Jam Tangan Hamilton Vintage dalam Film Thriller Oppenheimer

6 Jam Tangan Hamilton Vintage dalam Film Thriller Oppenheimer, Desainnya Masih Simple!

Film yang mengangkat sisi sejarah dunia ini berkisah tentang peranan ilmu fisika dalam pengembangan bom atom selama Perang Dunia II.

Belakangan ini media sosial diramaikan soal perilisan salah satu film bertema sains yaitu Oppenheimer. Film yang mengangkat sisi sejarah dunia ini berkisah tentang peranan ilmu fisika dalam pengembangan bom atom selama Perang Dunia II. Film Oppenheimer juga dibintangi oleh banyak aktor terkenal seperti Cillian Murphy, Emily Blunt, Matt Damon, Robert Downey Jr., Florence Pugh, Josh Hartnett, dan masih banyak lagi.  

Robert J Oppenheimer diperankan oleh Cillian Murphy
Robert J Oppenheimer diperankan oleh Cillian Murphy

Dalam beberapa adegan, pemain film di atas pun tertangkap kamera menggunakan jam tangan Hamilton vintage dan total ada enam model yang digunakan. Dan dalam artikel kali ini, Minwatch akan kasih kupas model jam tangan Hamilton apa saja yang digunakan dalam film Oppenheimer. So, baca terus artikel ini sampai selesai ya!

Profil Singkat Robert J Oppenheimer

Robert J Oppenheimer
Robert J Oppenheimer

Robert J Oppenheimer (1904-1967) adalah seorang fisikawan teoritis asal Amerika Serikat. Dan dalam Manhattan Project (1942-1946) di mana senjata nuklir menjadi salah satu bagian dalam proyek tersebut, Oppenheimer menjabat sebagai direktur Los Alamos Laboratory. Ia bertanggung jawab atas penelitian dan desain bom atom hingga membuatnya mendapat julukan sebagai “Bapak Bom Atom”.

Pencatat Waktu Menjadi Bagian Penting dalam dalam Film Oppenheimer

Jam tangan yang dipakai oleh karakter Robert J Oppenheimer
Jam tangan yang dipakai oleh karakter Robert J Oppenheimer

Kisah tentang Robert J Oppenheimer yang menarik pun difilmkan dengan judul sama seperti namanya yaitu Oppenheimmer. Dan tidak bisa dipungkiri bahwa bidang Fisika yang digeluti oleh Oppenheimer, waktu atau setidaknya countdown timer menjadi begitu penting. Penggunaan jam tangan yang sesuai dengan masanya pun menjadi salah satu plot film garapan sutradara Christopher Nolan.

Film Oppenheimer yang  mengambil setting tahun 1940-an memilih jam tangan Hamilton untuk dipakai oleh para pemain dalam film tersebut. Misalnya saja Robert J Oppenheimer yang diperankan oleh Cillian Murphy memakai tiga model jam tangan Hamilton. Masing-masing jam tangan menampilkan desain heritage Amerika yang dipermanis dengan style Art Deco.

Jam tangan yang dipakai oleh karakter Letjen Leslie Groves
Jam tangan yang dipakai oleh karakter Letjen Leslie Groves

Begitu pula dengan Matt Damon yang berperan sebagai Letjen Leslie Groves memakai dua model jam tangan Hamilton. Sedangkan Emily Blunt yang berperan sebagai Kitty Oppenheimer memakai satu model jam tangan Hamilton. Untuk mendapatkan jam tangan Hamilton tersebut juga tidak mudah. Tim produksi pun mengajak kolektor dan watch enthusiast untuk mendapatkan enam jam tangan Hamilton vintage yang diluncurkan antara tahun 1930 hingga 1940-an. 

Jam tangan yang dipakai oleh karakter Kitty Oppenheimer
Jam tangan yang dipakai oleh karakter Kitty Oppenheimer

Model Jam Tangan Hamilton dalam Film Oppenheimer

Hamilton Cushion B tahun 1930-an
Hamilton Cushion B tahun 1930-an

Jam tangan 1930s Cushion B yang berlapis emas dinamai demikian karena menggunakan case berbentuk bantal. Jam tangan ini memiliki ukuran 26,7 mm x 26.7mm dengan dial berwarna white-cream, dan menggunakan brown lizard skin strap. Hamilton Cushion B  menggunakan dua jarum dengan angka Arab berukuran relatif besar dan trek menit seperti rel kereta api.

Hamilton Lexington tahun 1940-an
Hamilton Lexington tahun 1940-an

Lexington 29 mm adalah salah satu model jam tangan yang diperkenalkan pada tahun 1941. Jam tangan ini menggunakan case berlapis emas dan perak serta didesain dengan dial hitam. Hamilton Lexington menggunakan angka Arab, sub-dial pada posisi jam 6 sebagai indikator detik utama, dan dilengkapi calf leather strap.

Hamilton Endicott tahun 1940-an
Hamilton Endicott tahun 1940-an

Hamilton Endicott didesain dengan case berukuran 27,8 mm dan merupakan jam tangan klasik berbentuk bulat. Jam tangan ini memiliki sub-dial pada posisi pukul 6 sebagai indikator detik utama dan didesain dengan champagne dial. Hamilton Endicott menggunakan angka Arab berukuran besar dengan gold-tone dan brown calf leather strap dengan warna jahitan senada. 

Berikut ini adalah jam tangan Hamilton yang dipakai oleh Matt Damon yang berperan sebagai Letjen Leslie Groves

Hamilton Piping Rock tahun 1920-an
Hamilton Piping Rock tahun 1920-an

Hamilton Piping Rock adalah jam tangan berukuran 30 mm yang diluncurkan pada tahun 1920-an dan dikenal sebagai jam tangan klasik orang Amerika. Jam tangan ini menggunakan champagne dial sederhana dan sub-dial ditempatkan pada posisi jam 6 sebagai indikator detik utama. Sedangkan pada bagian bezel-nya terdapat angka Romawi. Hamilton Piping Rock menggunakan black calf leather strap yang terlihat serasi dengan tampilan jam tangan secara keseluruhan. 

Hamilton Military Ordnance tahun 1940-an
Hamilton Military Ordnance tahun 1940-an

Hamilton Military Ordnance dibuat dari case berukuran 32 mm dan diluncurkan sekitar tahun 1940-an dengan green nylon strap. Jam tangan tersebut menggunakan angka Arab berwarna putih yang terlihat kontras dengan dial hitam. Aksen berwarna coklat ditampilkan pada ujung jarum jam, sedangkan pada jarum menit dan bagian tengah jam menggunakan aksen berwarna biru. Pada posisi pukul 6 terdapat sub-dial sebagai indikator detik utama dan trek menit dibuat seperti rel kereta api.

Berikut ini adalah jam tangan Hamilton yang dipakai Emily Blunt yang berperan sebagai Kitty Oppenheimer 

Lady hamilton A-2 yang diluncurkan sekitar tahun 1947
Lady hamilton A-2 yang diluncurkan sekitar tahun 1947

Lady Hamilton A-2 14k gold adalah jam tangan berbentuk kotak yang sederhana dengan corak warna silver pada case dan bracelet. Bagian dial-nya berwarna putih dan terlihat kontras dengan jarum jam dan indeks angka Arab genap dengan corak warna keemasan.

Deretan jam tangan Hamilton yang dipakai dalam film Oppenheimer di atas ternyata menarik juga ya? Walaupun didesain dengan tampilan sederhana, tetapi masih terlihat elegan dan menarik. Kamu juga bisa mengoleksi jam tangan dengan style klasik lainnya di Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Review G-Shock DW-9052

Pernah Dipakai Dwayne Johnson, Ini Spek Lengkap G-Shock DW-9052

Next Article
Casio F-91W

Review Casio F-91W, Jam Tangannya Barack Obama sampai Osama bin Laden

Related Posts
Total
0
Share