Anniversary Conquest ke-70, Longines Rilis Conquest Heritage Central Power Reserve

Longines Rilis Conquest Heritage Central Power Reserve

Meskipun sebagian kalangan tidak menganggap indikator power reserve sebagai komplikasi mechanical movement yang penting, tetapi indikator ini sangatlah berguna. Fungsinya mirip seperti indikator bahan bakar pada kendaraan, tetapi diterapkan pada jam tangan. Dalam sejarah dunia horology, model Longines Conquest 9028 (1959) menjadi salah satu jam tangan dengan komplikasi tersebut namun dengan interpretasi mekanisme dan desain yang unik.

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve
Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Untuk merayakan anniversary seri Conquest ke-70 yang diluncurkan tahun 1954, Longines menghadirkan versi reissue Conquest 9028 (1959) yaitu Longines Conquest Heritage Central Power Reserve. Koleksi ini terdiri dari tiga model jam tangan yaitu menggunakan dial warna abu-abu, hitam, dan champagne. Untuk tahu lebih lanjut tentang Longines Conquest Heritage Central Power Reserve, yuk simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Sekilas Tentang Indikator Power Reserve

Longines Conquest 9028 (1959)
Longines Conquest 9028 (1959)

Indikator power reserve ditemukan oleh Abraham-Louis Breguet tahun 1800-an dan digunakan dalam beberapa jam saku. Di dunia navigasi, indikator power reserve sering menjadi fitur utama marine chronometer (jam untuk navigasi kapal laut). Hal ini karena untuk menentukan garis bujur, marine chronometer harus selalu beroperasi dan indikator power reserve menjadi sangat penting untuk menghindari potensi kesalahan dalam menghitung arah kapal. 

Pada tahun 1933, indikator power reserve pertama kali diterapkan pada jam tangan prototipe yang dibuat oleh Breguet. Kemudian di tahun 1959, Longines memperkenalkan Conquest 9028 yang ditenagai Longines caliber 292 dengan indikator power reserve besar di tengah dial menggunakan dua cakram yang berputar. 

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2
Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2

Bagi penggemar Longines yang ingin bernostalgia dengan jam tangan vintage bersejarah itu, kini Longines resmi merilis Longines Conquest Heritage Central Power Reserve. Tiga versi reissue Longines 9028 ini menggunakan warna dial berbeda.

Tiga Model Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Sebelum membahas lebih lanjut tentang spesifikasi dan detailnya lainnya, berikut tampilan dari tiga model jam tangan Longines Conquest Heritage Central Power Reserve.

1. Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.52.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.52.2
Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.52.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.52.2 dengan dial hitam, menggunakan hands warna silver, dan dilengkapi alligator leather strap hitam dengan steel pin buckle.

2. Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.62.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.62.2
Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.62.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.62.2 menggunakan gray dial, hands warna rose-gold, dan dilengkapi alligator leather gray strap dengan steel pin buckle.

3. Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2
Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve L1.648.4.78.2 dengan champagne dial, menggunakan hands warna kuning keemasan, dan dilengkapi alligator leather strap hitam dengan steel pin buckle

Case Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Case Longines Conquest Heritage Central Power Reserve
Case Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve menggunakan stainless steel case dengan satin finish pada sisi samping dan polish finish pada permukaan bagian atas dan bezel-nya. Case-nya berdiameter 38 mm dan ketebalannya 12,3 mm. Dimensi ini lebih besar dibanding versi 1959 yang menggunakan case berdiameter 35 mm. Jam tangan ini menggunakan kristal safir anti gores dengan lapisan anti reflektif di kedua sisi. Conquest Heritage Central Power Reserve juga menggunakan crown dengan logo jam tangan pasir bersayap serta menggunakan caseback transparan. Untuk water resistant, koleksi ini memiliki ketahanan air hingga 50 meter.

Dial Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Dial Longines Conquest Heritage Central Power Reserve
Dial Longines Conquest Heritage Central Power Reserve

Sesuai dengan versi original (1959), dial Longines Conquest Heritage Central Power Reserve juga memiliki dua lingkaran yang menjorok ke tengah. Pada dial juga terdapat jalur melingkar yang membatasi minutes marker dan dilintasi indeks marker. Date window ditampilkan pada pukul 12. Jarum jam dan menit yang diisi lume dibuat dengan desain menyerupai gedung pencakar langit. Tulisan pada dial dibuat sama seperti versi original (1959), meskipun logo jam pasir bersayap sudah tidak ditampilkan lagi. Pada bagian tengah dial terdapat cakram indikator power reserve dengan desain unik khas Longines. Cakram tersebut akan bergerak menunjuk skala angka power reserve yaitu 0 – 72 namun dengan kombinasi Arabic marker dan dot marker selang-seling. Indikator 0 dimulai dari angka Arab sedangkan angka 72 memakai dot marker

Movement Caliber L896.5 Memiliki Power Reserve 3 Hari

Movement caliber L896.5 memiliki power reserve 3 hari
Movement caliber L896.5 memiliki power reserve 3 hari

Longines Conquest Heritage Central Power Reserve dibekali automatic movement caliber L896.5 yang dibuat oleh ETA untuk Longines. Movement ini berdetak sebanyak 25.200 bph dan memiliki power reserve 72 jam (3 hari). Movement yang dapat dilihat dari caseback ini dilengkapi silicon balance spring agar memiliki ketahanan magnet dengan baik, yaitu 10 kali lebih besar dari standar ISO 764 (standar minimal ketahanan magnet jam tangan).

Tertarik untuk mengoleksi Longines Conquest Heritage Central Power Reserve yang dihadirkan dengan warna dial berbeda? Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Kamu juga bisa mendapatkan jam tangan Longines lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
frederique constant

Didesain Peter Speake, Frederique Constant Rilis Slimline Perpetual Calendar Manufacture Skeleton

Next Article
rekomendasi sevenfriday

Rekomendasi Jam Tangan Sevenfriday untuk Tampil Kece di 2024

Related Posts
Total
0
Share