11 Jam Tangan Jadul Termahal yang Pernah Terjual Saat Lelang

11 Jam Tangan Jadul Termahal

11 Jam Tangan Jadul Termahal

Jam tangan jadul bukan hanya soal desain yang vintage dan juga nilai sejarahnya. Namun, ada komplikasi atau kerumitan yang akhirnya menjadi jam ini begitu sophisticated. Tidak mengherankan bahwa jam tangan jadul termahal juga menjadi incaran para kolektor jam tangan. Hal tersebut tidak terlepas dari popularitas jam tangan sejak abad ke-19, yang menandai munculnya simbol status baru melalui jam tangan mewah dan bahkan stigma tersebut bertahan hingga hari ini. 

Dari Rolex hingga Patek Philippe, para watchmaker merupakan orang di balik layar yang membantu mendefinisikan konsep kemewahan pada jam tangan. Jam tangan dari brand-brand mewah tersebut bahkan pernah berhasil terjual  di acara lelang jam tangan dengan nominal yang luar biasa.

Berikut ulasan Minwatch untuk 11 jam tangan jadul termahal yang pernah terjual saat lelang dalam 10 tahun terakhir.

1. Patek Philippe Grandmaster Chime, 2019

Pada tahun 2014, Patek Philippe menciptakan Grandmaster Chime untuk hari jadinya yang ke-175. Menghadirkan 20 complications pada dua dial yang membutuhkan waktu tujuh tahun dan lebih dari 100.000 jam untuk membuat jam tangan tersebut.

Lima tahun kemudian, pada tahun 2019, Patek Philippe menghadirkan “contoh” dari Grandmaster Chime di acara lelang amal dua tahunan Christie’s Only Watch. Jam tangan versi stainless-steel ini memiliki dial rose-gold bertuliskan kata-kata “The Only One”. jam tangan ini sangat unik karena memiliki dial yang bisa diganti dengan warna hitam mencolok menggunakan swiveling mechanism.

Baca juga : 10 Jam Termahal Di Dunia, Terbuat dari Apa?

Jam tangan ini terjual dengan harga yang sangat fantastis yaitu $31 juta yang membuatnya jadi jam tangan jadul termahal yang pernah terjual saat lelang.

Patek Philippe Grandmaster Chime, 2019.
Sumber: Thecollector.com.

2. Henry Graves Supercomplication, 19323

Salah satu jam jadul termahal ini merupakan jam tangan pocket dengan mekanis paling rumit yang pernah dibuat. Patek Philippe Henry Graves Supercomplication dinamai dari nama seorang bankir Amerika Henry Graves Jr. Melalui jam pocket ini, Graves bertekad untuk mengalahkan Komplikasi Grande yang dibuat oleh Vacheron Constantin untuk James Ward Packard.

Baca juga : 10 Jam Tangan Buatan Jerman, dan Kisah Menarik di Dalamnya

Memakan waktu hampir 10 tahun dalam proses pengerjaannya, jam pocket dengan emas 18 karat ini hadir pada tahun 1933, dimana dia memutuskan untuk merahasiakan pembeliannya, karena takut akan ada bahaya penculikan dan pencurian. Jam ini berisi 920 individual parts, 24 komplikasi, termasuk ketepatan waktu, kalender, kronograf, dan chiming functions, seperti celestial charts, alarms, dan power reserves.

Jam pocket ini terjual di Christie’s pada tahun 2014 dengan harga lebih dari $24 juta, dan belum ada yang mendekati harganya sampai tahun 2019.

Henry Graves Supercomplication, 19323. 
Sumber: Thecollector.com.

3. Rolex Daytona Paul Newman ‘Exotic’, 1968

Jam tangan eksotik lainnya dari Paul Newman adalah Rolex Daytona, yang merupakan pemberian dari istrinya. Jam tangan ini berhasil dilelang di Philips pada tahun 2017 dengan hasil lelang mencapai $17,7 juta.

Rolex membuat dial jam ini dengan sangat unik dengan jenis numerals yang berbeda dari seri klasik Rolex lainnya. Jam tangan ini dikenal sebagai Rolex Daytona ‘Paul Newman’ dan menjadi salah satu yang paling diincar para kolektor. Ditambah lagi karena kisah di balik jam tangan ini memiliki sentuhan pribadi, karena pengirim jam tangan menerimanya secara pribadi dari Newman.

Rolex Daytona Paul Newman ‘Exotic’, 1968.
Sumber: Thecollector.com.

Paul Newman adalah seorang aktor Hollywood yang namanya cukup terkenal di dunia Horology. Hal ini dikarenakan setiap jam tangan yang berhubungan dengan namanya, pasti akan langsung diburu kolektor dan berharga fantastis. 

4. Patek Philippe Stainless Steel, 1953

Berhasil dilelang dengan harga $11 juta pada tahun 2016, Patek Philippe Stainless Steel, 1953 masuk dalam jajaran jam tangan jadul termahal yang pernah dijual saat lelang. Model 1518 adalah perpetual calendar chronograph pertama di dunia sehingga memiliki nilai historis. Ditambah jam tangan ini hanya ada empat buah di dunia, menjadikannya semakin eksklusif. Jam tangan ini mendapat julukan “the Rolls-Royce of watches” dan merupakan jam tangan yang dinanti-nanti untuk dilihat oleh para penggemarnya.

Patek Philippe Stainless Steel, 1953. 
Sumber: Thecollector.com.

5. Patek Philippe by Gobbi Milan “Heures Universelles,” 1953

Dial biru cerah dengan pink gold case menjadikan jam tangan Patek Philippe ini langsung dilirik saat pelelangan. Apalagi jam ini merupakan jam tangan langka, karena hanya ada tiga jam tangan yang diproduksi untuk seri ini. Hal itu semakin membuatnya menjadi jam tangan jadul termahal dari Patek Philippe.

Baca juga : 10 Brand Jam Tangan Pria Termahal di Dunia, Bisa Untuk Investasi Nih!

Dengan sistem numeric Romawi dan Arab, jam diurnal dan nokturnal, serta cincin putar bertuliskan nama 40 kota besar, jam tangan multifungsi ini tidak terlalu rumit untuk dibaca. Desain, keahlian, dan supremasi teknologi jam tangan ini mewujudkan zaman keemasan Patek Philippe, pada tahun  1950-an. Rumah lelang Christie, juga menyebutkan bahwa jam ini mewakili “mimpi seorang kolektor yang menjadi kenyataan” dengan hasil lelang yang hampir menyentuh angka $9 juta.

Patek Philippe by Gobbi Milan “Heures Universelles,” 1953. 
Sumber: Thecollector.com.

6. Patek Philippe Grand Complications, 2015

Dalam dunia horologi, komplikasi didefinisikan sebagai fungsi mekanis dari jam tangan yang mencakup alarm, stopwatch, tampilan tanggal, atau pressure levels. Master dari semua kerumitan adalah Patek Philippe, yang dinobatkan sebagai salah satu jam tangan jadul termahal paling rumit di dunia.

Patek Philippe mewakili keterampilan luar biasa pada karyanya yang terlihat pada koleksi Grand Complications. Banyak model dalam seri ini telah diproduksi secara reguler selama beberapa dekade dan menjadi incaran kolektor jam tangan.

Jam tangan ini menampilkan tiga komplikasi paling berharga: tourbillon (mekanisme terbuka yang meningkatkan akurasi), pengulang menit, dan perpetual calendar yang juga menampilkan fase bulan. 

Memiliki case Calatrava-style yang ramping dengan dial biru navy, jam tangan ini adalah salah satu contoh paling mengesankan dari Grand Complication yang muncul di pelelangan dalam dekade terakhir. Hasil lelang jam tangan ini bahkan menyentuh lebih dari $7 juta – sepuluh kali lipat dari perkiraan harga. Harga yang fantastis tersebut juga merupakan bukti craftsmanship dan desain mutakhir dari brand tersebut.

Patek Philippe Grand Complications, 2015.
Sumber: Thecollector.com.

Baca juga : Tourbillon: Apa Itu & Kenapa Harganya Sangat Mahal?

7. Patek Philippe Titanium, 2017

Jam tangan jadul termahal berikutnya yang terjual saat lelang ini merupakan koleksi dari Patek Philippe. Jam tangan memiliki kontribusi yang besar untuk tujuan amal karena Patek Philippe 5208T-010 khusus dibuat untuk pelelangan di Only Watch 2017 yang diadakan oleh Phillips. Jam tangan ini menampilkan dial berwarna biru dengan hand-guilloche carbon-fiber pattern dan dipasang dalam titanium case yang sangat langka. Yang paling unik dari jam tangan ini adalah, jam tangan ini memang dibuat khusus untuk acara lelang tersebut.

Tiga kata untuk jam tangan ini yaitu rumit, bertenaga, dan kompleks, jam tangan ini memadukan gaya klasik dan teknis yang mendefinisikan Patek Philippe, dengan desain baru yang sportif, lebih kuat, dan bahkan “agresif”. Pembeli jam tangan ini tidak hanya memperoleh jam tangan saja lho, namun juga berkesempatan untuk melakukan tur ke workshops Patek Philippe, kunjungan ke museum, dan makan siang pribadi dengan presiden perusahaan. Tentu saja hal itu sepadan karena pembelinya telah menyumbang lebih dari $6 untuk penelitian Duchenne Muscular Dystrophy.

Patek Philippe Titanium, 2017.
Sumber: Thecollector.com.

8. Rolex Unicorn, 1970

Tw, c.1970 merupakan jam tangan Rolex Daytona yang dibuat dari emas putih 18 karat. Jam tangan ini di elu-elukan sebagai “a holy grail piece” ketika muncul di pelelangan pada tahun 2018 silam. Satu-satunya jam tangan dari jenisnya dengan sistem putaran manual yang eksklusif, dibuat sebagai mahakarya yang unik. Jam tangan ini hanya dibuat satu kali untuk pelanggan khusus Jerman dan dibuat pada tahun 1970 kemudian dikirimkan pada tahun berikutnya.

Baca juga : Rolex Hulk dan 7 Koleksi Jam Tangan Robert Downey Jr

Tampilan awal jam tangan ini dilengkapi dengan leather strap, namun kolektor jam tangan legendaris John Goldberger memadukannya dengan white gold bracelet yang berat. Hal itu membuat jam tangan ini begitu langka dan indah sehingga dijuluki “The Unicorn”.

Jam tangan ini berhasil dilelang di rumah lelang Phillips dengan harga hampir menyentuh $ 6 juta. Hasil lelang pun digunakan untuk tujuan mulia, karena Goldberger menjual The Unicorn untuk yayasan Children Action yaitu yayasan sosial asal Swiss yang memenuhi kebutuhan anak-anak kurang beruntung di seluruh dunia.

Masuk dalam kategori jam tangan mewah dan dibanderol dengan harga tinggi, siapa pun tentu tak ingin tertipu membeli jam Rolex palsu. Masalahnya, popularitas tinggi membuat banyak pihak tak bertanggung jawab akhirnya menjual Rolex versi counterfeit. 

Rolex Unicorn, 1970.
  Sumber: Thecollector.com.

9. Patek Philippe Gold Chronograph, 1943

Jam tangan jadul termahal ini pertama kali dikenal oleh para kolektor pada kemunculannya di pelelangan di XXX, dan diberi label sebagai “large size, one-off perpetual calendar chronograph wristwatch”. Jam tangan ini dibuat pada tahun 1944, dan sangat menonjol dari jam tangan lain pada zaman itu karena desain dan proporsi casing avant-garde-nya. Memiliki bentuk yang bulat, lug besar, dan diameter 37,6 mm membuat tampilan jam tangan ini sangat mencolok. Tentu saja hal itu sejalan dengan desain mewah yang terlihat pada tahun 1940-an.

Jam tangan jadul ini merupakan pelopor dari kelanjutan jam tangan Patek Philippe yang terkenal rumit, dan memegang peranan penting dalam sejarah horologi. Hal itu dikarenakan jam tangan ini memiliki faktor kelangkaan, keindahan, dan warisan yang memberikan kontribusi pada nilainya Pada tahun 2018, jam tangan ini dijual di Christie’s menembus harga lebih dari $5,7 juta, yang bahkan empat kali lipat lebih tinggi dari perkiraan terendahnya!

Patek Philippe Gold Chronograph, 1943.
Sumber: Thecollector.com.

10. Patek Philippe Guilloché, 1954

Sejak didirikan pada tahun 1839, Patek Philippe memiliki reputasi yang unggul dalam dunia horologi. Jam tangan Patek Philippe terkenal akan kerumitannya yang hingga sekarang menjadi salah satu simbol kemewahan tertinggi. Hal itu ditunjukkan pada hasil lelang tahun 2020 untuk koleksinya yaitu 1954 pink gold wristwatch (Ref. 2523/1) yang dijual di Philips dengan harga lebih dari $5,5 juta.

Salah satu jam tangan jadul termahal jebolan Swiss ini diluncurkan pada tahun 1953, yang menampilkan two-crown system. Walaupun pada awalnya jam tangan tersebut tidak membuat impresi yang bagus, tidak sukses secara komersial, dan hanya sedikit diproduksi namun saat ini jam tangan tersebut malah menjadi langka. 

Dikabarkan ada empat dari jam ini yang memiliki guilloche dial, sehingga membuat para kolektor makin sulit menemukannya. Guilloche sendiri merupakan teknik pengukiran yang digunakan untuk menghias permukaan jam tangan dengan pola halus dan rumit. Teknik guilloche dial mendapatkan popularitas di industri horologi menjelang akhir abad ke-18 ketika Breguet mulai menggunakannya untuk menghiasi pelat jam mereka.

Patek Philippe Guilloché, 1954.
Sumber: Thecollector.com.

Baca juga : 10 Hal yang Patut Diperhatikan Sebelum Membeli Jam Tangan

11. Rolex Daytona Paul Newman, 1980

Nilai dari jam tangan jadul termahal dari Rolex ini tidak hanya terletak pada desain ikonik Daytona dan merek legendarisnya, tetapi juga pada pemilik sebelumnya yaitu Paul Newman yang merupakan seorang aktor, sutradara, pengusaha, dan filantropis. Salah satu fitur unik dari jam tangan ini adalah tulisan di bagian belakang bertuliskan “DRIVE CAREFULLY ME” yang diukir oleh istri Newman sebagai hadiah setelah musibah kecelakaan sepeda motor menimpanya pada tahun 1865.

Rolex Daytona Paul Newman Rolex Daytona, 1980.
Sumber: Thecollector.com.

Rolex merupakan produsen jam tangan mewah yang berasal dari Swiss. Kisaran harga jam tangan Rolex termahal saja bisa mencapai jutaan dolar atau setara miliaran rupiah. 

Itu dia 11 jam tangan jadul termahal yang pernah terjual saat lelang dengan harga yang fantastis. Kalau dari 11 jam tangan ini yang mana favoritmu? Kamu juga bisa dapatkan koleksi favoritmu lainnya di Jamtangan.com lho! Banyak berbagai brand jam tangan memukau dengan koleksi yang lengkap. Yuk mampir ke Jamtangan.com!

Oleh: Rahel Humillang

Baca Selengkapnya