Credor Rayakan Anniversary ke-50 dengan Merilis Eichi II GBLT996

Credor Rayakan Anniversary ke-50

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Grand Seiko sebagai salah satu koleksi papan atas atau luxury dari Seiko Group. Namun, grup merek jam raksasa asal Jepang ini masih memiliki luxury watchmaker brand lain yang tidak mudah didapat karena hanya dipasarkan di Jepang, yaitu Credor. Walaupun demikian, Credor yang dikenal dengan pendekatan classic dress watch-nya terkadang memiliki kualitas setara atau bahkan melebihi Grand Seiko dalam hal kompleksitas dan attention to detail.

Di tahun 2024 ini, Credor yang diperkenalkan pertama kali tahun 1974 pun merayakan anniversary ke-50. Dan untuk menyemarakan hari jadinya, Credor pun merilis model jam tangan baru yaitu Credor Eichi II 50th Anniversary Limited Edition GBLT996. Simak terus artikel di bawah ini untuk tahu lebih jauh tentang koleksi terbaru Credor Eichi tersebut.

Sekilas Tentang Koleksi Credor Eichi

Credor Eichi (2008)
Credor Eichi (2008)

Credor Eichi pertama kali dirilis tahun 2008 dan dihadirkan dalam versi time-only. Sambutan yang hangat dari watch enthusiast membuat Eichi II edisi spesial diluncurkan tahun 2014 saat merayakan anniversary Credor ke-40. Koleksi Eichi II (2014) yang didukung oleh Spring-Drive movement tersebut dihadirkan dalam dial putih dan memiliki desain impresif sehingga cukup dikenal oleh kolektor jam tangan. 

Credor Eichi II ref. GBLT997 (2020)
Credor Eichi II ref. GBLT997 (2020)

Credor Eichi II juga termasuk dress watch klasik time-only yang dirancang untuk mencerminkan tradisi, handcraft, dan keanggunan khas dari Jepang. Di tahun 2020, Credor juga merilis Eichi II ref. GBLT997 dengan platinum dan deep blue porcelainRuridial. Dan di tahun 2024 ini, Credor kembali memperkenalkan Eichi II GBLT996 sebagai jam tangan edisi terbatas untuk merayakan anniversary Credor yang ke-50.

Credor Eichi II ref. GBLT996 (2024)
Credor Eichi II ref. GBLT996 (2024)

Case Credor Eichi II ref. GBLT996

Case Credor Eichi II GBLT996
Case Credor Eichi II GBLT996

Pada dasarnya, Credor Eichi II ref. GBLT996 menggunakan base case yang sama dengan edisi rilisan 2020, tetapi bedanya, pada model terbaru kali ini,  Credor menambah sentuhan dan material emas yang membuatnya tampak lebih bold dan hidup. Credor Eichi II ref. GBLT996 dirancang dengan 18K yellow gold case dengan polished finish berdiameter 39 mm, tebalnya 10,3 mm, dan lug-to-lug 45 mm. 

Jam tangan ini menggunakan kristal safir cembung dengan lapisan anti reflektif dan caseback transparan. Koleksi ini memiliki ketahanan air hingga 30 meter. Eichi II ref. GBLT996 juga dilengkapi crocodile strap warna hitam dengan 3-fold clasp 18K yellow gold dan push button release.

Dial Credor Eichi II GBLT996

Dial Credor Eichi II GBLT996
Dial Credor Eichi II GBLT996

Dial Credor Eichi II GBLT996 memakai porselen yang dibuat dengan teknik tradisional khusus sehingga menghasilkan warna deep blue, mengacu pada apa yang disebut sebagai “ruri” atau lapis lazuli. Dial jam tangan, sama seperti bagian jam lainnya dibuat, dirakit, dan di-finish dengan tangan oleh tim elit watchmaker di Micro Artist Studio di Shiojiri. Warna dial biru yang deep, rich, dan seperti gradasi diperoleh berkat penerapan glasir porselen yang dilakukan dengan cermat. 

Pada proses pembuatannya, hour marker, logo “CREDOR” di bawah pukul 12, dan font  “CREDOR” awalnya dilukis dengan tangan oleh craftsman di Micro Artist Studio. Setelah desain dial yang sudah dilukis siap, material gold diterapkan pada elemen yang dilukis tangan tersebut untuk menciptakan efek multi-dimensi yang hangat. Teknik ini mengacu pada “Ruri-Kinsai”, yaitu bentuk kerajinan tradisional yang terkenal dan langka untuk mendapatkan perhatian secara luas selama periode Edo, di mana emas dilapisi bahan berwarna ruri.

Movement Credor Eichi II GBLT996

Movement Credor Eichi II GBLT996
Movement Credor Eichi II GBLT996

Credor Eichi II GBLT996 dibekali in-house hand winding Spring-Drive movement caliber 7R14 yang dapat dilihat dari caseback. Movement ini memiliki power reserve 60 jam dan akurasinya mencapai ±15 per bulan atau sekitar +-0.5 detik per hari. Caliber 7R14 sendiri merupakan hand-wound movement, kombinasi kerumitan craftsmanship mechanical movement dengan sistem regulasi memakai quartz menghasilkan movement yang akurat dan presisi.

Pada caseback, pengguna dapat melihat indikator power reserve untuk mengingatkan cadangan daya. Meskipun tampak tersembunyi, tetapi finishing indahnya juga dibuat dengan tangan oleh Micro Artist Studio. Misalnya lubang untuk batu jewels rubi dan sekrup semuanya menggunakan mirror finish, sekrupnya terbuat dari blue steel yang dipoles sehingga terlihat kontras dengan dekorasi bridge. Barrel-nya memiliki bentuk bell-flower yang menjadi simbol dari kota Shiojiri, sedangkan semua bagian permukaan tepi yang miring juga dibuat dengan tangan. 

Seiko Credor Eichi II GBLT996 adalah jam tangan edisi terbatas yang diproduksi hanya 30 pieces dan dibanderol dengan harga JPY 6.600.000 atau sekitar Rp687 jutaan. Koleksi ini baru akan dirilis pada Juni 2024 di Jepang. 

Karena hanya dipasarkan di Jepang, mungkin sulit untuk bisa mendapatkannya. Namun, kamu masih bisa mengoleksi jam tangan Seiko lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko Presage Style60’s

Seiko Rilis Dua Model Presage Style60’s ‘Elegant Yet Rugged’ SRPL07J1 dan SRPL09J1

Next Article
Franck Muller & S.T. Dupont

Berkolaborasi dengan S.T Dupont Franck Muller Rilis Jam Korek Api 

Related Posts
Total
0
Share