Anniversary Carrera Chronograph ke-60, TAG Heuer Rilis Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”

TAG HEUER RILIS CARRERA CHRONOGRAPH GLASSBOX "GOLDEN PANDA"

Dalam rangka anniversary Carrera Chronograph ke-60, TAG Heuer merilis Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” Ref. CBS2240.FC8319. Jam tangan yang dirancang dengan dominasi warna gold pada case dan dial dikombinasikan waena hitam pada subdial dan strap membuatnya terlihat serasi. Penggunaan material yellow gold pada jam tangan tersebut juga membuat jam tangan tampak mewah saat dipakai di pergelangan tangan.

TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda
TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda

Kalau penasaran dengan detail dan spesifikasi TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”, yuk simak bocoran selengkapnya dari Minwatch dalam artikel di bawah ini!

Sejarah Singkat TAG Heuer Carrera Chronograph

TAG Heuer 2447 (1963)
TAG Heuer 2447 (1963)

Bagi TAG Heuer, tahun 2023 dianggap menjadi sebuah milestone bersejarah dengan dirayakannya anniversary Carrera Chronograph ke-60. Kisah ini bermula ketika Jack Heuer (pendiri TAG Heuer) meluncurkan jam tangan yang dibuat khusus untuk dunia motorsports yaitu Carrera Chronograph 2447 (1963). Nama Carrera berasal dari balapan mobil paling ekstrim di Meksiko pada era 50-an akhir yang dikenal dengan nama Carrera Panamericana. Jack Heuer merupakan penggemar ajang balapan tersebut. Jam tangan tersebut dirancang untuk mewujudkan spirit motorsports yang identik dengan speed, memacu adrenalin, dan perlu pencatat waktu yang presisi.

Kehadiran Carrera Chronograph 2447 (1963) pun disambut hangat oleh watch enthusiast. Sejak saat itulah TAG Heuer terus melakukan inovasi dan kembali merilis beberapa model Carrera Chronograph. Pada tahun 2023 ini TAG Heuer telah merilis Carrera Chronograph x Porsche Orange Racing, Carrera Skipper, dan Carrera Chronosprint x Porsche.Yang terbaru, TAG Heuer baru saja merilis Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” dengan tampilan mewah dan elegan.

Case TAG Heuer “Golden Panda” Dibuat dari 18K Yellow Gold

TAG Heuer Carrera Chronograph 1158 CHN (kiri) dan Glassbox “Golden Panda” (kanan)
TAG Heuer Carrera Chronograph 1158 CHN (kiri) dan Glassbox “Golden Panda” (kanan)

Desain TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” terinspirasi dari ref. 1158 CHN (1972). Awalnya, jam tangan tersebut diciptakan untuk pembalap Ferrari F1, tetapi akhirnya diproduksi lebih banyak untuk publik. TAG Heuer Golden Panda versi terbaru mengadopsi kombinasi elemen desain Carrera 1158 dari era 70-an yang dipadukan dengan desain Carrera Glassbox dari era 60-an. 

Case TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”
Case TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”

TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” menggunakan case yang terbuat dari 18K 3N (75% emas, 12.5% silver, and 12.5% tembaga). Case-nya berdiameter 39 mm, ketebalannya 13,9 mm, dan lug-to-lug 46 mm. Dimensi tersebut dianggap friendly untuk sebagian besar pergelangan tangan. Sisi-sisi case TAG Heuer “Golden Panda” dibuat dengan satin finish dan bagian tas lug dibuat dengan polished finish.

Selain itu, jam tangan juga menggunakan sapphire crystal cembung berbentuk glassbox dengan inner bezel tachymeter . Caseback-nya dibuat dari 16K 3N yellow gold dan sapphire crystal pada bagian transparan. Jam ini tahan air hingga 100 meter dan dibekali dengan black calf rally strap dengan 18K gold pin buckle

Dial TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”

Dial TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda
Dial TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda

Dial TAG Heuer “Golden Panda” tidak menggunakan solid gold, tetapi terbuat dari yellow gold-plating (3N) dengan brushed finish vertikal agar matching dengan case-nya. Ide ini diterapkan untuk meniru dial 1158 CHN (1972) walaupun tampilannya sangat berbeda. Selain itu, TAG Heuer “Golden Panda” juga memiliki subdial hitam yang tampak kontras dengan dial gold sehingga terlihat seperti mata panda. 

Tampilan TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” pada kondisi gelap
Tampilan TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” pada kondisi gelap

Pada pukul 3 terdapat subdial chronograph 30 menit, sedangkan pada pukul 9 adalah subdial chronograph 12 jam. Di atas pukul 6 terdapat subdial detik utama dan date window dengan background putih. Hands pada subdial pukul 3 dan 9 menggunakan warna keemasan. Sedangkan jarum detik chronograph dan detik utama menggunakan warna hitam. Pada indeks, jarum jam dan menit diisi Super-LumiNova putih. Di bawah pukul 12 terdapat logo “Carrera dan TAG Heuer”, sedangkan di atas pukul 6 terdapat tulisan “Swiss”.

Movement Calibre TH20-00 pada TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda”

Movement TAG Heuer Golden Panda dapat dilihat dari caseback
Movement TAG Heuer Golden Panda dapat dilihat dari caseback

TAG Heuer Carrera Chronograph Glassbox “Golden Panda” dibekali dengan in-house automatic chronograph movement calibre TH20-00 dan memiliki power reserve 80 jam. Movement yang dapat dilihat dari caseback ini memiliki column wheel, vertical clutch, 33 jewel, serta berdetak sebanyak 28.800 vph.

Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Kamu juga masih dapat mengoleksi jam tangan TAG Heuer lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
CASIO STANDARD MTP-B160

Casio Standard MTP-B160, Desain Minimalis & Budget Friendly

Next Article
seiko chronograph

Persiapan Musim Hujan, Pakai 7 Jam Tangan Seiko Panda Chronograph 100m

Related Posts
Total
0
Share