Citizen Nighthawk: Jam Tangan Solar Pilot Dengan Fitur Komplit

Citizen Nighthawk

Citizen Nighthawk merupakan jam tangan solar pilot favorit yang dirancang untuk dunia aviasi. Bagaimana tidak, fiturnya hadir begitu komplit dan unggul dengan movement Eco-Drive. Versi yang akan di review oleh Minwatch merupakan Nighthawk generasi kedua. Perlu diketahui, Nighthawk generasi pertama sudah berhenti produksi dan saat masih dijual, cukup populer di kalangan watch enthusiast. Dalam artikel ini, Minwatch akan me-review jam tangan Citizen Nighthawk selengkapnya untuk kamu!

Dial, Case dan Bezel

Dial Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E
Dial Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E. Sumber: Ablogtowatch.com.

Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E hadir sebagai pilot watch modern yang terinspirasi dari dunia aviasi. Jam tangan ini mengutamakan tingkat keterbacaan yang baik dan fungsionalitas. Tersedia dua buah model yaitu dial & case warna hitam dengan leather strap hitam (Citizen Promaster BJ7135-02E) dan dial warna hitam dengan leather strap hijau military (Citizen Promaster BJ7138-04E).

Model indeks jam tangan ini hadir dengan Arabic style yang cukup besar, sehingga menjamin tingkat keterbacaan yang baik. Pada posisi 12, terdapat simbol segitiga khas pilot watch. Dial-nya hadir dengan menggunakan desain Flieger type-B, yang merupakan jam tangan pilot pesawat tempur Jerman ketika perang dunia kedua.

Jam tangan solar pilot yang satu ini hadir dengan stainless steel case berdiameter 42 mm. Memiliki ketebalan 13 mm dan lug-to-lug 47 mm. Kacanya hadir dengan mineral crystal, dengan solid screw-down stainless steel case back.

Bezel-nya hadir dengan finishing PVD warna hitam dengan circular slide rule, yang terletak pada inner bezel. Skala slide rule sangat berguna untuk para pilot dalam kalkulasi atau perhitungan saat merencanakan penerbangan.

Lume

Lume Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E
Lume Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E. Sumber: Ablogtowatch.com.

Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E sudah dilengkapi dengan lume yang terdapat pada hands dan indeks. Lume akan mengeluarkan cahaya warna biru aqua, saat berada di dalam keadaan redup atau gelap. 

Crown

Crown Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E
Crown Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E. Sumber: Ablogtowatch.com.

Jam tangan Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E, hadir dengan 2 buah crown. Terdapat crown yang berada di posisi pukul 2 yang berguna untuk memutar inner bezel slide rule. Kamu dapat menggunakan skala slide rule untuk menghitung kecepatan udara, dan konsumsi bahan bakar. Crown lainnya berada di posisi pukul 3, yang diukir dengan logo panah ganda khas koleksi Promaster.

Movement

Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E
Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E. Sumber: Ablogtowatch.com.

Dibekali dengan Eco-Drive movement, Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E hadir dengan caliber B877. Eco-Drive movement ini memampukan jam tangan untuk mengisi daya sendiri dengan cahaya alami atau buatan. Jam tangan akan tetap beroperasi hingga enam bulan setelah daya terisi penuh jika beroperasi dalam keadaan gelap total (tidak di isi daya melalui cahaya apapun). Dengan Eco-Drive movement, kamu tidak perlu melakukan pergantian baterai.

Fitur Traveller GMT

Pada dial diantara pukul 6 hingga 12 terdapat indikator skala 24 jam berbentuk setengah lingkaran dengan jarum kecil yang mempunyai ujung berbentuk pesawat. Indikator ini berfungsi untuk mengetahui zona waktu kedua. Pada jam tangan ini terdapat mode pengaturan melalui crown untuk menggerakan jarum jam utama per 1 jam tanpa mempengaruhi jarum jam lain. Mekanisme GMT ini disebut “Traveller GMT”.  Fitur ini mempermudah kamu menyesuaikan jam dengan waktu negara yang kamu kunjungi dan cocok untuk para traveller atau para pilot yang suka berpindah lokasi dengan zona waktu berbeda.

Citizen Nighthawk di Pergelangan Tangan

Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E saat digunakan
Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E saat digunakan. Sumber: Ablogtowatch.com.

Bisa dikatakan desain jam tangan ini begitu kekar dan akan tampak chunky saat digunakan di pergelangan tangan. Walaupun demikian, bahan leather strap-nya cukup lembut dan nyaman saat digunakan. Promaster Nighthawk BJ7138-04E memang tidak dirancang untuk jam tangan air, namun leather strap-nya sudah memiliki ketahanan terhadap air. Hal itu di dukung juga dengan fitur water resistant 200 meter yang dimiliki jam tangan ini.

Dapatkan Citizen Nighthawk di Jamtangan.com

1. Citizen Promaster BJ7138-04E

Citizen Promaster BJ7138-04E
Citizen Promaster BJ7138-04E. Sumber: Jamtangan.com

2. Citizen Promaster BJ7135-02E

Citizen Promaster BJ7135-02E
Citizen Promaster BJ7135-02E

Untuk kamu yang sudah tidak sabar mengoleksi jam tangan solar pilot yang satu ini, buruan checkout dan dapatkan Citizen Promaster Nighthawk BJ7138-04E milikmu sekarang juga. Beli jam tangan di Jamtangan.com #pastiOri dengan harga bersaing.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
CASIO RILIS G-SHOCK NINJA SERIES BERELEMEN NINJUTSU

G-Shock Ninja Series, Hadirkan Elemen Ninja Jepang yang Kental

Next Article
seiko ALPINIST spb117j1

Review Seiko Alpinist SPB 117J1, Andalan untuk Kegiatan Outdoor

Related Posts
Total
0
Share