Apple Watch Series 9 & Apple Watch Ultra 2 Dirilis, Penasaran Spesifikasinya?

Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 Series
Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 Series

Apple baru saja meluncurkan Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2. Perilisan kedua seri smartwatch Apple tersebut dibarengi dengan komitmen Apple untuk menghadirkan produk netral karbon sehingga lebih ramah lingkungan. Hal ini membuat kedua seri smartwatch tersebut dianggap sebagai smartwatch pertama netral karbon yang pernah dibuat oleh Apple. 

Apple Watch Series 9
Apple Watch Series 9

Meskipun tampilan bagian eksteriornya mirip dengan pendahulunya, tetapi ada beberapa software baru. Selain itu, Apple juga melakukan upgrade internal yang membuat kedua seri smartwatch terbaru menjadi lebih fungsional dan canggih. Penasaran seperti apa spesifikasi dan tampilan dari Apple Watch Series 9 dan Apple Watch Ultra 2 tersebut, yuk simak artikel selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Apple Watch Ultra 2
Apple Watch Ultra 2

Apple Watch Series 9

Case Apple Watch Series 9

Case Apple Watch Series 9
Case Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 atau disebut dengan Apple Watch S9 merupakan update dari Series 8 sehingga terlihat identik dan dihadirkan dengan dimensi sama, tetapi dengan pembaruan berbagai fitur. Apple Watch Series 9 ini dibuat dengan case aluminium berukuran 41 mm dan 45 mm untuk model starlight, midnight, silver, (PRODUCT) RED, dan pink, serta stainless steel case untuk versi warna gold, silver, dan graphite.

Tampilan Apple Watch Series 9
Tampilan Apple Watch Series 9

Fitur-Fitur Penting pada Apple Watch Series 9

Chip S9 SiP pada Apple Watch Series 9
Chip S9 SiP pada Apple Watch Series 9

Apple Watch Series 9 dibekali Chip S9 SiP baru yang memungkinkan pengguna dapat melakukan “Double Tap”. Caranya, pengguna hanya perlu melakukan tapping dengan ibu jari dan jari telunjuk 2x untuk mengakses dan memodulasi berbagai fitur, seperti panggilan telepon, snooze alarm, start timer, melakukan “Pause”, mendengarkan musik, menjawab atau menutup telepon, men-trigger iPhone untuk mengambil foto, dan lainnya. Fitur tersebut akan hadir melalui update software pada bulan Oktober 2023. 

Apple Watch S9 memiliki battery life 18 jam dan dengan  tampilan dial terbaru yaitu display Snoopy, Palette, Solar Analog, dan Nike Globe baru. Apple Series 9 juga mendapatkan peningkatan screen brightness dari 2000 nit pada Series 8 menjadi 3000 nit. Dengan kenaikan brightness tersebut, visibilitas display smartwatch ini makin mudah dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Fitur pada Apple Watch S9
Fitur pada Apple Watch S9

Apple Watch S9 juga dibekali fitur lain seperti koneksi Bluetooth dengan power meter, speed sensor, cadence sensor, Workout Views dan Cycling workout. Kemampuan Compass Waypoint dan Map baru juga hadir untuk membantu navigasi aktivitas outdoor. Selain itu juga terdapat fitur yang terkait dengan kesehatan, well-being, dan aplikasi Mindfulness. 

Apple Watch Series 9 Menjadi Produk Netral Karbon

Apple Watch Series 9 menjadi produk netral karbon
Apple Watch Series 9 menjadi produk netral karbon

Apple berusaha untuk menciptakan produk yang sustainable dan netral karbon untuk menurunkan jejak karbon dari seluruh produk Apple. Dan yang cukup membanggakan adalah Apple memulainya dengan merilis Apple Watch Series 9 yang menjadi salah satu produk netral karbon pertama. Apple berharap dapat terus melakukannya di seluruh lini bisnis, mulai dari rantai pasokan manufaktur hingga product life-cycle pada tahun 2030 yang kemudian disebut sebagai “Apple 2030”. 

Pilihan strap ramah lingkungan pada produk Apple Watch Series 9
Pilihan strap ramah lingkungan pada produk Apple Watch Series 9

Untuk menciptakan produk yang netral karbon, ada beberapa langkah konkrit yang dilakukan oleh Apple. Misalnya versi case aluminium Apple Watch S9 dilengkapi sport loop band yang telah didesain ulang dengan menyertakan 82% benang daur ulang agar lebih ramah lingkungan. Selain itu, Apple juga membuat kemasan lebih kecil dan 100% berbasis serat dan tidak lagi memakai leather strap.

Apple Watch Ultra

Tampilan Apple Watch Ultra 2
Tampilan Apple Watch Ultra 2

Apple Watch Ultra juga mendapatkan update melalui Apple Watch Ultra 2 yang baru saja dirilis. Mulai dari upgrade screen brightness yang sebelumnya 2000 nit menjadi 3000 nit yang membuatnya 50% lebih baik dari Apple Watch Ultra 1. Apple Watch Ultra terbaru ini juga masih seperti smartwatch adventure yang kamu kenal, tetapi dengan strap dan dial baru. Smartwatch ini menggunakan brushed titanium case berukuran 49 mm yang kokoh dan masih dapat dipakai untuk melakukan water sports seperti kitesurfing dan scuba diving dengan kedalaman hingga 40 meter.

Fitur yang Disertakan pada Apple Watch Ultra 2

Fitur yang fungsional pada Apple Watch Ultra 2
Fitur yang fungsional pada Apple Watch Ultra 2

Sama seperti Apple Watch Series 9, Apple Watch Ultra 2 juga dibekali dengan S9 SiP, fitur Double Tap, dan sudah support Bluetooth. Smartwatch baru ini juga mendapatkan display baru yang menawarkan tampilan dial menarik yaitu Modula Ultra. Modular Ultra ini dirancang khusus untuk Apple Watch Ultra dengan memanfaatkan display dial besar dan menggunakan bagian tepi dial untuk menyajikan data real-time, termasuk detik, ketinggian, atau kedalaman. 

Apple Watch Ultra 2 Menjadi Produk Netral Karbon

Apple Watch Ultra 2 menjadi produk netral karbon
Apple Watch Ultra 2 menjadi produk netral karbon

Meskipun update hardware tidak revolusioner, Apple menekankan bahwa semua versi Apple Watch sekarang sepenuhnya netral karbon karena dipasangkan dengan sport loop band yang di-update. Apple melakukan ini dengan menggunakan berbagai material daur ulang dalam proses produksi, menggunakan energi ramah lingkungan, dan melakukan shipping smartwatch melalui kapal yang tampaknya menggunakan 1/20 emisinya dalam bentuk udara.

Dan untuk mendukung gerakan netral karbon, Apple juga melakukan hal yang sama pada Apple Watch Ultra 2. Hal ini membuat kombinasi case tertentu dan strap dari Apple Watch Ultra 2 dikategorikan sebagai produk netral karbon. Smartwatch ini juga dipasangkan dengan Alpine Look atau Trail Loop yang menampilkan 95% titanium daur ulang dan menggunakan kemasan dengan logo netral karbon. Yuk cek koleksi smartwatch lainnya di Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko Presage Craftsmanship

Seiko Rilis Presage Craftsmanship Series dengan Enamel & Urushi Lacquer

Next Article
7 Rekomendasi Jam Tangan Alba Chronograph

7 Rekomendasi Alba Chronograph, Stylish dan Ramah di Kantong

Related Posts
Total
0
Share