TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche, Desain Porsche 911 di Jam Tangan Mewah

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche

Setelah memulai kerjasama pertamanya pada 2021, kini TAG Heuer dan Porsche kembali berkolaborasi untuk merayakan anniversary TAG Heuer Carrera dan  Porsche 911 yang ke-60. Kolaborasi bertajuk TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche ini memadukan ciri khas TAG Heuer sebagai time keeper dengan elemen mobil sport yang unik. TAG Heuer juga mengambil model dasar Carrera “Glassbox” yang populer. 

Menariknya, subdial chronograph pada jam tangan ini dirancang dengan tampilan seperti dashboard Porsche 911. Penasaran dengan detail desain dan spesifikasinya? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini!

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Hadir dalam Dua Model

Kolaborasi TAG Heuer dengan Porsche kali ini menghadirkan dua model jam tangan yang hadir dengan stainless steel dan rose gold 18k. Model ini terinspirasi dari salah satu mobil sport legendaris dari Porsche, yakni Porsche 911. TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche  bawakan desain jam tangan dengan elemen mobil yang menarik. Lebih jelasnya, simak kedua modelnya berikut ini:

1. TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Stainless Steel CBS2011.FC6529

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Stainless Steel CBS2011.FC6529
TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Stainless Steel CBS2011.FC6529

Pertama adalah model CBS2011.FC6529, yang hadir dengan stainless steel case dan berpadu dengan dial berwarna abu-abu muda. Begitupun dengan indeks yang didesain senada dengan aksen silver. Adapun strap dari calfskin leather dengan embos logo “911”, yang menandakan kolaborasinya dengan salah satu model ikonis dari Porsche. 

2. TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Rose Gold CBS2040.FC8318 

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Rose Gold CBS2040.FC8318 
 TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche Rose Gold CBS2040.FC8318 

Berikutnya adalah CBS2040.FC8318, yang punya case dari 18k 5N rose gold yang cantik dan indeks berwarna senada. Sementara dial-nya berwarna krem yang serasi dengan calfskin leather berwarna coklat

Dilengkapi Dial ala Dashboard Mobil Sport

Detail subdial chronograph TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
Detail subdial chronograph TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche

Jam tangan ini memiliki tiga subdial dengan aksen silver yang terinspirasi dari dashboard mobil Porsche 911 di tahun 60-an. Terdapat garis merah pada inner chapter ring yang menggambarkan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 9,1 detik pada mobil tersebut. Inner bezel dengan skala menit dibuat lebih tinggi dengan tulisan “Porsche” diantara skala 35 dan 60. Sementara bagian bingkai subdial-nya diberi sandblasted finish.

Elemen mobil sport Porsche juga terdapat pada subdial di posisi pukul 6, di mana area sekitar 50 km/jam begitu disorot untuk menunjukan kecepatan yang disarankan di wilayah perkotaan. Lalu aksen merah pada subdial pada posisi pukul 9 berfungsi sebagai pengingat batas kritis mesin yang dapat menyebabkan kerusakan. Menariknya, TAG Heuer menempatkan awal garis merah pada pukul 06.30 yang mengacu pada batas 6.800 RPM.

Spesifikasi TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche

TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche memiliki case berdimensi 42 mm dan ketebalan 14,9 mm yang sudah tahan air hingga 100 meter. Kemudian dilengkapi dengan glassbox domed sapphire lengkap dengan  lapisan double anti-reflektif untuk memudahkan keterbacaan, penggunaan kaca sumber cembung ini mencari ciri khas Carrera “Glassbox”. 

Kedua jam tangan model ini juga punya jarum penunjuk jam dan menit yang dilapisi rhodium, sementara indeks dan jarum detik chronograph-nya dibuat senada dengan warna case-nya. Jam tangan ini hampir tidak memiliki bezel, namun bagian bezel di kedua sisinya memiliki brushed finish yang membuatnya elegan. 

Movement Unik yang Terinspirasi dari Mesin Porsche 911

Caseback TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche
Caseback TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche

Jam tangan ini ditenagai oleh movement TH20-08 yang berdetak sebanyak 28.800vph, memiliki 33 jewels, dan cadangan daya tahan hingga 80 jam. Movement ini terinspirasi dari mesin mobil Porsche 911 pertama, yakni Porsche 901, yang mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 9,1 detik. 

Untuk mencerminkan elemen mobil tersebut, TAG Heuer mendesain komponen movement yang unik dengan membenamkan sepasang komponen pengontrol jarum detik chronograph berbentuk siput. Fungsinya untuk memperlambat putaran jarum detik chronograph. Komponen ini diproduksi menggunakan proses LiGA berteknologi tinggi yang banyak digunakan dalam industri MEMS (Micro Electro Mechanical Systems). 

Saat chronograph-nya diaktifkan, komponen tersebut mengontrol jarum detik chronograph agar dapat bergerak dengan cepat selama 9,1 detik seperti akselerasi mobil Porsche 901. Kemudian jarum detik chronograph akan melambat secara bertahap, lalu kembali bergerak dengan cepat setiap melewati skala 0-9,1 yang berwarna merah pada inner bezel. Oleh karena, itu jam tangan ini disebut “chronosprint”.

Kamu dapat melihat keindahan mekanisme movement dan kerumitanya pada caseback transparan, yang dilengkapi rotor dengan desain mirip kemudi palang tiga yang ikonis dari Porsche.

Kabarnya, TAG Heuer Carrera Chronosprint x Porsche mulai dirilis pada September 2023 ini dan tidak diproduksi secara terbatas, sehingga kamu tak akan kehabisan. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com ya! Sambil nunggu, kamu bisa cek koleksi TAG Heuer lainnya di sini. 

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
AVI-8 Hawker Harrier II AV-4056-05

Review AVI-8 Hawker Harrier II, Desain yang Terinspirasi Pesawat Tempur "Jump Jet"

Next Article
Swatch x Blancpain Bioceramic Scuba Fifty Fathoms

Swatch x Blancpain Bioceramic Scuba Fifty Fathoms Terinspirasi 5 Samudra dan Biota Laut

Related Posts
Total
0
Share