Fitur Hack Pada Mesin Jam Tangan Mekanik

Fitur Hack Pada Mesin Jam Tangan Mekanik

Fitur hack  didalam jam tangan mekanik merupakan fitur yang mempermudah kalibrasi waktu. Hack didalam dunia jam tangan sendiri  adalah sebuah mekanisme memberhentikan jarum detik, untuk kemudian mengkalibrasinya. Cara untuk hacking jarum detik pada jam yang mempunyai fitur hack ialah dengan menarik crown dua kali. Setelah jarum detik berhenti, kita pun bisa memutar jarum detik untuk disesuaikan dengan waktu saat itu.

4R35_manual_hack_system

Gambar 1. Mode C (second click  position) pada movement Seiko 4R35 dan 4R37, merupakan mode untuk hack jarum detik.

Dahulu, fitur hack di jam mekanik merupakan fitur yang istimewa, karena hanya ada di jam-jam kelas menengah keatas. Namun saat ini brand seperti Seiko, sudah bisa membuat mesin jam tangan ekonomis dengan fitur hack. Seiko low end sebelumnya mengandalkan movement 7s26 yang cukup tangguh dan diproduksi cukup lama. Pada tahun 2011 Seiko memperkenalkan movement 4r35/36/37 yang merupakan penyempurnaan dari 7s26. Penyempurnaan ini termasuk membenamkan fitur hack didalamnya.

4R35_with_hacking_sistem

Gambar 2. Movement Seiko cal.4R35A salah satu movement dengan fitur hack diharga yang cukup terjangkau.

Awal mula dibenamkan fitur hack pada jam tangan mekanik ialah pada jam tangan military. Para tentara terdahulu menggunakan dua buah jam tangan mekanik ditangannya. Untuk mengkalibrasi kedua jam itu, fitur hack sangat diperlukan. Oleh karena itu para watchmaker pun membuat sebuah mekanisme untuk menghentikan jarum detik. Di era 90 an, Seiko membuat jam military bernama Seiko SUS. Jam tersebut menggunakan movement 4S15 yang dibekali fitur hack.

sus

Gambar 3. Seiko SUS military vintage, salah satu jam tangan military yang mempunyai fitur hack.

Tentu saja jam tangan yang mempunyai fitur hack lebih direkomendasikan kepada para penggemar jam mekanik yang ingin dengan mudah menjaga keakuratan dalam mengkalibrasi waktu. Fitur hack membuat jarum detik lebih akurat, karena kita bisa menyesuaikannya dengan jam di gadget maupun jam atomic. Apalagi brand seperti Seiko sudah membuat jam tangan dengan fitur hack di harga yang cukup terjangkau.