Didesain Peter Speake, Frederique Constant Rilis Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton

frederique constant
frederique constant

Di tahun 2024 ini, Frederique Constant kembali menghadirkan jam tangan perpetual calendar yaitu Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton. Jam tangan ini dirilis sebagai hasil kolaborasi antara Frederique Constant dengan watchmaker asal Inggris, Peter Speake (The Naked Watchmaker).

Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton By Peter Speake FC-775PS4S6 
Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton By Peter Speake FC-775PS4S6 

Jam tangan ini menggunakan dial skeleton yang menonjol dengan komponen berwarna kontras sehingga mudah dibaca. Untuk tahu lebih lanjut tentang Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton By Peter Speake, yuk simak selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Kolaborasi Frederique Constant Bersama Peter Speake

The Naked Watchmaker x Frederique Constant Perpetual Calendar Manufacture Limited Edition (2022)
The Naked Watchmaker x Frederique Constant Perpetual Calendar Manufacture Limited Edition (2022)

Frederique Constant adalah watchmaker brand asal Swiss sukses merilis jam tangan Slimline Perpetual Calendar (2016) dengan harga kompetitif. Jam tangan tersebut sudah dibekali perpetual calendar movement caliber FC-775. Selanjutnya di tahun 2022, Frederique Constant menghadirkan jam tangan kolaborasi bersama The Naked Watchmaker yaitu The Naked Watchmaker x Frederique Constant Perpetual Calendar Manufacture Limited Edition. The Naked Watchmaker ini didirikan oleh Peter Speake dan Daniela Marin. 

Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake ref FC-775PS4TS6 (kiri) dan FC-775PS4S6 (kanan)
Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake ref FC-775PS4TS6 (kiri) dan FC-775PS4S6 (kanan)

Keduanya merupakan orang dibalik brand Speake-Marine yang terkenal dengan movement “deconstruction”. Di tahun 2024 ini, Frederique Constant kembali bekerja sama dengan Peter Speake untuk memperluas kolaborasi dengan memperkenalkan dua jam tangan edisi terbatas tambahan dari model yang sama. Jam tangan ini masih mempertahankan tampilan unik, tetapi dengan warna berbeda. Versi pertama adalah Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake FC-775PS4TS6 yang diproduksi hanya 35 pieces dan versi kedua adalah FC-775PS4S6 yang diproduksi hanya 135 pieces

Case Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake

Case Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake ref FC-775PS4TS6
Case Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake ref FC-775PS4TS6

Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake dibuat dengan dua versi case berbeda. Untuk jam tangan dengan matte gray dial (FC-775PS4TS6) menggunakan stainless steel case yang dilapisi lapisan DLC berwarna gray anthracite. Sedangkan jam tangan dengan matte gray dial (FC-775PS4S6) menggunakan stainless steel case standar. Keduanya memiliki diameter 42 mm dan ketebalannya 11,3 mm. 

Jam tangan ini juga menggunakan kristal safir cembung untuk melindungi dial serta crown berbentuk bawang pada pukul 3 yang terlihat unik. Kedua jam tangan juga memiliki ketahanan air hingga 30 meter sehingga hanya aman saat terkena cipratan air. Koleksi ini tetap menggunakan fixed bezel yang tipis dengan high-polished finish yang smooth di sekitar dial (versi non DLC). Sedangkan pada caseback transparan, kamu bisa melihat komponen movement yang digunakan pada jam tangan ini.

Dial Skeleton pada Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake

Dial Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake FC-775PS4S6
Dial Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake FC-775PS4S6

Dial koleksi ini memperlihatkan bagian-bagian movement yang dihiasi sekrup warna biru dan roda gerigi berwarna keemasan. Jam tangan ini memiliki 4 subdial, yaitu subdial pada pukul 3 merupakan indikator tanggal dan subdial pada pukul 9 merupakan indikator hari. Kedua subdial ditampilkan dengan ukuran relatif besar untuk mempermudah pengguna membaca jam tangan. Sedangkan subdial pada pukul 12 merupakan indikator bulan dalam setahun. Ujung jarum pada subdial diberi aksen warna merah.

Sementara itu, indikator tahun kabisat merupakan lubang bulat kecil antara JA dan MR yang akan berubah menjadi merah tiap empat tahun sekali. Di atas pukul 6 merupakan roda moonphase terbuka, tanpa lapisan apapun sehingga tidak fungsional dalam melacak siklus bulan. Sementara pada hands, memiliki desain pedang skeleton tanpa lume pada bagian ujung, namun kerangka jarum diberi lapisan lacquer putih. 

Dibekali In-House Movement Caliber FC-775

Movement yang terlihat pada backcase dengan rotor dan sekrup biru
Movement yang terlihat pada backcase dengan rotor dan sekrup biru

Jam tangan ini menggunakan in-house movement caliber FC-775 yang dapat dilihat dari caseback. Movement ini berdetak sebanyak 28.800 bph dan memiliki power reserve 38 jam. Pada koleksi ini, pelat movement bagian atas pada dial berwarna abu-abu. Sehingga kontras dengan roda berwarna emas dan sekrup berwarna biru yang terlihat pada skeleton dial. Pada caseback terdapat ukiran serial number dari jam tangan edisi terbatas ini yaitu 35 untuk FC-775PS4TS6 dan 135 untuk FC-775PS4S6.

Untuk strap, Frederique Constant Slimline Perpetual Calendar Manufacture Designed by Peter Speake dilengkapi dengan black nylon strap dengan folding clasp. Jumlahnya yang terbatas mungkin akan menjadi sulit bagimu untuk bisa mengoleksinya. Tapi jangan khawatir karena kamu masih bisa menemukan jam tangan skeleton lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
citizen super titanium

7 Citizen Super Titanium Dijamin Ringan & Kuat

Next Article
Longines Rilis Conquest Heritage Central Power Reserve

Anniversary Conquest ke-70, Longines Rilis Conquest Heritage Central Power Reserve

Related Posts
Total
0
Share