Stabilitas Akurasi Jam Tangan “Superstar Asia” Seiko dan Seagull

Stabilitas Akurasi Jam Tangan “Superstar Asia” Seiko dan Seagull

Akurasi sebuah jam tangan merupakan hal yang krusial. Selain sebagai fashion item, jam tangan tetap harus berfungsi sebagai fungsi utamanya; penunjuk waktu.

Beberapa waktu lalu quartz movement menjadi sangat populer di masyarakat. Akurasinya yang baik dan harganya yang lebih terjangkau membuatnya lebih dipilih pada masyarakat kebanyakan. Namun, bukan berarti popularitas jam tangan mekanik (mechanical watch) menurun, sebaliknya, jam tangan mekanik menjadi sebuah komoditas di kalangan masyarakat. Banyaknya peminat yang berangkat dari hobi dan para peminat yang berasal dari kalangan fashionista membuat industri jam tangan mekanik semakin berkembang.

Seiko dan Seagull merupakan dua brand superstar di kawasan Asia hingga Eropa. Keduanya konsisten berada di urutan atas dari segi originalitas dan kualitas. Berikut ini kami mencoba mengukur akurasinya dengan menerapkan teknik sederhana yang beberapa waktu juga kami bagikan di blog machtwatch (baca di sini). Metodenya cukup sederhana, menggunakan jam digital internet clocktab.com sebagai jam atom, lalu mencatat akurasinya secara berkala. Perlu diingat bahwa posisi jam tangan menentukan akurasi jam tersebut. Hal ini karena pengaruh gravitasi yang berefek pada mesin jam tangan. Kami mencobanya dalam 5 x 24 jam dengan beberapa posisi berbeda.

Seagull 813.581
Jam tangan ini menggunakan ST2553 automatic mechanical movement 25 jewels yang memiliki frekuensi movement vibration; 21600 serta dilengkapi hack function yang berfungsi menghentikan jarum detik saat mencocokan jam.

IMG_20150730_145850_HDRGambar 1. Seagull 813.581


Hari Ke-1; posisi miring kanan (dengan crown yang menyangga)
Hari Ke-2; posisi miring kiri (crown ada di bagian atas)
Hari Ke-3; posisi tengkurap (jam menghadap ke bawah)
Hari Ke-4; posisi terlentang (jam menghadap ke atas)
Hari Ke-5; posisi random (berpindah tempat dan posisi secara acak)

+19 dt
-8 dt
+9 dt
-11 dt
-10 dt


Dari hasil di atas maka didapatkan nilai akurasi -11/+19 per hari. Hal ini bisa berbeda di tiap unit jam tangan karena setiap jam tangan memiliki perakitan yang ekslusif (memakai tenaga manusia). Namun, hasil tersebut bisa menjadi acuan, terutama bagi penggiat jam tangan yang biasanya sangat teliti. Hasil tersebut juga menunjukkan naik-turunnya akurasi karena posisi. Pada hari ke-5 pada posisi random, menunjuk pada posisi -10 detik dan membuktikan bahwa jam tangan ini tetap stabil meski digunakan dalam kegiatan yang sangat padat dan melibatkan banyak gerakan fisik.

Seiko Prospex Diver Scuba SBDC001
Jam tangan ini menggunakan mesin 6R15 calibre yang juga memiliki frekuensi 21600 b/s. Jam automatic ini juga dilengkapi dengan fitur hack serta fitur tambahan; hand winding (dapat diputar secara manual).

IMG_20150730_151521_HDRGambar 2. Seiko Prospex SBDC001


Hari Ke-1; posisi miring kanan (dengan crown yang menyangga)
Hari Ke-2; posisi miring kiri (crown ada di bagian atas)
Hari Ke-3; posisi tengkurap (jam menghadap ke bawah)
Hari Ke-4; posisi terlentang (jam menghadap ke atas)
Hari Ke-5; posisi random (berpindah tempat dan posisi secara acak)

+12 dt
+6 dt
+5 dt
-6 dt
-6 dt


Hasil di atas menunjukkan bahwa Seiko Prospex SBDC001 memiliki performa yang sangat baik. Hal ini mendukung konsep jam tersebut yang merupakan diver watch atau jam untuk kegiatan menyelam. Berada di kisaran akurasi -6/+12 per hari sudah tentu jam tangan ini cocok di segala medan terutama dikenakan untuk menyelam.

gRAFIK-postGambar 3. Grafik Akurasi Seagull 813.581 dan Seiko SBDC001 dengan COSC

Epilog
Dari tes di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua brand jam tangan tersebut memang layak mendapatkan tempat di Hall-1 Baselworld. Selain itu, dengan akurasi jam sebaik itu, mereka juga memasarkannya dengan harga yang tidak terlalu tinggi. Ini tentunya memberi nilai tambah, terutama dalam bersaing di pasar Asia. Kedua produk yang telah dites tersebut masih merupakan produk kelas menengah oleh brand masing-masing. Produk-produk mereka yang memiliki kelas lebih tinggi tentunya disertai dengan kualitas akurasi yang premium pula. Produk-produk premium dari kedua brand tersebut kini bahkan telah bersaing di pasar Eropa. Bravo, Asia! (fbi/machtwatch)

Beli Seagull 813.581 | Beli Seiko Prospex SBDC001