Rayakan 100th Seiko Brand Anniversary, Seiko Rilis Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Seiko Rilis Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph Versi Reguler dan Limited Edition

Seiko merilis jam tangan Astron GPS solar-power pertama yang mengombinasikan fitur dual-time dan fitur chronograph yaitu Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph. Seri Astron terbaru ini terdiri dari empat jam tangan. Tiga model merupakan versi reguler (SSH151, SSH153, dan SSH155) dan satu model merupakan versi edisi terbatas yaitu SSH156. 

Jam tangan edisi terbatas tersebut dirilis untuk merayakan anniversary Seiko Brand Trademark ke-100 dan menjadi warisan pendiri perusahaan, Kintaro Hattori. Simak artikel di bawah ini untuk tahu lebih dalam tentang Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph.

Spesifikasi Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Pada dasarnya, keempat jam tangan Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph menggunakan desain dasar yang sama. Namun, versi edisi terbatas SSH156 menggunakan style bezel dan case berbeda sehingga dimensinya pun berbeda dengan versi reguler. Keempat jam tangan menggunakan titanium case dengan lapisan super-hard warna bening atau hitam. 

Keempat jam tangan menggunakan double-domed sapphire crystal untuk melindungi dial, memakai titanium bezel dengan ceramic insert, dan crown yang diapit oleh pusher. Koleksi ini juga menggunakan solid screw-down caseback. Untuk water resistant, keempat jam tangan memiliki ketahanan air hingga 100 meter sehingga bisa digunakan untuk berenang. Koleksi ini dilengkapi semi-integrated bracelet dengan finishing berbeda. 

Dial Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Dial Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph
Dial Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Secara garis besar, dial Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph menawarkan desain dan layout sama, meskipun warna dan finishing-nya berbeda tergantung dari masing-masing model. Walaupun desain secara keseluruhan mirip Astron chronograph yang sudah ada, tetapi subdial pada Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph telah disusun ulang dengan formasi 6-9-12, dan memiliki tujuan yang berbeda. 

LumiBrite pada Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph
LumiBrite pada Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Subdial pada pukul 12 merupakan 1/20 detik untuk chronograph dan subdial pada pukul 6 merupakan indikator dual-timezone yang berubah menjadi indikator 12 jam counter saat chronograph diaktifkan. Subdial pada pukul 9 merupakan indikator multi-fungsi yang menampilkan hari dalam seminggu, sekaligus menjadi indikator power reserve dan in-flight mode. Indeks marker dan hands keempat jam tangan ini diisi LumiBrite agar jam tangan memiliki visibilitas yang baik di tempat minim cahaya. Jendela tanggal lingkaran ditampilkan pada pukul 4:30 dengan posisi horizontal.

Movement Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph menggunakan movement caliber 5X83
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph menggunakan movement caliber 5X83

Koleksi Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph menggunakan in-house solar quartz movement caliber 5X83 yang dikalibrasi oleh frekuensi radio jam atom. Movement jam tangan bisa secara otomatis melakukan kalibrasi dengan satelit melalui sinyal GPS untuk menyamakan waktu dengan jam atom sebanyak 2x sehari. 

Walaupun demikian, movement ini juga bisa disinkronkan secara manual dengan menekan salah satu tombol pada bagian samping case. Selain dibekali solar power, menawarkan dual-time, dan fungsi chronograph, movement cal. 5X83 juga dilengkapi perpetual calendar dengan automatic daylight saving time adjustment. Bahkan, movement ini memungkinkan pengguna bisa dengan mudah melakukan swap zona waktu yang ditampilkan oleh dial utama.

Tiga Jam Tangan Versi Reguler Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph versi reguler
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph versi reguler

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph versi reguler yaitu SSH151, SSH153, dan SSH155 menggunakan case berdiameter 43,3 mm dan ketebalannya 13,4 mm. Ketiga jam tangan menampilkan minute marking menggunakan angka Arab dan kata “Chronograph” yang diukir pada bezel. Selain itu, angka Arab pada chapter ring juga terdapat UTC scale. Berikut tampilan dari ketiga jam tangan versi reguler.

1. Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH151

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH151
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH151

Jam tangan SSH151 dilengkapi titanium bracelet dan menawarkan tampilan metal yang natural. Jam tangan ini menggunakan dial hitam dengan subdial warna silver pada pukul 12 dan 6, serta subdial hitam pada pukul 9. 

2. Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH153

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH153
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH153

Jam tangan Astron SSH153 dilengkapi titanium bracelet dan menggunakan dial warna silver dan subdial warna hitam pada pukul 12 dan 6, serta subdial silver pada pukul 9.

3. Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH155

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH155
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH155

Astron SSH155 dilengkapi black-finish bracelet agar tampak serasi dan case-nya. Jam tangan ini juga menggunakan all-black dial untuk melengkapi black finish pada case dan bracelet

Jam Tangan Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph Limited Edition

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH156
Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH156

Astron SSH156 menggunakan case berdiameter 43,4 mm dan ketebalannya 14,1 mm. Jam tangan ini dilengkapi ceramic bezel hitam bersegi dan tampilannya lebih berornamen. Selain itu juga memiliki aksen gold-finish dengan black ceramic cap yang terpasang pada ujung crown dan pusher.

Caseback Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph edisi terbatas
Caseback Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph edisi terbatas

Astron SSH156 dilengkapi black-finish titanium bracelet dengan black ceramic center links dengan bagian tengah diberi high-polished yang glossy. Jam tangan edisi terbatas ini juga mendapatkan opsi black silicone strap dengan folding clasp. Koleksi ini menggunakan dial hitam, memiliki aksen yellow-gold pada indeks marker, hands, ring pada subdial pukul 12 dan 6, serta menampilkan dial dengan pola radial yang halus. Warna yellow-gold caseback juga terdapat nama founder Kintaro Hattori dan trademark “S” yang didaftarkan tahun 1924 sebagai simbol pabrik Seikosha. 

Tambahan strap pada Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph edisi terbatas
Tambahan strap pada Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph edisi terbatas

Seiko Astron GPS Solar Dual-Time Chronograph SSH151 dan SSH153 dibanderol dengan harga $2,500 USD dan versi all-black SSH155 dibanderol dengan harga $2,700 USD. Sedangkan jam tangan edisi terbatas SSH156 diproduksi 1.000 pieces dan dibanderol dengan harga $3,900 USD. Keempat jam tangan tersebut rencananya akan dirilis pada bulan Juni-Juli 2024. Kamu juga bisa cek koleksi jam tangan Seiko lainnya dengan mengunjungi website/aplikasi Jamtangan.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Timnas Indonesia

Ragnar Oratmangoen Terbaik Saat Bantai Vietnam, Ini Jam Tangan Punggawa Timnas Indonesia

Next Article
MoonSwatch & Fifty Fathoms

Ada MoonSwatch & Fifty Fathoms! Ini 5 Jam Tangan Swatch Terlaris

Related Posts
Total
0
Share