Watches and Wonders 2022: Rilisan Baru Favorit Tim Jamtangan.com

Ini dia rilisan anyar favorit Jamtangan.com dari Watches and Wonders 2022
Jam Baru dari Watches and Wonders 2022
Poster Watches and Wonders 2022
Watches and Wonders 2022 berlangsung 30 Maret-5 April 2022. (Image: Watches and Wonders)

Gelaran akbar paling dinanti watch-enthusiast dunia, Watches and Wonders 2022, saat ini tengah berlangsung di Jenewa, Swiss. Dimulai sejak 30 Maret dan akan berakhir pada 5 April 2022 mendatang, event tahunan ini memang selalu menjadi magnet dan pusat perhatian fans jam tangan karena di sinilah brand-brand jam paling prestisius akan beramai-ramai merilis dan memperkenalkan koleksi teranyarnya pada publik. 

Di antara nama-nama besar seperti Rolex, Cartier, Vacheron Constantin, Patek Philippe, dan brand-brand mewah lain yang tak pernah absen menjadikan Geneva Watches and Wonders 2022 sebagai ajang “show off” koleksi terbaru, ada beberapa perilisan “underdog” yang justru paling mencuri perhatian tim Jamtangan.com. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak ulasan hingga review lengkapnya di artikel ini! 

1. Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon SLGT003

Tampilan Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon
Tampilan Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon. (Image: Grand Seiko)

Lupakan sejenak barisan jam mewah dari manufaktur Swiss, rilisan anyar pertama yang mencuri perhatian kami dari Watches and Wonders 2022 Geneva justru datang dari brand legendaris Jepang, Grand Seiko. Sebagai lini high-end Seiko yang ditargetkan ikut bermain di pasar jam mewah, brand ini memperkenalkan model teranyar Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon yang harus diakui menjadi salah satu tonggak pencapaian baru. Bagaimana tidak, bertepatan dengan 62 tahun perjalanan Grand Seiko sejak dirilis pada 1960, di Watches and Wonders 2022 inilah brand ini akhirnya memperkenalkan jam tangan mekanikal tourbillon pertama mereka dengan mekanisme berkerumitan tinggi.  

Baca Juga: 

Tourbillon: Apa Itu dan Kenapa Harganya Sangat Mahal? 

Apa Itu Jam Tangan Mekanikal atau Automatic Movement? 

Mengintip 3 Jam Tangan Baru yang Rilis di Watches and Wonders 2021

Apa yang Spesial dari Jam Ini? 

Detail dial Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon SLGT003
Detail dial Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon SLGT003. (Image: Hodinkee) 

Ya, Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon SLGT003 adalah jam pertama dalam sejarah dunia horology yang menggabungkan sebuah tourbillon dan mekanisme gaya konstan dalam sebuah axis. Hasilnya, lahirlah sebuah movement inovatif yang memiliki akurasi sangat stabil. Tak hanya itu, perpaduan tourbillon dan constant-force mechanism ini juga membuat SLGT003 memiliki desain dial yang sangat menawan. Nama “Kodo” sendiri diambil dari bahasa Jepang yang berarti “detak jantung”, menggambarkan keindahan desain open-work pada bagian wajahnya. 

Movement Caliber 9ST1 yang menjadi motor koleksi ini pun juga bisa dikatakan sebuah gebrakan, karena proses pembuatannya membutuhkan terobosan dan riset panjang. Bermula dari konsep “T0 Constant-force Tourbillon” yang dibuat pada 2020, tim Seiko terus melakukan pengembangan pada 340 komponen yang ada. Hingga akhirnya, lahirlah Cal. 9ST1 yang menjadi movement Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon. Cal. 9ST1 disebut-sebut menghadirkan standar baru dalam akurasi, karena movement ini dites selama 48 jam, dalam 6 posisi, dan 3 temperatur (dua kali lebih lama dari standar tes industri pada umumnya). Hasil riset panjang ini juga memungkinkan movement ini memiliki ukuran compact, yang berpengaruh pada desain SLGT003 yang tetap estetik dan tidak bulky saat dikenakan. 

Spesifikasi Grand Seiko Kodo Constant-force Tourbillon

  • Movement: Cal. 9ST1 (manual-winding)
  • Case: Platinum 950 & Brilliant Hard Titanium
  • Ukuran : 43,8 mm (diameter) & 12,9 mm (ketebalan) 
  • Power Reserve: 72 jam 
  • Akurasi: +5 hingga -3 seconds per day 
  • Mulai Dijual Pada: Oktober 2022

2. Grand Seiko Evolution 9 (Ada 5 Rilisan Baru!)

Grand Seiko Evolution 9 Terbaru di Watches and Wonders 2021
Ada total 5 model baru Grand Seiko Evolution 9 yang dikenalkan di Watches and Wonders 2022. (Image: Hodinkee) 

Masih dari Grand Seiko, koleksi lain yang mencuri perhatian tim Jamtangan.com dari gelaran Watches and Wonders 2022 adalah diperkenalkannya beberapa model baru dari lini Grand Seiko Evolution 9. Pertama kali dirilis pada 1967, seri Grand Seiko Evolution 9 dikenal akan tampilan simpel dengan keterbacaan sangat jelas berkat facets tambahan yang membuatnya bisa merefleksikan cahaya dengan lebih baik. Salah satu koleksi pertama dari seri Evolution 9 adalah Hi-Beat 36000 yang berhasil memenangkan kategori Men’s Watch Prize di 2021 Grand Prix d’Horlogerie de Genève. 

Tahun ini, di gelaran Watches and Wonders 2022, Grand Seiko memperkenalkan lagi 5 model baru dalam lini Evolution 9. Ada dua model Spring Drive GMT (SBGE283 & SBGE285), dua model Spring Drive Chronograph (SBGC249 & SBGC251), dan satu model Spring Drive Diver (SLGA015). Yuk, langsung simak spesifikasi masing-masing model Evolution 9 teranyar yang diperkenalkan di Watches and Wonders 2022 Geneva ini! 

Grand Seiko Spring Drive GMT SBGE283 & SBGE285 

Grand Seiko Spring Drive GMT SBGE283 dan SBGE285
Grand Seiko Spring Drive GMT SBGE283 (kiri) & SBGE285 (kanan). Image: Monochrome

Dua model Grand Seiko Evolution 9 pertama yang diperkenalkan di Watches and Wonders 2022 adalah SBGE283 dan SBGE285 yang berbasis Spring Drive GMT. SBGE283 hadir dengan dial hitam dan SBGE285 hadir dengan dial misty grey bertekstur yang terinspirasi dari suasana pagi di Jepang pada musim salju. Salah satu perbedaan dua jam GMT ini dari seri Evolution 9 terdahulu, adalah keterbacaan yang semakin jelas berkat perubahan desain hands dan marker-nya. 

  • Model: Spring Drive GMT 
  • Ukuran: 41 mm (diameter) & 13,9 mm (ketebalan) 
  • Material Case: Titanium
  • Water Resistance: 10 BAR
  • Movement: Spring Drive Cal. 9R66 (Automatic-winding)
  • Power Reserve: 72 jam 
  • Mulai Dijual Pada: Agustus 2022 

Grand Seiko Spring Drive Chronograph SBGC249 & SBGC251

Grand Seiko Spring Drive Chronograph SBGC249 dan SBGC251
Grand Seiko Spring Drive Chronograph SBGC249 (kiri) &  SBGC251 (kanan). Image: Hodinkee.

Tak hanya menghadirkan model dengan basis Spring Drive GMT, keluarga anyar seri Evolution 9 selanjutnya yang diperkenalkan di Geneva Watches and Wonders 2022 adalah dua jam berbasis Spring Drive Chronograph. Keduanya adalah Grand Seiko SBGC249 (dial biru) dan SBGC251 (dial hitam). Model SBGC249 merupakan limited edition karena dihadirkan untuk merayakan anniversary ke-15 Grand Seiko Spring Drive Chronograph dan hanya dirilis sebanyak 700 buah. Sedangkan SBGC251 dirilis dalam jumlah lebih banyak.

  • Model: Spring Drive Chronograph 
  • Ukuran: 45,3 mm (diameter) & 15,8 mm (ketebalan) 
  • Material Case: Titanium
  • Water Resistance: 10 BAR
  • Movement: Spring Drive Chronograph 9R69 (SBGC249) & 9R86 (SBGC251) 
  • Akurasi: +/- 10 seconds/ month (SBGC249) & +/- 15 seconds/ month (SBGC251)
  • Power Reserve: 72 jam
  • Mulai Dijual Pada: Agustus 2022

Grand Seiko Spring Drive Diver SLGA015 

Grand Seiko Spring Drive Diver SLGA015
Grand Seiko Spring Drive Diver SLGA015. (Image: Hodinkee) 

Last but not least, ada model Grand Seiko berbasis Spring Drive Diver yang turut diperkenalkan di Watches and Wonders 2022 untuk melengkapi keluarga baru Evolution 9. Dirilis dengan nomor referensi SLGA015, jam ini bisa dikatakan menjadi tonggak baru dalam lini dive watch Grand Seiko. Karena untuk pertama kalinya sejak perilisan SLGA001 pada 2021, Grand Seiko menggunakan Spring Drive Caliber 9RA5 pada jam diver mereka. Keistimewaan lain, SLGA015 didesain dengan titanium-case berintensitas tinggi membuatnya memiliki ketangguhan mumpuni. Jika kamu adalah orang yang sangat memperhatikan estetika jam tangan, SLGA015 juga tak akan mengecewakan karena didesain dengan dial hitam bertekstur “black stream” yang terinspirasi dari Kuroshio Current, alias arus samudera yang ada di perairan Jepang dan Samudera Pasifik. 

  • Model: Spring Drive Diver
  • Ukuran: 43,8 mm (diameter) & 13,8 mm (ketebalan)
  • Material Case: High-intensity Titanium
  • Water Resistance: 200 meter
  • Movement: Spring Drive 9RA5 (automatic-winding)
  • Power Reserve: 120 jam 
  • Mulai Dijual Pada: Agustus 2022

3. Oris ProPilot X Cal. 400 

Tiga varian Oris ProPilot X Cal.400
Oris ProPilot X Cal.400 (Image: Wornandwound)

Tak mau kalah dengan dominasi Grand Seiko yang merilis banyak koleksi remarkable, sang “tuan rumah” Oris juga ikut menghadirkan koleksi yang mencuri perhatian tim Jamtangan.com. Di Watches and Wonders 2022, brand yang lahir di kota Hölstein, Swiss, ini memperkenalkan Oris ProPilot X Cal. 400. Meski berada dalam lini ProPilot, koleksi anyar ini justru bisa dikatakan memberikan gebrakan baru pada ranah pilot-watch. Penasaran kenapa Oris ProPilot X Cal. 400 menjadi salah satu yang mencuri perhatian dari Watches and Wonders 2022 Geneva? 

Apa yang Spesial dari Jam Ini? 

Foto editorial Oris ProPilot X Cal.400
Oris ProPilot X Cal.400 hadir dalam tiga pilihan warna dial. (Image: Oris)

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata “pilot-watch”? Detail segitiga besar di bagian jam 12, tachymeter, indeks menit di bagian dial, desain yang maskulin dan umumnya besar, adalah beberapa ciri yang paling sering kita temui. Menariknya, semua hal itu justru tak ada pada Oris ProPilot X Cal.400, membuatnya sangat spesial karena bisa menghadirkan “warna baru” dalam lini pilot-watch. Berbeda dari pilot-watch pada umumnya, Oris ProPilot X Cal.400 justru didesain dengan dial berwarna cerah dan trendi, case yang ramping, juga origami style bracelet yang membuatnya tampak sophisticated saat dikenakan. Tak heran kalau saat perilisannya di Watches and Wonders 2022, banyak watch-enthusiast langsung melabeli jam ini sebagai jam yang mampu memperluas ekspektasi kita pada sebuah pilot-watch. 

Oris ProPilot X Cal.400 hadir dalam tiga pilihan warna dial yang sama-sama memikat, yakni abu-abu, biru, dan salmon. Desain case dan bracelet-nya yang trendi dirancang dengan titanium sehingga sukses memadukan estetika dan ketangguhan. Mesinnya dipersenjatai in-house movement Oris Cal. 400 yang sudah dibekali anti-magnet dan power reserve hingga 5 hari. Overall, Oris ProPilot X Cal.400 adalah pilihan tepat buat kamu yang menyukai jam berdesain kontemporer namun dengan high-quality feature and standard. 

Spesifikasi Oris ProPilot X Cal. 400

  • Ukuran: 39 mm (diameter) & 12.1 mm (ketebalan) 
  • Material Case: Titanium
  • Warna Dial: Abu-abu, Biru, Salmon
  • Water Resistance: 100 meter
  • Movement: Oris Cal. 400
  • Power Reserve: 5 days
  • Mulai Dijual Pada: Agustus 2022

Jadi, apakah kamu setuju dengan koleksi paling mencuri perhatian dari Watches and Wonders 2022 versi tim Jamtangan.com di atas? Sambil berdoa supaya rilisan-rilisan anyar dari Watches and Wonders 2022 Geneva juga masuk ke Indonesia, kamu bisa “pemanasan” dulu dengan melihat-lihat koleksi Oris dan Seiko di Jamtangan.com nih. Potongan harga dan promo gratis ongkir se-Indonesia masih nungguin biar kamu bisa belanja jam baru dengan lebih hemat. Yuk, intip katalog rekomendasinya di bawah ini! 

Intip Koleksi Lengkap Oris di Sini 

Intip Koleksi Lengkap Seiko di Sini 

Previous Article
Tips Cara Setting Smartwatch

Cara Setting Jam Smartwatch Sebelum Siap Digunakan

Next Article
7 Jam Tangan untuk Kado buat Ibu di Hari Raya

7 Jam Tangan untuk Kado buat Ibu di Hari Raya

Related Posts