Seiko 6306 MSST, Warisan Ekspedisi Antartika

Seiko 6306 MSST, Warisan Ekspedisi Antartika
Foto: Properti Ekspedisi Antartika 1979-1980 | AbeBooks.com

Beberapa waktu yang lalu di pertengahan tahun 2019, eBay memperlihatkan feed yang menampilkan jam tangan Seiko 6306 dengan caption: “Rare, marked dial”. Model yang ditampilkan tersebut adalah Scubapro 450 yang diproduksi bersama dengan perusahaan peralatan selam.

Dial Seiko 6306 dilengkapi dengan komplikasi tanggal huruf arab dan huruf Kanji. Selain itu Seiko 6306 juga memiliki hacking movement yang memungkinkan jam ini dapat berhenti berosilasi.

Ekspedisi Antartika – The McMurdo Sound Sediment and Tectonic Study

Terdapat tulisan “MSST1979-80” di jam tangan ini di bawah tulisan Water 150m Resist di posisi jam 6. Kode “MSST1979-80” sendiri merujuk pada penelitian di Antartika antara tahun 1979-1980 yang diselenggarakan oleh kelompok ilmuwan. Kelompok ilmuwan tersebut merupakan anggota fakultas Victoria University of Wellington dan Profesor Emeritus di Pusat Penelitian Antartika.

Justin Couture seorang watch enthusiast menemukan jam tangan ini di eBay dan ia tak berpikir dua kali untuk membelinya. Tak sebatas membeli jam tangan langka itu, rasa penasaran membuatnya mencoba menelusuri kode “MSST1979-1980”. Ternyata kode tersebut membawa Justin ke sebuah kisah penelitian di tahun 1979-1980 yakni Ekspedisi Antartika bernama The McMurdo Sound Sediment and Tectonic Study.

Foto: Pengeboran Sedimen di Antartika untuk sampel penelitian. | Seiko & Citizen Watch Forum

Secara singkat, cerita ini bermula dari topografi Antartika dimana 97,6% wilayahnya ditutupi es. Es Antartika mewakili 90% area yang ditutupi es di seluruh dunia. Benua ini dibagi menjadi 2 lapisan es yakni Antartika Timur dan Antartika Barat. Antartika Timur kurang lebih seluas wilayah Amerika Serikat. Antartika Barat mengalirkan es menuju ke barat, sedangkan Antartika Timur membawa lapisan es ke arah timur. Di kedua wilayah ini dipisahkan oleh pegunungan bernama Transantartic.

Foto: Antartika Barat dan Timur | wikipedia.org

Nah, di pegunungan Transantartic inilah para ilmuwan mengambil sampel penelitian dengan mengebor lapisan es di sepanjang jalur Mountain Front di Transantartic. Dari sampel sedimen es tersebut peneliti dapat mempelajari sejarah gletser di Antartika antara 50-10 juta tahun yang lalu.

Foto: Kegiatan Ekspedisi Antartika 1979-1980 | Seiko & Citizen Watch Forum

Proyek ini merupakan kolaborasi antara Victoria University of Wellington dengan Ekspedisi Penelitian Antartika Jepang serta dibantu oleh organisasi di AS dan Australia.

Ekspedisi penelitian tersebut dipimpin oleh Dr. Tetsuya Torii. Beberapa ilmuwan yang terlibat dalam ekspedisi ini dihadiahi Dr. Torii peralatan penelitian selama di Antartika dan jam tangan Seiko 6306 yang kini menjadi barang langka peninggalan Ekspedisi Antartika.

Hmm, ternyata sebuah jam tangan bisa seperti mesin waktu yang mengantarkan kita kembali ke masa tertentu. Nah buat Anda pecinta brand Seiko, Anda bisa cek situs Jamtangan.com dan jelajahi pilihan produk Seiko dengan harga yang oke. Di Jamtangan.com Anda bisa belanja online dengan fitur gratis ongkir hanya dengan download mobile app-nya. Tunggu apalagi? Segera buka aplikasinya 🙂

Categories: Seiko, Watch Reviews
Tags: 6306, MSST, seiko