Winding up,
Almost Ready ...

Review Timex Q Chronograph Blue Panda: Tampil Segar dengan Warna Baru

by Fazriano Oct 08, 2024 5 min read
Review Timex Q Chronograph Blue Panda: Tampil Segar dengan Warna Baru

Dimensi dan Finishing Case

Timex Q Chronograph TW2W51600 di pergelangan 7,5 inchi
Timex Q Chronograph TW2W51600 di pergelangan 7,5 inchi

Desain yang diusung seri Timex Q banyak mengambil inspirasi dari sports racing watch tahun 1970-an. Sama dengan dimensi pendahulunya, Timex Q Chronograph TW2W51600 dirancang dengan stainless steel case dengan diameter 40 mm, lug to lug 46 mm, dan tebal 13,5 mm. Diameter yang sedang dengan lug to lug yang pendek bekerjasama dalam memberikan pengalaman pemakaian yang nyaman. Menurut kami, dimensi tersebut masih cocok untuk pergelangan 6 inchi ke atas. Pada posisi angka tiga kamu akan menemukan signed crown dan dua buah pusher. Meneruskan desain racing watch, jam tangan ini dibekali dengan tachymeter bezel berwarna navy blue yang berguna untuk mengukur kecepatan. Jam tangan ini mendukung ketahanan air 50 meter.

Timex Q Chronograph TW2W51600 signed crown
Signed crown pada Timex Q Chronograph TW2W51600

Case jam tangan ini memiliki finishing yang bertransisi antara brushed dan polish. Finishing brushed sebagian besar berada di permukaan atas bracelet dan permukaan hooded lug, sedangkan finishing polished berada di atas dan samping case. Kombinasi finishing tersebut memberikan kilauan yang cantik saat terkena cahaya dari berbagai sisi. Permainan cahaya paling menarik menurut kami terletak pada bracelet yang dibuat flat pada permukaan atasnya. 

Timex Q Chronograph TW2W51600 Bracelet
Hooded lug dan bracelet Timex Q Chronograph TW2W51600

Memiliki desain bracelet yang berbeda dengan pendahulunya, jam tangan ini dibekali dengan bracelet yang terlihat mirip dengan bracelet PRX. Brushed finish pada bracelet memantulkan cahaya yang terlihat seperti mengalir saat digerakan. Bracelet jam tangan ini memiliki tapered yang tidak hanya mempercantik desain case, tetapi juga menambah kenyamanan. Selain itu, bracelet ini memiliki quick release spring bar yang mempermudah dalam melepas pasang strap. Clasp pada bracelet memiliki konstruksi 3-fold dengan double push button tanpa micro adjustment, serta diberikan logo Timex pada sisi luarnya.

Timex Q Chronograph TW2W51600 clasp
Clasp Timex Q Chronograph TW2W51600

Blue Panda Dial

Timex Q Chronograph TW2W51600 dial
Dial Timex Q Chronograph TW2W51600

Kombinasi warna dial yang gelap, biasanya hitam, dengan subdial yang kontras berwarna putih biasanya dijuluki “reverse panda”. Namun, Timex memberikan nafas segar dengan memberikan dial dan bezel tachymeter berwarna navy blue. Warna biru yang digunakan pada jam tangan ini tergolong sangat gelap karena dalam cahaya redup atau dalam bayangan, dial dan bezel terlihat seperti hitam.

Timex Q Chronograph TW2W51600 sub dial
Sub dial menit chronograph pada dial Timex Q TW2W51600

Pada dial terdapat tiga subdial berwarna putih dengan teks hitam dan hands bergaya baton biru. Subdial pada posisi jam 3 menunjukan jam dalam skala 24 jam yang mengikuti penunjuk jam utama, subdial pada posisi jam 6 menunjukan menit untuk chronograph, sedangkan subdial pada posisi jam 9 menunjukan detik waktu utama atau running second. Pada tepi dial terdapat minute tracker berwarna putih. Pada posisi pukul 12 terdapat teks “TIMEX” dan “CHRONOGRAPH QUARTZ” berwarna putih. Pada posisi pukul 4:30 terdapat date window tanpa frame yang membingkai date wheel berlatar putih dan teks hitam.

Logo Q di bawah kaca cembung Timex Q Chronograph TW2W51600

Hampir seluruh marker dan hands pada jam tangan ini bergaya baton. Jarum detik chronograph pada jam tangan ini bergaya lollipop. Uniknya, marker pukul 12 diganti dengan logo “Q” khas seri Timex Q. Melihat jam tangan ini sekilas, logo tersebut tidak terlalu terlihat karena terdistorsi oleh boxed mineral crystal yang melindungi dial. Pilihan kaca tersebut berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan kaca akrilik. Untuk melihat dalam gelap, jam tangan ini dibekali dengan lume pada hands dan marker.

Japan Quartz Chronograph Movement Epson YM12

Timex Q Chronograph TW2W51600 battery hatch and quick release system
tutup baterai pada Timex Q Chronograph TW2W51600

Jam tangan ini dibekali dengan Japan quartz chronograph movement dari Epson caliber YM12. Movement ini memiliki layout tiga jarum pada central pinion dan tiga sub dial serta memiliki komplikasi tanggal. Jika menggunakan baterai baru, jam tangan ini diperkirakan memiliki battery life selama 5 tahun. Seperti movement quartz pada umumnya, jam tangan ini memiliki akurasi -+20 detik per bulan.

Bezel tachymeter untuk mengukur kecepatan ketika digunakan bersama komplikasi chronograph

Komplikasi chronograph pada jam tangan ini dapat diaktifkan melalui pusher di atas crown. Ketika diaktifkan, jarum detik chronograph tidak berdetak seperti detik pada jam tangan quartz biasa, melainkan menyapu seperti jam tangan mekanis. Chronograph pada movement ini tidak hanya bisa menghitung elapsed time, tetapi juga accumulated elapsed time, dan split time. Selain itu, chronograph movement jam tangan ini mampu mengukur durasi hingga 60 menit dalam skala 1/5 detik.

Kesimpulan

Timex Q Chronograph TW2W51600

 

Timex Q Chronograph menawarkan desain retro modern yang banyak digemari oleh watch enthusiast. Dengan dirilisnya Timex Q Chronograph TW2W51600, Timex menawarkan desain lama dengan warna yang lebih segar. Menurut kami, desain bracelet terbaru pada jam tangan ini lebih cocok untuk desain hooded lug dibanding desain bracelet pada generasi sebelumnya. Hal ini karena menghasilkan transisi yang seragam, terutama dengan brushed finish yang diberikan. 

Dibanderol dengan harga Rp4,2 jutaan, Timex Q Chronograph TW2W51600 menggaruk rasa gatal untuk memiliki jam tangan retro modern yang nyaman di tangan. Mengingat karakteristik mineral crystal yang lebih sulit dipoles jika tergores namun lebih tahan impact, dan acrylic crystal yang mudah tergores namun mudah dipoles, pergantian tersebut masih menjadi perdebatan apakah upgrade atau downgrade? Kami mengundang anda untuk berdiskusi di kolom komentar mengenai kekurangan dan kelebihan acrylic crystal dan mineral crystal. Cek koleksi Timex Q Chronograph lainnya di JAMTANGAN.COM.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more