Transocean, Seri Diver Seiko Teranyar

Photograph by Johan Jonsson

Dengan sejarah memproduksi diver watch lebih dari 50 tahun, beragam inovasi yang dilahirkan, serta popularitas di kalangan penikmat jam tangan, untuk mengatakan Seiko “kebetulan” juga mempunyai line-up diver watch merupakan suatu understatement. Kali ini Seiko meluncurkan seri Transocean yang menambah variasi dalam lini diver watch Seiko.transocean-2_zpsrfuvpqhx

Transocean sendiri masih termasuk dalam kategori Prospex, yaitu line-up tool watch Seiko yang dirancang sebagai jam tangan yang tangguh dan berkualitas tinggi. Nama Prospex yang berarti “professional specifications” menunjukkan bahwa line-up Prospex memang ditujukan bagi mereka yang membutuhkan jam tangan dengan performa tinggi misalnya atlit, penyelam, atau pilot. Dengan reputasi besar yang dimiliki Seiko Prospex, jam tangan ini pun populer di antara penikmat jam tangan terlepas profesi mereka.

Kesemua model jam tangan seri Transocean memiliki model yang khas dibanding diver watch Seiko lainnya. Secara konseptual, Seiko kiranya sengaja mendesain lini Transocean menjadi dive watch yang secara penampilan tidak hanya sesuai saat menyelam namun juga tetap terlihat elegan sebagai padanan busana resmi ditambah sentuhan modern. Beberapa perbedaan lain yang mencolok adalah desain case yang terintegrasi dengan bracelet sehingga terlihat menyatu dan dirancang khusus agar lebih ergonomis, serta bezelnya yang juga one-piece (tidak menggunakan bezel insert) dan berbahan keramik zirkonia sehingga tahan gores.

Photograph by Johan Jonsson
Photograph by Johan Jonsson

Selain itu, berbeda dengan tradisi Seiko pada rata-rata diver watch produksi mereka, seri Transocean menggunakan kristal sapphire dengan antireflective coating, di mana kebanyakan diver watch Seiko menggunakan Hardlex yang merupakan kristal hasil pengembangan Seiko. Seluruh permukaan jam tangan juga dilapisi coating Diashield yang tahan gores dan hipoalergenik ditambah teknik pemolesan Zaratsu, sesuatu yang jarang kita temukan pada diver watch Seiko yang tidak berbahan titanium dan dalam range harga ini. Bagian clasp juga menggunakan diver clasp extension yang dirancang untuk pemakaian dengan baju selam.

Seri Transocean terdiri dari tiga model, masing-masing dengan fungsi dan movement yang berbeda. Untuk model dasar (diawali SBDC) menggunakan movement 6R15, sedangkan yang berupa chronograph menggunakan movement 8R49. Ada juga model dengan fungsi GMT dan menggunakan movement Spring Drive khas Seiko.

Sampai saat ini meski seri Transocean secara distribusi masih untuk pasar domestik Jepang/Japanese Domestic Market (JDM), namun di jamtangan.com anda dapat memperoleh jam tangan inovasi Seiko terbaru ini tanpa harus jauh-jauh pergi ke Jepang dan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa juga untuk subscribe newsletter kami untuk mendapat voucher belanja dan info ter-update mengenai produk dan promo terbaru dari jamtangan.com

 

DJO/jamtangan.com

Total
0
Shares
Previous Article

Memahami Fungsi Bezel Pada Diver's Watch

Next Article

Menentukan Mata Angin dengan Jam Tangan

Related Posts
Total
0
Share