Seiko SBDX012 Prospex 50 Anniversary

Seiko SBDX012 Prospex 50 anniversary Seiko Diver series, merupakan salah satu jam tangan diver terbaru dari Seiko Prospex. SBDX012 merupakan Marinemaster 300 yang mempunyai model sama dengan SBDX001 dengan perbedaan detail dan warna. Jam tangan ini mengambil desain dari vintage Seiko Diver professional 6159-7001 yang merupakan jam tangan dengan konstruksi monocoqoue pertama di dunia. Sebelumnya Seiko Marinemaster 300 SBDX001 juga mengambil desain yang sama dengan perbedaan warna, mesin dan finishing yang lebih modern. Namun pada SBDX012, karena merupakan edisi special 50 anniversary Seiko membuat jam tangan diver, SBDX012 menggunakan kombinasi warna yang sama dengan vintage 6159-7001.

urlGambar 1. Seiko SBDX012 Prospex Marinemaster 300 anniveersary 50 tahun Seiko Diver.

Seiko Prospex Marinemaster merupakan salah satu lini Seiko Diver yang cukup digemari, karena mempunyai spek yang disesuaikan dengan kebutuhan para penyelam, serta mempunyai sejarah panjang. Desain Seiko SDX012 yang mempunyai konstruksi monocoque atau satu lapis casing, merupakan salah satu desain yang tahan lama dan tak lekang waktu. Sudah lebih dari 30 tahun desain ini digunakan pada jam tangan professional Diver dari Seiko. Desain monocoque mempunyai keunggulan mampu menahan helium masuk, karena casebacknya rapat. Celah hanya ditemukan pada perpotongan antara bezel dan body, namun terdapat seal yang mampu menahan tekanan air.

Desain ini cukup cerdas, karena Seiko yang mempeloporinya. Disaat brand lain membuat jam tangan diver dengan tingkat tahan air di kedalaman yang sangat dalam, Seiko malah membuat jam tangan diver yang mempunyai water ressist 300 meter, namun mempunyai ketahanan helium yang hanya ditemui pada jam tangan diver dengan spek ketahanan air diatas 300 meter. Seiko memang cukup passionate dalam membuat jam tangan diver. Pada SBDX012 Seiko seolah-olah ingin mengajak para penggemar jam tangan diver kembali ke era akhir 60 an. Yang cukup menarik, permukaan cashing dan bracelet pada jam ini dilapisi diashield coating yang meminimkan scratch jika tergores.

Seiko_SBDX012_1_zps7b2c6617

Gambar 2. Seiko SBDX012 dikemas dengan kotak yang sporty dan dilengkapi rubber strap dengan gold buckle.

Salah satu ciri khas dari SBDX012 ini ialah penggunaan warna gold pada detail-detail tertentu, seperti bezel marker, hands, marker. Warna gold sendiri digunakan Seiko pada vintage 6159-7001. Sehingga SBDX012 mempunyai aura vintage yang cukup kental. Selain itu pada movement, Seiko tetap membenamkan 8L35 yang merupakan movemen Grand Seiko namun tanpa regulasi dan dekorasi. Walau tanpa regulasi, namun akurasi tetaplah baik, berkisar antara +15 sampai -10 detik per hari. Cukup baik, mengingat SBDX012 dirancang sebagai tool’s watch yang siap menemani anda menyelam melihat keindahan alam bawah laut.

 

Total
0
Shares
Previous Article

Seiko SBDC027 Prospex 50 Anniversary

Next Article

G-Shock Bluetooth Series, Tangguh Dan Canggih

Related Posts
Total
0
Share