Review: Seagull FKJB Manual Mechanical Aviation Chronograph Limited Edition

Review: Seagull FKJB Manual Mechanical Aviation Chronograph Limited Edition

Seagull FKJB dikenal juga dengan sebutan 1963. Seri ini merupakan seri yang sangat populer meski dengan label “limited edition” atau edisi terbatas. Seri ini merupakan produk yang berstatus “export-only” atau hanya dipasarkan di luar Cina. Terbukti, sempat dibahas di suatu forum dan sempat dibuktikan sendiri oleh salah satu pengguna forum tersebut dengan datang ke Beijing dan Tianjin kemudian mendapati bahwa FKJB atau 1963 ini memang hanya dipasarkan di luar Cina.

MmZKDGambar 1. Tampak Belakang Case, Terlihat Movement Manual ST1901

Seagull FKJB Manual Mechanical Aviation Chronograph Limited Edition, sesuai namanya, menggunakan movement manual mechanical yang dalam pengoperasiannya menggunakan hand winding. Jam ini merupakan tribute dari seri awalnya (yaitu 1963) yang merupakan jam tangan yang dibuat khusus militer Cina. Mesin berlabel ST1901 yang ada di dalam jam tangan ini memiliki vibrasi 21600/detik, memiliki fungsi chronograph dan cukup stabil akurasinya (-9/+3 per hari, detil lihat tabel).


Hari Ke-1; posisi miring kanan (dengan crown yang menyangga)
Hari Ke-2; posisi miring kiri (crown ada di bagian atas)
Hari Ke-3; posisi tengkurap (jam menghadap ke bawah)
Hari Ke-4; posisi terlentang (jam menghadap ke atas)
Hari Ke-5; posisi random (berpindah tempat dan posisi secara acak)

-3 dt
-9 dt
-8 dt
-8 dt
+3 dt

sumber: machtwatch

 

YbbXz

Gambar 2. Strap Seagull FKJB yang Diganti

Produk ini menggunakan strap NATO Canvas yang cenderung ringan namun kuat. Sebagian penggila jam tangan ini bahkan mengganti strapnya dengan style-nya sendiri. Desain jam tangan ini memang cukup dinamis mengingat dasarnya yang beraroma militer. Namun, jam tangan ini agaknya tak terlalu kuat dengan tekanan air berlebih. Terbukti pada spesifikasinya yang hanya berlabel 5 ATM pada fitur water resistant. (fbi/machtwatch)

foto: watchuseek

Beli Seagull FKJB Manual Mechanical Aviation Chronograph Limited Edition