Tsuyosa Versi Titanium? Ini Dia Citizen Forza Super-Titanium NJ0180 Series

Beberapa tahun terakhir menjadi hype untuk jam tangan dengan desain integrated bracelet. Citizen salah satu merek yang mengikuti tren jam tangan sport dengan integrated bracelet melalui model Tsuyosa yang sangat laris di pasaran. Saat ini Citizen kembali meluncurkan jam tangan sport integrated bracelet dan menggabungkannya dengan Super Titanium, yaitu Citizen Forza Super-Titanium Small Seconds NJ018. Jam tangan terbaru ini sekilas mirip Tsuyosa namun ada beberapa perbedaan. Karena benang merah desainnya sama dengan Tsuyosa, tidak berlebihan jika kami menjulukinya Tsuyosa Titanium. Seperti apa ulasannya? Simak tulisan di bawah ini.

Sekilas Tentang Citizen Super Titanium

Citizen cukup dikenal karena jam tangannya telah hadir cukup lama di Indonesia. Tidak banyak yang mengetahui jika merek asal Jepang ini merupakan pelopor penggunaan material titanium untuk pembuatan jam tangan. Tahun 1970, Citizen menjadi merek pertama yang menjual jam tangan titanium. Tentu saja karena sejarah Citizen dalam pembuatan jam tangan titanium cukup kuat, produk-produk Citizen yang memakai titanium memiliki kualitas yang sangat baik. Citizen bahkan memiliki merek dagang sendiri untuk material titanium ciptaannya yaitu Super Titanium.

Material Super Titanium sudah dikembangkan Citizen sejak lama. Material ini menggabungkan titanium dengan teknologi pengerasan permukaan yaitu Duratect. Sehingga material ini 40% lebih ringan daripada stainless steel namun 5 kali lebih keras daripada stainless steel. Citizen juga dalam 5 tahun terakhir menyuplai material ini untuk digunakan menjadi material pesawat luar angkasa tanpa awak. Hebatnya, Citizen memakai material Super Titanium tidak hanya pada lini flagship-nya namun pada lini yang lebih terjangkau seperti Citizen Forza Super-Titanium Small Seconds NJ0180 Series ini.

Dimensi & Spesifikasi Citizen Forza Super-Titanium NJ0180 Series

Jam tangan dengan desain terinspirasi tahun 1980-an ini memiliki integrated bracelet, dial bertekstur dengan warna-warna menarik, subdial detik, date window serta tentu saja, in-house automatic movement. Selain itu, seri ini juga bisa dibilang memiliki spesifikasi yang luar bisa untuk harganya. Walaupun bukan bagian dari koleksi Tsuyosa, NJ0180 Series bisa dibilang sebagai saudara versi titaniumnya.

Case berbentuk tonneau dengan diameter 40,5 mm dan ketebalan 11.05 mm Dipadukan dengan bezel melingkar yang diberi polished finish. Case dan integrated bracelet terbuat dari Super Titanium sudah diproses dengan teknologi pengerasan permukaan Duratect sehingga menawarkan bobot ringan dan ketangguhan untuk penggunaan harian. Berbeda dengan Tsuyosa, crown pada model ini ditempatkan pada posisi pukul 3 dan ketahanan airnya lebih tinggi dari Tsuyosa yautu 100 meter. Tak lupa, kristal safir melindungi dial dan backcase transparannya menggunakan kaca mineral.

Dial Bertekstur dan Movement Pada Citizen Forza Super-Titanium NJ0180 Series

Pada model NJ0180 Series ini, Citizen juga mengaplikasikan sesuatu yang cukup keren, yaitu memadukan warna-warna menarik dan tekstur pada dial-nya. Tekstur dial-nya menyerupai salju dan terdiri dari varian warna hijau (NJ0180-80X), putih (NJ1080-80A), biru (NJ1080-80L) dan warna turquoise atau Tiffany Blue (NJ1080-80M). Terdapat subdial detik pada posisi pukul 17.00 dan jendela tanggal pada posisi pukul 3. Skala trek menit yang mengelilingi dial juga menambah sisi sporty jam tangan ini. Pada varian warna dial hijau dan biru, ring trek menit menggunakan warna hitam, sehingga tampilannya semakin unik. Sementara itu, hands dan marker diberi lume untuk visibilitas saat kegelapan.

Pada backcase, anda akan melihat caliber 8213 berdetak, namun dengan finishing industrial (finishing berwarna emas polos, tanpa dekorasi) dan jika movement yang digunakan memiliki finishing dasar seperti ini, kami berpendapat akan lebih menarik jika menggunakan solid backcase saja. Automatic movement ini berdetak pada frekuensi 3Hz dan memiliki cadangan daya sekitar 40 jam. Untuk akurasinya, movement ini memiliki deviasi akurasi maksimum yang diklaim +/- 20 detik/hari. Citizen Forza Super-Titanium Small Seconds NJ0180 dirilis sebagai bagian dari koleksi permanen dan di Eropa saat ini dibanderol EUR 429. Nantikan kehadirannya di Jamtangan.com, sambil menunggu, yuk, cek koleksi Citizen lainnya.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Intip Rilisan Hublot

Intip Rilisan Hublot di Watches and Wonders 2024

Next Article
Panerai Submersible

Panerai Submersible Edisi Luna Rossa Diperkenalkan di Ajang Watches and Wonders 2024

Related Posts
Total
0
Share