Blancpain Rilis Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 untuk Rayakan Jam Tangan Diver Pertama

Blancpain Merilis Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3
Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3
Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3

Tahun ini, ditandai sebagai perayaan anniversary jam tangan diver pertama Blancpain sekaligus jam tangan diver modern pertama di dunia. Setelah merilis Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 1 dan Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 2 Tech Gombessa pada beberapa bulan lalu, Blancpain kembali memperluas koleksi anniversary-nya dengan meluncurkan Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3.

Jam tangan edisi spesial ini menginterpretasikan kembali model Fifty Fathoms MIL-SPEC yang diperuntukan untuk angkatan laut Amerika Serikat (AS) pada tahun 1950-an. Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

Blancpain Fifty Fathoms, Diver’s Watch Pertama di Dunia yang Debut pada 1953

Blancpain Fifty Fathoms pertama di tahun 1953
Blancpain Fifty Fathoms pertama di tahun 1953

Mulanya, CEO Blancpain saat itu, yakni Jean-Jacques Fiechter, adalah seorang penyelam. Ia bertanya-tanya, mengapa tidak ada jam tangan khusus penyelam yang dapat diandalkan pada kedalaman 50 meter. Kemudian didukung oleh agen rahasia asal Prancis jebolan Perang Dunia II bernama Captain Bob Maloubier dan Claude Riffaud yang juga request jam tangan penyelaman dengan spesifikasi khusus. 

Setelah itu, Fiechter dan Bob Maloubier berusaha mengembangkan sebuah diver’s watch yang sesuai, yaitu tahan air, double-sealed crown, dan bezel yang dapat diputar untuk mengatur waktu penyelaman. Setelah berbagai percobaan, akhirnya lahirlah Blancpain Fifty Fathoms pada tahun 1953 yang juga ditandai sebagai diver’s watch atau jam tangan penyelam pertama di dunia. Adapun nama Fifty Fathoms (50 Fathoms) merujuk pada ketahanan airnya, 50 Fathoms berarti tahan air sekitar 91,44 meter.

Setelah menjalani berbagai proses kualifikasi seperti pengujian dan sertifikasi di laboratorium, Fifty Fathoms “Milspec 1” juga digunakan oleh US Navy Seals (Angkatan Laut Amerika Serikat).

Setelah 70 tahun berlalu, kini Blancpain memperkenalkan Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 dalam edisi terbatas yang masih mengadopsi beberapa tampilan ikonis dari pendahulunya yang dikemas lebih modern dan lebih fungsional. 

Telisik Lebih Dekat Desain Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3

Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3
Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3

Jam tangan ini hadir dengan ukuran case berdiameter 41,3 mm dan ketebalan 13,3 mm yang terintegrasi dengan NATO strap berwarna hitam dan bronze gold. Bagian case-nya berwarna bronze-gold yang terbuat dari perpaduan 37,5% emas 9K dan 50% tembaga. Selain itu, material ini dipadukan juga dengan material perak, palladium, dan galium yang memberikan estetika rona merah mudah yang cantik. Perpaduan ini juga aman kontak langsung dengan kulit sekaligus nyaman, tahan oksidasi, serta lebih tahan korosi daripada material bronze standar pada umumnya.

Sementara itu, dial-nya dirancang berwarna hitam dengan hands dan marker berwarna gold yang kontras. Lalu dilengkapi dengan indikator kelembaban berwarna abu-abu putih pada posisi pukul 6, ini menjadi bagian penting dari spesifikasi yang ditetapkan oleh Angkatan Laut AS. Adapun sisipan ceramic bezel berwarna hitam dan crown berwarna bronze pada posisi pukul 3. 

Sebagai diver’s watch, jam tangan ini sudah tahan air hingga 300 meter. Untuk menambah visibilitas di dalam air, pada bagian hands, marker, dan indeksnya juga sudah dilapisi dengan SuperLumiNova.

Movement Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3

Bagian caseback Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3
Bagian caseback Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3

Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 ditenagai oleh Caliber 1154.P2 yang diproduksi sendiri oleh Blancpain. Movement ini mampu berdetak sebanyak 21.600 vph, memiliki 28 jewels, dan cadangan daya hingga 100 jam. Kamu dapat melihat movement ini pada bagian caseback transparannya yang telah dilindungi oleh kristal safir. Sebagai jam tangan limited edition, terdapat pula ukiran “70th Anniversary” dengan nomor seri limited edition.  

Hadir dengan Kemasan Ekslusif

Box Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 edisi spesial
Box Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 edisi spesial

Menariknya, Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 dikemas dalam box edisi spesial yang terinspirasi dari case kamera bawah air klasik. Alasannya, sejarah fotografi di bawah air berkembang bersamaan dengan jam tangan penyelam. Jam tangan ini diproduksi terbatas  sebanyak 555 unit di dunia. 

Nah, itulah informasi seputar Blancpain Fifty Fathoms 70th Anniversary Act 3 yang mewah dan tangguh. Perpaduan desain berwarna hitam dan bronze-gold membuat diver’s watch ini tetap stylish untuk digunakan sehari-hari. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Kamu juga bisa cek koleksi jam tangan diver lainnya di sini

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Timex Chronograph

7 Timex Chronograph Fungsional dan Mulai Dari Sejutaan

Next Article
jam tangan automatic

Punya Jam Tangan Automatic Harganya Under Rp3 Juta!

Related Posts
Total
0
Share