Mudman.

casio-g-shock-mudman-front-face-03

Gambar 2. G-Shock Mudman 9300 series dengan negative display, salah satu Mudman dengan dual sensor.

Pada Mudman, fitur standar G-Shock seperti world time, alarm dan LED display, sudah dibenamkan. Mudman adalah jawaban bagi para pecinta G-Shock yang hobi olahraga outdoor seperti arung jeram maupun off road. Dengan Mudman, tidak perlu khawatir jam tangan akan terkena cipratan lumpur. Selain itu, semua Mudman sudah dibekali fitur water ressist 20bar, sehingga tidak ada masalah jika bersinggungan dengan air.

Tombol pada  G-Shock Mudman juga dirancang tidak akan macet jika terkena lumpur sehingga sangat aman jika digunakan pada medan berlumpur. Mudman yang merupakan salah satu koleksi “master series”, merupakan jam tangan yang cukup layak  jika dikoleksi bagi para pecinta G-Shock, dikarenakan G-Shock master series, jika sudah tidak diproduksi lagi harga jual bekasnya akan cukup tinggi, apalagi jika G-Shock tersebut merupakan produk JDM (Japan Domestic Market) maupun seri limited edition.

 

Klik link ini untuk produk G-Shock Mudman : Casio G-Shock MUDMAN G-9300-1DR

Total
0
Shares
Previous Article

Tissot Visodate, Salah Satu Koleksi Heritage Dari Tissot

Next Article

Tissot T-Touch, Jam Canggih Dengan Layar Sentuh

Related Posts
Total
0
Share