Omega Rilis Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ dengan Case Ceramic

OMEGA SEAMASTER PLANET OCEAN GMT 'DARK GREY'

Seamaster Planet Ocean 600M dianggap sebagai diver’s watch kontemporer paling modern dari watchmaker asal Swiss, Omega. Seamaster Planet Ocean 600M menawarkan performa tinggi dan cukup populer karena pernah dipakai oleh James Bond pada era Daniel Craig dalam film Skyfall (2012). Dan di tahun 2023 ini, Omega resmi merilis Seamaster Planet Ocean Dark Grey GMT Ref. 215.92.46.22.99.002 yang didominasi oleh warna dark grey atau abu-abu tua.

Omega Seamaster Planet Ocean'Dark Grey' GMT
Omega Seamaster Planet Ocean ‘Dark Grey’ GMT

Beberapa bagian jam tangan Omega Seamaster Planet Ocean ‘Dark Grey’ GMT dibuat dari material keramik yang belum pernah digunakan sebelumnya yaitu silicon nitride ceramic. Hasilnya adalah sebuah jam tangan Seamaster yang bobotnya ringan, tangguh, dan rigid. Seperti apa sih spesifikasi dan tampilannya? Yuk simak bocoran selengkapnya dari Minwatch di bawah ini!

Penggunaan Material Keramik pada Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’

Omega Planet Ocean 600m Deep Black GMT
Omega Planet Ocean 600m Deep Black GMT

Awalnya, desain Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ tampak mirip dengan Planet Ocean Deep Black, yang menggunakan ceramic case dengan fitur GMT. Namun, jam tangan terbaru ini dibuat dengan senyawa baru untuk case-nya, yaitu material keramik yang dikenal dengan silicon nitride ceramic atau Si3N4. Senyawa Si3N4 ini baru pertama kali digunakan dalam skala besar. 

Omega Seamaster Planet Ocean GMT'Dark Grey' menggunakan material keramik
Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ menggunakan material keramik

Material ini digunakan pada Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’, yaitu pada bagian case, caseback, dan bezel insert. Dan untuk model jam tangan ini, Omega memilih untuk menggunakan tampilan monokromatik dengan grey ceramic yang dicampur dengan titanium grade 5 untuk bezel, crown, helium valve dan clasp.

Case pada Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’

Case Omega Seamaster Planet Ocean GMT'Dark Grey'
Case Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’

Material keramik Si3N4 berwarna abu-abu tua yang digunakan pada case Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ menghasilkan tampilan yang soft dan terlihat serasi dengan elemen lainnya. Jam tangan ini memiliki diameter case 45,5 mm, ketebalannya 17 mm dan lug-to-lug 51,5 mm. Penggunaan case keramik membuat jam tangan ini memiliki tekstur dan berbobot ringan yaitu hanya 107 gram tanpa strap

Sebagai informasi saja, silikon nitrida keramik memiliki bobot 2x lebih ringan daripada keramik zirkon tradisional dan titanium grade 5, serta 40% lebih ringan dari stainless steel. Jam tangan ini menjadi lebih ringan daripads versi black ceramic PO 600m terdahulu yang memiliki bobot 140 gram dan versi steel PO 600m GMT yang berbobot 226 gram. Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ juga menggunakan kaca safir

Selain itu, jam tangan dilengkapi helium valve pada posisi sejajar pukul 10 untuk mengeluarkan gas helium dan screw-down crown untuk mendukung ketahanan air hingga kedalaman 600 meter sehingga cocok digunakan untuk penyelaman saturasi. Jam tangan ini juga dilengkapi unidirectional bezel dengan skala 60-menit. Mengoleksi Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ cocok untuk kamu yang suka travelling ke luar negeri karena jam tangan ini sudah dilengkapi komplikasi traveller / flyer GMT. 

Dial Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’

Dial Omega Seamaster Planet Ocean GMT'Dark Grey'
Dial Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’

Seperti namanya, dial Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ juga dieksekusi dengan warna abu-abu gelap. Dial-nya terbuat dari solid titanium dengan sandblasted finish. Pada inner chapter ring yang mengelilingi dial terdapat skala 24 jam dan date window ditampilkan pada pukul 3. Jarum dan indeks dengan outer abu-abu diberi lapisan antrasit dan diisi Super-LumiNova putih. Sedangkan aksen warna oranye ditampilkan pada ujung jarum detik, jarum GMT, tulisan “SEAMASTER GMT” di bawah pukul 12 serta tulisan 600m / 2000ft di atas pukul 6. 

Komplikasi Flyer/Traveller GMT pada Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ 

Movement Omega Seamaster Planet Ocean GMT'Dark Grey' dibekali komplikasi GMT
Movement Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ dibekali komplikasi GMT

Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ adalah jam tangan flyer/traveller GMT dimana jarum jam utama bisa disesuaikan independent bergerak per 1 jam dan menunjuk ke inner chapter ring 24-jam untuk melacak zona waktu kedua. Jam tangan ini dibekali in-house automatic Co-Axial movement caliber 8906 Ti Master Chronometer. Plate dan bridge pada movement ini menggunakan titanium grade 5. Movement ini juga memiliki akurasi standar Master Chronometer (METAS) yaitu 0/+5 detik per hari sehingga lebih akurat dibanding standar chronometer (COSC). Movement ini memiliki 39 jewel, menggunakan co-axial escapement dan memiliki ketahanan magnet hingga 15,000 gauss. Movement ini berdetak sebanyak 25.200 beat per jam dan memiliki power reserve 60 jam.

Untuk strap, Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ dilengkapi integrated rubber strap dengan lapisan berbahan tekstil fabric berwarna abu-abu dan folding clasp yang terbuat dari titanium grade 5.

Penggunaan keramik pada case, serta titanium grade 5 pada dial dan movement membuat jam tangan ini memiliki bobot ringan dibandingkan model diver’s watch Omega lainnya. Bagaimana? Menarik sekali kan tampilan dan spesifikasi Omega Seamaster Planet Ocean GMT ‘Dark Grey’ di atas? Kalau tertarik untuk mengoleksinya, tunggu ya kehadirannya di Jamtangan.com. Kamu juga bisa mendapatkan jam tangan Omega lainnya di sini!

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
oris diver automatic

10 Rekomendasi Oris Diver Automatic, Idaman Para Divers

Next Article
seiko limited edition

10 Seiko Limited Edition Rilisan 2023 Ini Siap Diincar Para Kolektor!

Related Posts
Total
0
Share