Rekomendasi 7 Jam Tangan Analog Solar dari Brand Jepang

Jam Tangan Analog Solar
Jam Tangan Analog Solar

Apa yang Dimaksud Jam Tangan Analog Solar?

Jam tangan analog solar adalah jenis jam tangan dengan tampilan analog (dengan hands) yang menggunakan tenaga matahari atau sinar dari sumber lainnya sebagai sumber daya untuk mengisi baterainya. Cara kerjanya adalah dengan penggunaan solar panel yang biasanya terletak di bagian dial jam tangan. Panel ini bertugas untuk menangkap sinar matahari (atau sumber cahaya apapun) lalu kemudian mengubahnya menjadi energi untuk baterai jam tangan kamu. Energi yang disimpan di baterai, lalu akan di salurkan ke quartz movement.

Jam tangan analog solar ada dari berbagai macam brand. Namun kali ini Minwatch akan memberikan rekomendasi jam tangan analog solar dari brand asal Jepang. Koleksinya hadir mulai dari brand Seiko, Casio, hingga Citizen yang akan Minwatch review lebih lanjut.

Jajaran Jam Tangan Analog Solar dari Brand Jepang

1. Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph

    Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph
    Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph

    Rekomendasi pertama datang dari brand Seiko. Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph merupakan Prospex Speedtimer yang spesifikasinya dapat digunakan untuk motorsport.

    Jam tangan asal Jepang ini dibekali dengan solar powered movement caliber V192, dengan akurasi ±15 detik per bulan. Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph juga memiliki power reserve selama 6 bulan (dengan keadaan baterai terisi penuh dan tidak terpapar cahaya). Jam tangan ini juga memiliki magnetic resistant sebesar 4.800 A/m, dan water resistant 100 meter.

    Untuk case-nya hadir dengan case material stainless steel dengan ukuran diameter 41,4 mm dan ketebalan 13 mm. Dial jam tangan ini sudah dilindungi dengan sapphire crystal yang memiliki anti-reflektif coating. Selain itu, jam tangan ini juga sudah dilengkapi dengan tachymeter untuk mengukur kecepatan. Kamu bisa dapatkan Seiko Prospex Speedtimer SSC913P1 Solar Chronograph dengan harga Rp8 jutaan.

    2. Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition

      Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition
      Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition

      Masih dari Seiko Prospex, kali ini Seiko menghadirkan Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition. Dibekali dengan solar power movement, jam tangan ini memiliki caliber V147 dengan akurasi 15 detik per bulan. Jam tangan ini memiliki power reserve hingga 10 bulan dalam keadaan penuh (full charge). Hadir sebagai diver watch standar ISO, jam tangan ini memiliki ketahanan air hingga 200 meter.

       Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition memiliki case material stainless steel dengan black hard coating. Case-nya berukuran diameter 38,5 mm dengan ketebalan 10,6 mm. Pada posisi pukul tiga, kamu dapat menemukan window date. Bezel-nya hadir dengan indikator indeks skala 10 menit, dan merupakan unidirectional rotating bezel yang dapat diputar satu arah.

      Jam tangan ini hadir dengan dial berwarna hitam pekat, karena itulah jam tangan ini masuk dalam jajaran The Black Series. Koleksi The  Black Series ini merupakan edisi terbatas dari Seiko, dan hanya diproduksi sebanyak 6.000 pieces. Kamu bisa temukan keterangan limited edition tersebut di bagian caseback yang di engrave dengan serial number. Walaupun terbatas, kamu bisa mendapatkan Seiko Prospex SNE587P1 The Black Series Limited Edition bisa kamu dapatkan dengan harga Rp6,7 jutaan.

      3. Seiko Solar SNE037P1

        Seiko Solar SNE037P1.
        Seiko Solar SNE037P1.

        Seiko Solar SNE037P1 merupakan koleksi jam tangan analog solar dari Seiko. Untuk ukuran jam tangan solar, koleksi ini memiliki harga yang cukup affordable yaitu Rp1,2 jutaan. Jam tangan ini dibekali dengan solar power movement. Selain itu, kamu juga dapat menemukan tampilan hari dan tanggal di dekat pukul tiga. Tampilannya begitu klasik dengan dial warna putih dengan 3 hands. Dial-nya sudah dilindungi dengan kaca hardlex crystal.

        Jam tangan ini memiliki stainless steel case dengan diameter 36,7 mm dan ketebalan 9,2 mm. Ukurannya cukup kecil yang cocok untuk dijadikan dress watch, dan cocok digunakan untuk pria yang memiliki pergelangan tangan kecil maupun untuk wanita. Meskipun affordable, jam tangan ini sudah dilengkapi dengan water resistant 100 meter.

        4. Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar

          Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar
          Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar

          Rekomendasi jam tangan solar analog asal Jepang berikutnya yaitu datang dari brand Casio. Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar merupakan koleksi dari lini Edifice yang merupakan jam tangan sporty modern yang cocok untuk para profesional. Jam tangan ini dibekali dengan solar power movement, yang memiliki akurasi +-20 detik per bulan. 

          Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar merupakan jam tangan tough solar yang memiliki case setipis 9,9 mm agar tampak seimbang. Jam tangan ini memiliki bezel dengan desain sporty, yang dirancang untuk digunakan oleh crew tim balap yang untuk menghitung mundur ke acara berikutnya agar tetap tepat waktu. 

          Terdapat tampilan window date di dekat pukul empat. Jam tangan ini juga sudah menggunakan sapphire crystal yang tahan gores. Untuk fitur ketahanan airnya sudah dilengkapi dengan water resistant 100 meter. Kamu bisa mendapatkan Casio Edifice Slim Line EFS-S590D-1AVUDF Tough Solar dengan harga Rp2,9 jutaan.

          5. Casio Baby-G MSG Series MSG-S500-7ADR Tough Solar

            Casio Baby-G MSG Series MSG-S500-7ADR Tough Solar
            Casio Baby-G MSG Series MSG-S500-7ADR Tough Solar

            Jam tangan analog solar yang berikutnya yaitu Casio Baby-G MSG Series MSG-S500-7ADR Tough Solar yang hadir untuk wanita. Jam tangan ini menggunakan solar powered movement dengan akurasi ±20 detik per bulan. Untuk masa hidup baterainya yaitu selama 5 bulan dalam keadaan terisi penuh.

            Case-nya hadir dengan diameter 37,1 mm dan ketebalan 10,5 mm. Tampilan analognya begitu memukau dengan dial yang berwarna putih dan case silver, yang cocok digunakan sehari-hari. Jam tangan ini memiliki 3 hands sebagai indikator jam, menit dan detik. Kamu juga bisa temukan tampilan tanggal di dekat penunjuk pukul tiga. Dial-nya yang menawan tersebut sudah menggunakan sapphire crystal.

            Casio Baby-G MSG Series MSG-S500-7ADR Tough Solar sudah dilengkapi dengan water resistant 100 meter. Kamu bisa mendapatkannya dengan harga Rp2,1 jutaan.

            6. Citizen Promaster BN2038-01L

              Citizen Promaster BN2038-01L
              Citizen Promaster BN2038-01L

              Citizen Promaster BN2038-01L merupakan rekomendasi jam tangan analog solar dari Jepang yang berikutnya. Jam tangan ini dibekali dengan solar powered movement, caliber J250 dengan power reserve 330 hari, dengan indikator power reserve di posisi pukul 9. Untuk akurasinya hadir dengan +/- 15 detik per bulan. 

              Jam tangan ini juga merupakan dive watch yang dapat kamu gunakan untuk kegiatan menyelam. Untuk ketahanan airnya sudah dilengkapi dengan water resistant 200 meter. Walaupun menyelam di lautan yang gelap, jam tangan ini tetap memiliki keterbacaan yang baik karena sudah dilengkapi dengan luminous pada indeks dan hands-nya.

              Bicara mengenai fitur cukup beragam, mulai dari window date di dekat penunjuk angka tiga, peringatan dekompresi, sensor kedalaman, Eco-Drive, peringatan bila daya tidak mencukupi, peringatan untuk maksimum kedalaman menyelam, dan sebagainya.

              Jam tangan ini ditujukan untuk para yang ingin tampil  gagah dengan diameter case 46 mm dan ketebalan 16 mm. Kamu bisa mendapatkan Citizen Promaster BN2038-01L dengan harga Rp8,4 jutaan.

              7. Citizen Promaster CB0241-85X

                Citizen Promaster CB0241-85X
                Citizen Promaster CB0241-85X

                Jam tangan analog solar yang berikutnya yaitu Citizen Promaster CB0241-85X. Jam tangan pilot ini dibekali dengan movement solar powered caliber H145, dengan power reverse selama 6 bulan. Citizen Promaster CB0241-85X memiliki fitur Eco-Drive yang canggih, yang mana dapat mengisi daya baterai dengan sumber cahaya dari manapun (tidak harus dari matahari saja). 

                Selain itu jam tangan ini juga memiliki teknologi Radio-Controlled. Dengan fitur ini, memungkinkan jam tangan kamu untuk menerima sinyal radio dari stasiun radio jam atom di seluruh dunia. Sinyal tersebut dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan waktu secara otomatis dan memberikan ketepatan waktu yang sangat akurat. Jam tangan ini memilik skala slide rule yang berfungsi untuk menghitung sisa bahan bakar, estimasi dan lainnya yang berguna untuk keperluan dunia aviasi.

                Selain memiliki fitur Eco-Drive dan Radio-Controlled, jam tangan ini juga memiliki fitur peringatan bila daya baterai sudah tidak mencukupi, peringatan bila terjadi overcharge, indikator power reserve, dan power savings.

                Jam tangan stainless steel ini hadir untuk pria dengan ukuran case 42,4 mm dengan ketebalan 11,9 mm. Dial-nya hadir dengan warna merah, yang dilindungi dengan kaca sapphire crystal. Kamu bisa mendapatkan jam tangan ini dengan harga Rp6,6 jutaan.

                Itu dia 7 rekomendasi jam tangan analog solar asal Jepang. Kamu bisa dapatkan ketujuh jam tangan di atas, di Jamtangan.com. Jangan lupa untuk segera checkout dan dapatkan jam tangan kesukaan kamu sekarang! 

                Total
                0
                Shares
                Leave a Reply

                Your email address will not be published. Required fields are marked *

                This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

                Previous Article
                King Seiko SJE095

                Dial Berpola Bunga Krisan, King Seiko SJE095 Diproduksi Terbatas 600 Unit Saja

                Next Article
                Tissot PRX Automatic Chronograph

                Jadi Incaran Watch Enthusiasts Inilah Review Tissot PRX Automatic Chronograph

                Related Posts
                Total
                0
                Share