Sejarah & Segala Hal Tentang California Dial

jam tangan California Dial

Dalam sejarah industri watchmaking, dial jam tangan hampir selalu dihiasi oleh beberapa elemen penting, seperti indeks marker, trek menit, hands, subdial, serta finishing yang membuatnya memiliki visual mengesankan. Salah satunya adalah jam tangan dengan California dial

Jam tangan Rolex dengan California dial
Jam tangan Rolex dengan California dial

Sebagian orang awam mungkin masih belum begitu familiar dengan istilah tersebut. Jika kamu salah satunya, artikel di bawah wajib dibaca. Jadi tidak perlu berlama-lama lagi, simak sejarah tentang California dial dalam artikel di berikut ini.

Apa Itu California Dial?

Jam tangan dengan California dial
Jam tangan dengan California dial

California dial adalah model jam tangan yang menampilkan dial dengan perpaduan angka Arab dan Romawi sebagai hour marker. Pada umumnya, California dial ditandai dengan angka Romawi I, II, X, dan XI, serta angka Arab 4, 5, 7, dan 8. Pada pukul 3, 6, dan 9 menggunakan indeks bar, sedangkan pada pukul 12 memakai indeks berbentuk segitiga atau segitiga terbalik.

Beberapa Teori tentang California Dial

Beberapa model jam tangan yang menggunakan California dial
Beberapa model jam tangan yang menggunakan California dial

Sebenarnya, ada beberapa teori tentang bagaimana julukan “California dial” muncul, tetapi tidak ada yang bisa menjamin 100% versi mana yang benar. Salah satu teori menyatakan jika masyarakat California di Amerika Serikat sangat menyukai jam tangan dengan angka campuran di tahun 1930-1940-an. Namun, ada teori lain juga yang menyatakan bahwa ada sebuah dealer di California di tahun 1980-an yang menjual beberapa model jam tangan dengan begitu banyak model dial dengan tampilan dial tersebut. Dan dari sanalah nama California dial muncul.

Hasil kerja Kirk Rich, dial refinisher di California
Hasil kerja Kirk Rich, dial refinisher di California

Walaupun demikian, ada sebuah teori lain tentang penamaan California dial yang dianggap akurat dan itu berasal dari James Dowling, yaitu co-author buku Rolex yang terkenal berjudul “The Best Of Time: Rolex Wristwatches”. Dowling menjelaskan bahwa di tahun 1970-an, ketika booming jam tangan vintage, sebuah rumah modifikasi dial berbasis di California, Los Angeles, bernama Kirk Rich, menciptakan beberapa dial unik dengan desain separuh angka Romawi dan separuh angka Arab. 

Kala itu, Kirk Rich Dial Co dianggap sebagai yang terbaik untuk bidang tersebut dan memiliki spesialisasi dalam desain khusus. Perlu dicatat bahwa Kirk Rich Dial Co. tidak menciptakan desain California dial, tetapi hanya menyempurnakannya. Model dial semacam itu pun menjadi sangat populer sehingga banyak toko jam tangan vintage di California mengirimkan jam tangan mereka pada Kirk Rich. Selanjutnya, dealer dan kolektor jam tangan pada periode tersebut mulai menyebutnya sebagai jam tangan dengan California dial.

Sejarah California Dial

Rolex ref. 3595
Rolex ref. 3595

Sebenarnya, ada dua watchmaker brand kunci yang mengembangkan dan meluncurkan California dial, yaitu Rolex dan Panerai. Di tahun 1934, Rolex mulai mengembangkan jam tangan yang menampilkan California dial dalam bagian-bagian yang sangat dikenali, seperti ref. 3595 atau lebih dikenal sebagai “Bubbleback”. Jam tangan tersebut terlihat sangat keren, dilengkapi leather strap dan rose gold hands dan indeks marker

Dua tahun kemudian, Rolex dan Angkatan Laut Italia meminta Officine Panerai membuat diver’s watch permintaan dari tim spesialis penyelam. Kriteria jam tangan dibuat sederhana, harus tahan tekanan dan air, serta memiliki visibilitas tinggi di malam hari dan saat berada di bawah air. Panerai meminta bantuan Rolex untuk menciptakan jam tangan yang layak untuk Angkatan Laut Italia. Selanjutnya, Panerai melalui pabrik Rolex memproduksi ref. 3646 menggunakan Oyster case berdiameter 47 mm dan dibekali Rolex movement caliber 618. Sebagian dari jam tangan tersebut dilengkapi California dial yang memiliki visibilitas baik di bawah air maupun di malam hari. 

Panerai ref. 3646
Panerai ref. 3646

Diakui bahwa angka Arab dan Romawi berukuran besar memungkinkan luminous paint diterapkan lebih tebal sehingga bisa terlihat lebih jelas di malam hari. Pada tahun 1942, Rolex diberikan paten untuk kreasi jam tangan yang menggunakan dial dengan separuh angka Arab dan separuh angka Romawi. Sejak saat itu, Rolex memproduksi re-make jam tangan yang sangat ikonis tersebut. Saat ini, hanya ada sedikit model jam tangan keluaran terbaru yang menampilkan California dial.

Jam tangan dengan California dial pada kondisi gelap
Jam tangan dengan California dial pada kondisi gelap

Demikianlah sejarah tentang California dial yang memiliki tampilan mengesan yang mulanya memang dirancang untuk diver’s watch. Dapatkan koleksi divers’watch dari watchmaker brand lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Seiko Alpinist Terbaik

Pecinta Alam Harus Punya nih! Deretan Seiko Alpinist Terbaik untuk Dikoleksi

Next Article
Casio World Time Under 600 Ribu

Deretan Jam Tangan Casio World Time Under 600 Ribu

Related Posts
Total
0
Share