Citizen Tsuki-yomi A-T, Moon Phase Pertama dengan Kalibrasi Jam Atom

Citizen Tsuki-yomi A-T

Untuk merayakan anniversary ke-30 jam tangan atom pertamanya, Citizen memperkenalkan jam tangan dengan solar movement moon phase yang dapat dikalibrasi dengan jam atom melalui sinyal radio yaitu Tsuki-yomi A-T. Dalam bahasa Jepang, Tsuki-yomi berarti “membaca bulan” dan koleksi ini terdiri dari tiga model jam tangan. Ketiga jam tangan tersebut adalah BY1010-57L dengan dial biru, BY1010-57H dengan silver dial, dan BY1018-55X dengan dial merah

Citizen Tsuki-yomi A-T
Citizen Tsuki-yomi A-T

Citizen Tsuki-yomi A-T juga memiliki tiga sub-dial dengan beragam fungsi.  Masih penasaran dengan spesifikasi lainnya? Yuk, simak bocoran selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Citizen Rayakan Anniversary ke-30 Peluncuran Jam Tangan Atom Multi-Band Pertama

Jam tangan atom Citizen pertama menggunakan caliber 7400
Jam tangan atom Citizen pertama menggunakan caliber 7400

Pada tahun 1993, Citizen merilis jam tangan atom multi-band pertama menggunakan caliber 7400 yang dijual di Jepang, Jerman, dan Inggris. Perusahaan asal Jepang ini pun menggabungkan teknologi multi-band dengan teknologi khas mereka yaitu Eco-Drive, fitur yang menawarkan pengisian daya menggunakan cahaya apa pun. Sehingga pengguna dibebaskan untuk tidak mengganti baterai secara berkala. Sebagai penghormatan untuk pencapaian tersebut, Citizen meluncurkan Tsuki-yomi A-T.

Cara Kerja Jam Atom Moon Phase

Cara kerja jam atom moon phase
Cara kerja jam atom moon phase

Berdasarkan rumus matematika yang dikembangkan oleh Citizen yaitu “Luna Program”, jam tangan Tsuki-yomi A-T dapat menghitung fase bulan tiap hari dari sinyal yang diterima dari pemancar radio multi-band. Selanjutnya, indikator moon phase pada pukul 6 menyesuaikan diri secara otomatis. Movement baru ini juga memiliki mode untuk merubah fase bulan berdasarkan perspektif di belahan bumi selatan atau utara. 

Movement pada Citizen Tsuki-yomi A-T

Citizen Tsuki-yomi A-T menggunakan movement caliber H874
Citizen Tsuki-yomi A-T menggunakan movement caliber H874

Movement Eco-Drive yang dibenamkan pada Citizen Tsuki-yomi A-T ditenagai oleh sumber cahaya dan dapat bertahan hingga 2,5 tahun dalam mode low-power tanpa paparan cahaya sama sekali. Caliber H874 memiliki akurasi +/- 15 detik per bulan. Movement ini juga dilengkapi penerima gelombang radio multi-band yang dapat menerima sinyal jam atom untuk memastikan keakuratan dan pengaturan konstan pada jam tangan tersebut. 

Jam atom merupakan acuan waktu paling akurat dan konsisten di dunia karena memakai ayunan atom sebagai sumber perhitungan waktunya. Karena keakuratannya, jam atom digunakan untuk jaringan satelit dan GPS. Dan sekarang, jam atom tersebut dimanfaatkan oleh Citizen untuk kalibrasi display moon phase analog pada koleksi Tsuki-yomi A-T.

Case Super Titanium pada Citizen Tsuki-yomi A-T

Case Citizen Tsuki-yomi A-T
Case Citizen Tsuki-yomi A-T

Jam tangan Citizen Tsuki-yomi A-T menggunakan Super Titanium case yang dilapisi Duratect agar permukaannya lebih anti-gores, teksturnya 5x lebih keras dan bobotnya 40% lebih ringan dari stainless steel. Case-nya berdiameter 43 mm, ketebalannya 10,9 mm, menggunakan sapphire glass, dan water resistance-nya 100 meter. Tsuki-yomi A-T juga menggunakan super titanium bracelet, sedangkan bezel-nya diberi lapisan black DLC. 

Dial Citizen Tsuki-yomi A-T

Dial Citizen Tsuki-yomi A-T
Dial Citizen Tsuki-yomi A-T

Sesuai dengan namanya, dial jam tangan Citizen Tsuki-yomi A-T menampilkan pola permukaan bulan yang rumit dan mencolok, tetapi bisa tetap dipakai untuk daily watch. Sub-dial moon phase-nya dirancang dengan desain baru yang memperlihatkan penggambaran fase bulan secara nyata. Sub-dial pada pukul 12 adalah indikator hari, indikator belahan bumi selatan dan utara dan indikator power reserve. Sub-dial pada pukul 6 adalah indikator moon phase, dan sub-dial pada pukul 9 merupakan indikator PM dan AM. Sedangkan date window ditampilkan pada pukul 4.

BY1010-57L menggunakan dial dengan tampilan bulan berwarna biru, dial BY1010-57H memiliki tampilan bulan berwarna abu-abu, sedangkan BY1018-55X menggambarkan bulan berwarna merah. Jarum dan indeks jam tangan juga diisi lume sehingga dapat bercahaya pada kondisi gelap. 

Tiga Model Jam Tangan Citizen Tsuki-yomi A-T

Berikut ini adalah tampilan dari ketiga model jam tangan Citizen Tsuki-yomi A-T yang dirancang dengan tampilan dial yang colorful.

1. Dial Biru

BY1010-57L dengan dial biru.
BY1010-57L dengan dial biru.

2. Dial Silver

BY1010-57H dengan silver dial.
BY1010-57H dengan silver dial.

3. Dial Merah

BY1018-55X dengan dial merah. 
BY1018-55X dengan dial merah. 

Citizen secara konsisten melakukan inovasi untuk menciptakan jam tangan yang lebih akurat. Brand asal Jepang ini pun membuktikannya dengan merilis Tsuki-yomi A-T yang terdiri dari tiga model jam tangan. So, kalau kamu sedang mencari jam tangan yang akurat untuk menemani segala aktivitas sehari-hari, maka Citizen Tsuki-yomi A-T wajib dikoleksi. Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
LONGINES SPIRIT FLYBACK KINI DENGAN TITANIUM

Lebih Ringan! Longines Rilis Spirit Flyback Versi Titanium

Next Article
citizen automatic

7 Jam Tangan Citizen Automatic, Mau Pinang yang Mana?

Related Posts
Total
0
Share