G-Shock G-D001 Termahal di Dunia, Terbuat Dari Apa?

G-Shock G-D001

Saat berbicara mengenai G-Shock, kita tentu akan ingat kepada jam yang menjadi simbol ketahanan dan keandalan dalam dunia jam tangan. Namun sub-brand Casio kini telah bersiap untuk merilis G-D001 yang digadang-gadang menjadi G-Shock termahal di dunia. G-D001 sendiri akan diperlihatkan pada pelelangan Philips pada Desember mendatang.

G-Shock G-D001, dari Dream Project kedua
G-Shock G-D001, dari Dream Project kedua

Sedikit flashback, G-Shock sangat jarang hadir sebuah pelelangan. Tetapi tahun ini, G-D001 akan menjadi bintang utama karena menjadi satu-satunya jam tangan G-Shock. Penasaran dengan G-D001? Jangan khawatir, Minwatch akan mengupas tuntas mengenai jam tangan G-D001 yang disebut akan menjadi koleksi G-Shock termahal ini!

Dibuat Dalam Dream Project Kedua

G-D001, G-Shock termahal di dunia yang dibuat dari emas 18K
G-D001, G-Shock termahal di dunia yang dibuat dari emas 18K

Sepertinya G-Shock berusaha membangun tradisi perayaan ulang tahun setiap 5 tahun semakin eksklusif. Pada ulang tahun ke-35 sebelumnya, G-Shock mengumumkan Dream Project #1, yang menghasilkan G-D5000-JR yang terbuat dari emas 18K.

Jam tangan ini memiliki harga mencapai 70 ribu dolar atau sekitar 1,08 miliar rupiah. Meskipun harganya tinggi, fakta bahwa hanya diproduksi sebanyak 35 unit membuatnya sangat dicari oleh para kolektor yang melihatnya sebagai investasi berharga dan terjual habis hanya dalam waktu singkat.

Kali ini dalam momen perayaan ke-40, G-Shock kembali meluncurkan Dream Project #2 dengan merilis G-D001. Pada Dream Project kali ini G-Shock memproduksi jam tangan G-D001 yang terbuat dari emas 18K. 

G-D001 memiliki desain yang terlihat seperti konsep eksperimental daripada produk yang akan diproduksi secara massal. Dan memang jam tangan ini hanya akan diproduksi 1 unit saja di dunia, sehingga lebih eksklusif dari G-D5000-JR.

Karya Horologi dengan Bantuan AI

G-D001 yang dibuat dengan bantuan AI
G-D001 yang dibuat dengan bantuan AI

Pada Anniversary G-Shock ke-40 ini, Kikuo Ibe yang dijuluki “Father of G-Shock” membentuk tim yang terdiri dari insinyur muda dan veteran ke dalam Dream Project untuk bekerja sama membuat G-D001.

Tidak hanya manusia, pembuatan jam tangan istimewa ini juga menggunakan Artificial Intelligence. Dalam hal ini, AI digunakan dalam berbagai aspek perancangan, seperti kekuatan struktural, metode pengolahan, dan pengurangan berat jam tangan tersebut. Hasilnya adalah sebuah produk yang unik, menggabungkan inovasi baru dengan ciri khas desain G-Shock yang khas.

Desain Solid & Kokoh

Dial ‘powerhouse’ yang berbentuk organik
Dial ‘powerhouse’ yang berbentuk organik

G-D001 memiliki diameter 45,1 mm, jarak lug ke lug 57.3mm, dan ketebalan case-nya 14.3mm. Ini membuat jam ini memiliki tampilan yang tampak besar dan kokoh di pergelangan tangan.

Konstruksi case-nya juga menonjol dengan perpaduan bahan berlapis dan sentuhan brushed, menciptakan kontras visual yang menarik. Dengan berat sekitar 355 gram, jam ini akan terasa solid di pergelangan tangan pemakainya. Fakta menariknya, beratnya hampir 60 gram lebih berat daripada G-D5000-JR di “Dream Project #1.” Case jam tangan ini juga sudah tahan air 200 meter sehingga cukup aman dipakai berenang.

Perpaduan Emas 18K dan Skeleton Dial

G-D001 dengan dial skeleton yang dibalut emas 18K sebagai material utama
G-D001 dengan dial skeleton yang dibalut emas 18K sebagai material utama

Jika G-D5000-JR memiliki case dengan dial digital dengan sentuhan skeleton, sehingga jam G-D001 begitu berbeda. Jam tangan G-Shock termahal ini memiliki round case dan dial skeleton dengan tampilan yang terlihat rumit. Selain terdapat jendela tanggal, terdapat juga 3 subdial yang mendukung fungsi stopwatch dan dual time.

G-Shock ini memakai full gold pada bezel, lug, bracelet, crown, hingga index marker-nya, dengan  emas 18 karat. Bezel dan oyster bracelet dengan bentuk unik ini dibuat dengan metode lost wax casting, sehingga memiliki tingkat presisi yang tinggi dalam detail-desain. Proses lost wax casting juga memastikan bahwa permukaan bezel dan bracelet memiliki sentuhan akhir yang halus.

Teknologi di Dial Skeleton G-D001

Teknologi di balik dial skeleton G-D001
Teknologi di balik dial skeleton G-D001

Pada skeleton dial, G-D001 juga dibekali teknologi sel surya dengan bahan berbasis senyawa galium, yang biasanya hanya kita temui pada satelit buatan. Sel surya berbasis senyawa galium memiliki efisiensi konversi energi yang tinggi. 

Teknologi ini dapat mengubah energi cahaya matahari atau cahaya apapun menjadi energi listrik dengan tingkat efisiensi yang lebih baik daripada beberapa jenis sel surya tradisional. Ini artinya G-D001 dapat menghasilkan daya listrik lebih efisien, terutama dalam kondisi cahaya terbatas seperti cahaya interior atau cahaya matahari yang redup. Selain itu, jam ini dilengkapi dengan solar cell luminescence, yang menyerap cahaya untuk energi dan bisa menyala dalam kondisi gelap.

Movement dengan Pelat Logam dan Roda Silikon

Komponen roda silikon G-D001 pada movement quartz-nya
Komponen roda silikon G-D001 pada movement quartz-nya

G-Shock G-D001 adalah bukti nyata bahwa jam tangan modern dapat menggabungkan keandalan, teknologi canggih, dan presisi. Pada aspek movement, pelat utamanya terbuat dari logam, roda giginya menggunakan silikon, dan bantalan jam ini terbuat dari ruby asli untuk dekorasi sekaligus penguat struktur movement.

Semua detail ini menggambarkan dedikasi tinggi dalam tingkat kedetailan jam tangan ini Ini menjadikan solar-powered quartz movement modul 5740 memiliki gabungan teknologi panel surya dan quartz movement high end untuk menggerakkan mesin jam dengan presisi. 

Bahkan tanpa koneksi ke pemancar jam atom melalui sinyal radio (fitur Multiband 6), jam ini tetap memiliki akurasi hingga ±15 detik per bulan.

Perilisan G-D001: Lelang dan Donasi

G-D001 akan dipamerkan dalam lelang Phillips New York Watch Auction pada tanggal 9 dan 10 Desember
G-D001 akan dipamerkan dalam lelang Phillips New York Watch Auction pada tanggal 9 dan 10 Desember

Sebagai jam tangan istimewa dan akan menjadi yang termahal dari koleksi G-Shock, tentu membutuhkan tempat istimewa juga saat perilisannya. Jam tangan ini dikemas dalam kotak mewah eksklusif yang memiliki lampu LED dan bisa menerangi jam tangan ini. G-D001 akan dilelang pada acara Phillips New York Watch Auction pada tanggal 9 dan 10 Desember.

Untuk harga, sebenarnya belum ada perilisan resmi. Hanya saja karena jam tangan ini hanya dibuat satu saja, maka diperkirakan akan melonjak cukup tinggi. Banyak yang memprediksi bahwa harga G-D001 akan mencapai 14 ribu dolar atau sekitar 2,1 milyar rupiah, dua kali lipat dari G-D5000-JR.

G-Shock berhasil menghadirkan jam tangan yang spektakuler untuk anniversary ke-40. Bukan sekadar jam, tetapi juga gabungan karya seni dengan teknologi.  Kita tinggal menunggu dan melihat seberapa jauh jam G-D001 akan mencapai harga penjualannya di acara lelang tersebut.

Bagaimana, kira-kira G-Shock G-D001 berhasil dilelang dengan nominal berapa ya? Tak perlu jauh-jauh ikut pelelangan, kamu masih dapat temukan koleksi G-Shock lainnya di Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Garmin Vivoactive 5 Smartwatch

Garmin Vivoactive 5 Smartwatch Affordable Kini Tersedia di Jamtangan.com

Next Article
Seiko 5 Sports SSK027K1 Yuto Horigome Limited Edition

Kolaborasi Kedua, Seiko 5 Sports GMT SSK027K1 Yuto Horigome Limited Edition

Related Posts
Total
0
Share