Swatch x Omega MoonSwatch Mission To The Moonphase, Ada Snoopy Tidur di Bulan!

Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Swatch kembali melakukan kolaborasi bersama Omega dengan merilis jam tangan MoonSwatch terbaru yaitu Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase ref. SO33W700. Jam tangan ini didesain dengan skema warna all-white pada case, strap, bezel, dan dial sehingga tampak clean

Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Yang menarik adalah pada jam tangan terbaru terdapat karakter Peanut Snoopy. Bahkan, pada subdial indikator moonphase, terlihat ada Snoopy sedang tertidur di bulan sabit dengan sebuah pesan yang akan dijelaskan pada ulasan di bawah ini. Simak artikelnya sampai tuntas. 

Karakter Snoopy pada Dial Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Karakter Snoopy pada jam tangan Omega Speedmaster
Karakter Snoopy pada jam tangan Omega Speedmaster

Karakter Snoopy sebenarnya pernah muncul pada jam tangan Omega Speedmaster dan tokoh kartun ini dipilih NASA sebagai lambang pencapaian luar biasa selama misi ke bulan. Pertama kali diberikan pada tahun 1968, Silver Snoopy Award adalah penghargaan khusus yang diberikan kepada karyawan dan kontraktor NASA atas pencapaian terkait keselamatan penerbangan manusia dan keberhasilan misi yang dijalankan. 

Silver Snoopy Award dari NASA
Silver Snoopy Award dari NASA

Karakter Snoopy telah muncul dalam tiga model Speedmaster yang berbeda selama beberapa tahun. Sambutan yang positif dari watch enthusiast tentang karakter Snoopy pada sebuah jam tangan membuat Swatch memunculkannya pada koleksi MoonSwatch Mission to the Moonphase yang tampak begitu atraktif.

Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Desain Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Case Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Case Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Secara garis besar, desain Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase mengikuti pendahulunya dengan menggunakan Bioceramic case. Case-nya berdiameter 42 mm, ketebalannya 13,7 mm, dan lug-to-lug 47,3 mm. Bentuk case-nya cukup familiar karena mirip koleksi Omega Speedmaster. Sedangkan untuk melindungi dial, jam tangan ini menggunakan box-shaped biosourced glass. Pada Bioceramic insert bezel putih terdapat skala tachymeter menggunakan angka warna hitam.

Caseback Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Caseback Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Bioceramic crown diapit oleh chronograph pusher yang diletakan pada pukul 2 dan 4. Sedangkan caseback-nya menampilkan tutup baterai kecil yang dapat diakses oleh pengguna. Dan meskipun model MoonSwatch original memiliki ilustrasi realistis planet-planet, tetapi jam tangan MoonSwatch terbaru justru dihiasi gambar kartun bulan dengan permukaanya diberi ilustrasi tekstur bulan dan ada jejak kaki Snoopy yang terletak pada penutup baterai yang terlihat dari caseback. Untuk water resistant, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 30 meter.

Dial Putih Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Dial Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Dial Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Untuk melengkapi profil all-white, koleksi terbaru ini menggunakan dial warna putih yang sesuai dengan tema white lacquer dial Omega Speedmaster Moonwatch. Mirip seperti dial warna putih andalan Omega Speedmaster, hands dan berbagai elemen pada dial jam tangan ini juga menggunakan aksen warna hitam. Namun, subdial pada pukul 2 diganti menjadi indikator moonphase yang menampilkan gambar Snoopy sedang tidur di atas gambar grafis bulan sabit pada moonphase disc yang bergerak. 

Karakter Snoopy sedang berbaring di atas bulan 
Karakter Snoopy sedang berbaring di atas bulan 

Display moonphase-nya diisi lume berwarna biru. Untuk menambah detail agar tampilannya lebih fun, di bawah sinar UV, pengguna dapat melihat kutipan tersembunyi bertuliskan, “I can’t sleep without a night light!” (Saya tidak bisa tidur tanpa cahaya malam!). Indeks marker, jarum jam, jarum menit, dan ujung jarum detik chronograph diisi Super-LumiNova yang akan menyala berwarna hijau sehingga jam tangan bisa terbaca pada kondisi minim cahaya.

Movement dan Strap Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Strap Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase
Strap Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase

Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase menggunakan quartz chronograph moonphase movement. Swatch tidak menyebutkan secara spesifik movement apa yang digunakan pada jam tangan ini. Meskipun demikian, para watch enthusiast dapat menebak jika movement-nya adalah jenis ETA tertentu. Berdasarkan layout dan fungsi yang diterapkan pada jam tangan, kami memperkirakan jika itu adalah varian dari 4-jewel ETA caliber G10.962 quartz chronograph moonphase movement

Meskipun desain ETA standar menawarkan fungsionalitas tambahan berupa date display dan subdial jarum jam chronograph pada pukul 10, tetapi jam tangan ini tidak menghadirkan fitur tersebut. Koleksi ini masih menampilkan tiga subdial, pada pukul 2 adalah Snoopy moonphase, subdial pada pukul 6 adalah indikator chronograph 60 menit, dan subdial pada pukul 10 adalah detik utama. Untuk melengkapi skema warna all-white, Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase dilengkapi Velcro strap warna putih dengan white Bioceramic hardware.

Swatch x Omega MoonSwatch Mission to the Moonphase akan dirilis secara resmi pada 26 Maret 2024 dan dibanderol dengan harga US$310 atau sekitar Rp4,8 jutaan. Kalau jam tangan warna putih belum dikoleksi, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengoleksi jam tangan ini. Tunggu saja kehadirannya di Jamtangan.com. Kamu juga bisa memilih model jam tangan Swatch lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Citizen Series 8 890 Mechanical

Mirip Royal Oak! Ini Koleksi Terbaru Citizen Series 8 890 Mechanical

Next Article
JT Store Aeon Deltamas Cikarang

Jamtangan.com Buka Toko Offline Ke-12 di AEON Mall Deltamas Cikarang dalam Momen 10th Anniversary 

Related Posts
Total
0
Share