Esensi Mengenakan Jam Tangan

Esensi Mengenakan Jam Tangan

Dari semua aksesoris yang dikenakan orang-orang, bisa dikatakan jam tangan merupakan salah satu yang mempunyai keunikan, fungsi, dan makna yang lebih mendalam dibandingkan aksesoris lainnya.

Kita semua tentu mengerti apakah tujuan utama jam tangan, yaitu menunjukkan waktu. Namun kita semua pun juga tahu saat ini ada satu benda yang sering kita gunakan dan mempunyai kemampuan menunjukkan waktu, yaitu ponsel. Bahkan ponsel memiliki fitur untuk menyesuaikan waktunya sehingga akurat bila kita menggunakan opsi automatic date and time. Dengan hal seperti itu kita mungkin berpikir mengapa jam tangan masih tetap esensial, bahkan bagi orang-orang awam yang tidak termasuk dalam golongan aficionado.

Pertama, jam tangan lebih praktis. Bandingkan cara mengecek waktu antara dengan jam tangan serta dengan ponsel. Kita harus merogoh ponsel di saku atau tas, berbeda dengan jam tangan yang cukup dengan menoleh ke pergelangan tangan saja. Tidak hanya membutuhkan usaha lebih, dengan mengecek waktu dengan ponsel, ada kemungkinan lebih untuk kemudian terdistraksi danlebih jauh mengecek ponsel dengan segala notifikasinya. Selain itu, gestur mengambil dan menatap ponsel tentu tidak elok bila saat berhadapan dengan orang lain. Jam tangan termasuk juga smartwatch dapat menunjukkan waktu secara simpel tanpa kesulitan-kesulitan tersebut

Kedua, jam tangan berfungsi lebih maksimal untuk menunjukkan waktu. Dibandingkan dengan ponsel yang cepat habis baterainya, jam tangan tentu lebih tahan lama, baik mekanikal maupun quartz. Ditambah lagi untuk beberapa orang yang mengandalkan perhitungan waktu dalam aktivitasnya ada saat-saat di mana jam tangan sangat dibutuhkan, misalkan penyelam, tentara, pilot, pemadam kebakaran, tenaga medis, ilmuwan, dan lain sebagainya.

Ketiga, jam tangan menambah style. Sebagai perhiasan, jam tangan sangat fleksibel untuk dikenakan, hampir setiap saat sepanjang hari jam tangan dapat dikenakan. Untuk para pria dengan pilihan wardrobe yang lebih terbatas tentu jam tangan adalah aksesoris yang esensial.  Tidak hanya sebagai aksesoris, jam tangan adalah suatu personal statement, apalagi bila jam tangan tersebut merupakan jam tangan mewah. Begitu pula saat kita mau menyampaikan bahwa waktu kita terbatas, bahasa tubuh yang sering digunakan adalah menunjuk ke jam tangan. Gestur ini bahkan dilakukan saat tidak memakai jam tangan! Tentu ini menandakan betapa identiknya jam tangan dengan perhitungan waktu.

Yang terakhir, jam tangan menyadarkan kita bahwa waktu terus berjalan. Terdengar filosofis, namun begitulah adanya. Seiring bergulirnya jarum jam begitu pula waktu terus bergulir. Saat kita melihat jam tangan kita diingatkan betapa waktu yang kita miliki terbatas, berharga dan tak selayaknya disia-siakan.

Nah, kira-kira begitulah esensi yang kita dapatkan melalui jam tangan. Di tengah arus kemajuan teknologi dan segala tantangannya, jam tangan tetap tidak ditinggalkan dan selalu menjadi benda yang dibutuhkan manusia. Sudahkah anda mengenakan jam tangan anda hari ini?

DJO/www.jamtangan.com

Categories: Info & Tips
Tags: jam tangan, Watch