Winding up,
Almost Ready ...

Tudor Akhirnya Resmi Rilis Black Bay Ceramic Blue 

by Han Jul 04, 2024 4 min read
Tudor Akhirnya Resmi Rilis Black Bay Ceramic Blue 
Tudor Black Bay Ceramic Blue saat dipakai di pergelangan tangan
Tudor Black Bay Ceramic Blue saat dipakai di pergelangan tangan

Dan di pertengahan tahun 2024 ini, Tudor akhirnya merilis secara resmi Tudor Black Bay Ceramic Blue M79210CNU-0007 untuk publik. Selain melakukan update pada colorway, jam tangan ini tampak identik dengan model Black bay Ceramic yang pertama kali muncul di tahun 2021 dengan black dial dan pada saat itu menjadi jam tangan pertama Tudor yang sesuai standar METAS. Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih lengkap tentang Tudor Black Bay Ceramic Blue.

Spesifikasi Tudor Black Bay Ceramic Blue

Case Tudor Black Bay Ceramic Blue
Case Tudor Black Bay Ceramic Blue

Tudor Black Bay Ceramic Blue dirancang menggunakan black ceramic case matte dengan micro-blasted finish dan struktur monoblock pada bagian tengah case. Case-nya berdiameter 41 mm dan tebalnya 14,4 mm. Jam tangan ini memakai exhibition caseback yang terbuat dari 316L steel yang di-treatment PVD warna hitam. Sementara bagian transparannya yang memamerkan movement dilindungi kristal safir. Sebagai ISO diver watch, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 200 meter. 

Koleksi ini dilengkapi unidirectional rotatable bezel yang terbuat dari steel yang diberi black PVD treatment. Bezel ini juga dilengkapi ceramic insert berwarna matte black dengan sunray satin finish. Untuk melindungi dial, Tudor Black Bay Ceramic Blue memakai kristal safir cembung. Koleksi ini memakai screw-down crown yang terbuat dari black-PVD treated 316L steel.

Dial Tudor Black Bay Ceramic Blue

Dial Tudor Black Bay Ceramic Blue
Dial Tudor Black Bay Ceramic Blue

Detail paling signifikan yang membedakan Tudor Black Bay Ceramic “Blue” yang baru dari versi sebelumnya adalah pemakaian dial warna biru yang cerah, di mana ini menjadi warna tim Visa Cash App RB F1. Walaupun dial cembungnya berisi desain marker dan hands  yang sama dengan model Black Bay lainnya, tetapi permukaan dial jam tangan ini dibuat memakai shade warna biru mencolok dengan tulisan dan lapisan lume warna putih, serta bingkai warna hitam untuk hands dan indeks marker

Indeks marker dibuat dalam bentuk bulat, kecuali pada pukul 3, 6, dan 9 yang menggunakan bentuk persegi panjang, dan pada pukul 12 menggunakan bentuk segitiga terbalik. Selain itu, Indeks marker dan hands juga diisi Super-LumiNova. Handset-nya masih memakai ciri khas Tudor, yaitu snowflake hands.

Di bawah pukul 12 terdapat logo Tudor dan tulisan “TUDOR GENEVE” dan tulisan “BLACK BAY MASTER CHRONOMETER” di atas pukul 6. Jika diperhatikan, tampilan Tudor Black Bay Ceramic “Blue” secara keseluruhan tidak menampilkan jenis tulisan atau logo apapun yang berkaitan dengan tim mitra F1 tersebut. Hal ini disebabkan karena Tudor Black Bay Ceramic Blue memang dirilis sebagai koleksi reguler bukan sebagai koleksi kolaborasi.

In-House Movement Standar METAS

Movement dapat dilihat dari balik caseback
Movement dapat dilihat dari balik caseback

Tudor Black Bay Ceramic Blue dibekali automatic movement caliber MT5602-1U yang dibuat oleh manufaktur movement milik Tudor yaitu Kenissi. Movement ini sudah sesuai standar METAS yang diklaim oleh Tudor memiliki akurasi -2/+4 detik per hari. Movement ini berdetak sebanyak 28.800 bph dan memiliki power reserve 70 jam. Caliber MT5602-1U juga dilengkapi silicon hairspring, variable inertia balance, dan fitur hacking second hand. Movement ini memiliki ketahanan magnet yang baik hingga 15,000 gauss.

Strap Tudor Black Bay Ceramic Blue

Tudor Black Bay Ceramic Blue dengan 2 gaya strap berbeda
Tudor Black Bay Ceramic Blue dengan 2 gaya strap berbeda

Tudor Black Bay Ceramic Blue diberi strap tambahan pada kotaknya. Selain hybrid leather strap dengan black PVD folding clasp yang terpasang, juga mendapatkan complimentary strap yaitu fabric strap dengan black PVD stainless steel buckle.  Leather strap hitam diberi stitching warna biru sehingga terlihat kontras dengan warna hitam pada strap. Sedangkan untuk fabric strap terdapat motif garis warna biru pada bagian tengah.

Tudor Black Bay Ceramic Blue sendiri adalah koleksi permanen yang dibanderol dengan harga US$5.150 atau sekitar Rp84,2 jutaan. Apakah kamu tertarik untuk mengoleksinya? Dapatkan koleksi Tudor lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more