G-Shock MRGBF1000E1A Limited Edition yang High-End Untuk Tiga Dekade

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A
G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A

Tahun 2023 ditandai sebagai anniversary G-Shock Frogman ke-30, seri ini merupakan dive watch andalan dari Casio yang terkenal dengan ketangguhannya. Dalam perayaan ini, G-Shock perkenalkan MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition dengan tampilan analog dan case yang terinspirasi dari Frogman pertama, yaitu DW6300 yang memulai debutnya pada 1993 silam. 

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited
G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited

Jam tangan ini hadir dengan titanium case dan dilengkapi 2 strap yaitu strap fluoro rubber dan titanium bracelet yang ringan dan kuat. Sebagai jajaran dive watch Frogman, ketangguhannya tak perlu diragukan lagi. Seperti apa detailnya? Berikut Minwatch bocorin informasi lengkapnya di bawah ini!

Frogman, Dive Watch Standar ISO dari Casio

G-Shock Frogman merupakan jam tangan penyelam atau dive watch yang diperkenalkan Casio pertama kali pada tahun 1993. Sementara untuk seri Frogman versi  MR-G sendiri, memulai debutnya pada 1999 yang terkenal dengan material full titanium. Selain itu, seri ini punya ciri khas logo katak yang sedang menyelam di bagian caseback-nya. 

Frogman merupakan satu satunya G-Shock yang spesifikasinya sesuai standar dive watch ISO 6425, hal ini ditandai dengan penggunaan label “Diver’s 200M” pada dial, tidak memakai kata water resistant.

Kemudian di tahun 2023, G-Shock kembali bawakan seri Frogman MR-G terbaru, yaitu MRGBF1000E1A sebagai perayaan anniversary seri Frogman untuk yang ketiga dekade. Jam tangan ini juga hadir secara limited edition yang hanya diproduksi sebanyak 700 unit di seluruh dunia. 

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A, Adopsi Desain dari Jam Tangan Frogman Pertama

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited
G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited

Untuk menghormati jam tangan pertama dari seri Frogman yang memulai debutnya pada 1993 lalu, G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A kembali bawakan desain case Frogman DW6300 yang legendaris, namun hadir dengan tampilan analog. Sama seperti pendahulunya, MRGBF1000E1A juga memiliki warna kuning seperti DW6300. 

Namun, MRGBF1000E1A mengalami sejumlah peningkatan untuk menghadirkan desain yang lebih modern dan menampilan fitur-fitur canggih unggulan. Seperti pada tampilan, jam tangan pertama Frogman menggunakan dial digital, sementara MRGBF1000E1A menggunakan tampilan dial analog

Berbeda dari model originalnya yang menggunakan material resin untuk komponennya, MRGBF1000E1A justru memiliki full titanium pada bagian case dan bezel-nya dengan struktur fluoro rubber buffer yang dipasangkan di antara beberapa komponen bezel untuk memperkuat jam tangan terhadap guncangan. 

Selain itu, bagian strap-nya mengusung konsep Dura Soft strap yang terbuat dari material fluoro rubber yang lebih nyaman, lembut, dan fleksibel daripada resin strap standar yang umumnya terdapat pada kebanyakan model G-Shock. 

Hadir dalam dua pilihan strap
Hadir dalam dua pilihan strap

Menariknya, MRGBF1000E1A hadir dengan ekstra strap tambahan yang terbuat dari titanium murni yang dilapisi DLC coating atau lapisan Diamond-Like Carbon untuk menambah kemampuan anti gores. Untuk mengganti strap-nya, dapat menggunakan alat khusus guna melepas pin samping sambil menekan tombol di sisi bawah lug agar dapat mengganti strap dengan mudah. 

Spesifikasi dan Fitur G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition
G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition

Jam tangan ini memiliki titanium case dengan dimensi 56 mm x 49,7 mm x 18,6 mm. Sebagai dive watch berstandar ISO 6425, MRGBF1000E1A dibuat dengan kombinasi rumit dengan lebih dari 70 komponen eksterior, termasuk  O-ring waterproof seal untuk menjaga ketahanan air dan penyangga khusus untuk memperkuat struktur anti guncangan. 

Meskipun dimensinya cukup besar, namun penggunaan titanium pada case-nya membuat bobot jam tangan ini cukup ringan. Mengingat jam tangan ini dirancang untuk digunakan saat menyelam, sehingga ukurannya tidak akan “mengganggu” di pergelangan tangan. 

G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A ditenagai oleh Module No.5072, yakni movement yang menawarkan fungsionalitas yang berorientasi pada penyelaman. Movement ini memiliki sejumlah fungsi seperti mode khusus penyelaman seperti dapat mengukur waktu penyelaman, tide graph atau grafik pasang surut, hingga mampu merekam 30 histori penyelaman. 

Adapun fungsi standar lainnya seperti stopwatch 1/100 detik, countdown timer, alarm, dan dual time zone display. Tak cukup di situ, jam tangan ini juga dilengkapi fitur tambahan yang dapat diakses menggunakan konektivitas bluetooth menggunakan aplikasi Casio Watches. Movement ini juga merupakan Tough Solar movement, sehingga cahaya apapun bisa dijadikan sumber energi untuk mengisi daya baterainya.

Bagian caseback
Bagian caseback

MRGBF1000E1A memiliki dial yang dilindungi oleh crystal sapphire berlapis AR, sementara pada sisi belakangnya dilengkapi dengan screw-lock caseback dari titanium. Pada bagian caseback juga terdapat ukuran logo Frogman, lengkap dengan tulisan “Frogman 30th/G-Shock 40th” untuk menandari anniversary keduanya.  

Hadir dalam Kemasan Ekslusif

Kemasan G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition
Kemasan G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition

Sebagai jam tangan edisi spesial, G-Shock MR-G Frogman MRGBF1000E1A 30th Anniversary Limited Edition tentunya hadir dalam kemasan khusus yang menarik. Setiap pembelian jam tangan ini, kamu akan mendapatkan satu unit jam tangan, bracelet tambahan, dan band mounting tool atau alat untuk mengganti strap yang terbuat dari stainless steel dan lapisan DLC. Kemudian dikemas dalam box yang memiliki lencana di depannya untuk memperingati anniversary G-Shock ke-40 sekaligus anniversary seri Frogman ke-30.

Bagaimana? Menarik, kan, koleksi MR-G Frogman yang satu ini? Dengan bawakan kembali desain DW6300 yang legendaris dengan peningkatan secara material dan fitur, menjadikan jam tangan edisi spesial ini sayang untuk dilewatkan. 

Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Kamu dapat cek koleksi G-Shock lainnya di sini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Tissot PRX Automatic Chronograph

Jadi Incaran Watch Enthusiasts Inilah Review Tissot PRX Automatic Chronograph

Next Article
Mido Baroncelli Chronograph Moon Phase

Terbaru, Mido Rilis Baroncelli dengan Chronograph, Moonphase, & Pointer Date

Related Posts
Total
0
Share