Mido Multifort M Chronometer, Akurasi Tinggi Berkat Chronometer Movement

mido multifort
mido multifort

Mido kembali meluncurkan jam tangan dari koleksi Multifort yaitu Mido Multifort M Chronometer. Jam tangan Swiss Made ini dibekali dengan akurasi tinggi dan sudah mendapatkan sertifikasi dari COSC sehingga kualitas dan keandalannya tidak perlu diragukan lagi. Makin penasaran kan dengan spesifikasinya? 

Mido Multifort M Chronometer
Mido Multifort M Chronometer
Sumber: Midowatches.com

Nah, kali ini Minwatch akan mengulas lebih banyak tentang desain, fitur, dan sertifikat COSC yang sudah dimiliki oleh Mido Multifort M Chronometer. Yuk, simak terus artikel selengkapnya di bawah ini!

Mido merupakan salah satu merek jam tangan asal Swiss yang umurnya lebih dari 1 abad. Mido didirikan oleh pembuat jam asal Swiss bernama Georges Schaeren pada tahun 1918, tepatnya tanggal 11 November. Hingga kini, berbagai series jam tangannya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, sebut saja Mido Ocean Star, Multiford hingga Commander.

Mido Multifort Pertama Kali Diperkenalkan pada Tahun 1934

Mido Multifort pada era WW-2
Mido Multifort pada era WW-2
Sumber: Montrespubliques.com

Koleksi Mido Multifort pertama kali diperkenalkan pada tahun 1934. Jam tangan tersebut dipresentasikan dengan fitur self-winding, anti-magnetik, tahan air, dan shock-resistant. Dengan fitur-fitur yang fungsional tersebut, Mido Multifort pun menjadi best-seller dan banyak diburu pecinta jam tangan.

Inovasi yang terus dikembangkan hingga sekarang sukses menghasilkan ragam model Mido Multifort yang lebih modern. Begitu pula dengan koleksi Multifort M Chronometer yang baru saja diluncurkan oleh Mido. Selain dirancang dengan fitur lebih lengkap dan mudah diakses, jam tangan ini juga mengombinasi kualitas yang presisi dan akurasi tinggi.

Mido Baroncelli Signature Skeleton Terinspirasi dari Rennes Opera House di Perancis 

Koleksi Mido Multifort M Chronometer yang Accessible

Mido Multifort M Chronometer mudah diakses
Mido Multifort M Chronometer mudah diakses
Sumber: Monochrome-watches.com

Standar Chronometer telah menjadi bagian dari koleksi Mido Multifort sejak tahun 2018. Total ada sembilan model Multifort day-date yang bisa dipilih dengan warna dial berbeda. Jam tangan dari koleksi ini selalu dihiasi dengan Geneva stripes vertikal dan menerapkan indeks penanda jam yang miring. Desain jam tangan dengan kombinasi warna yang berbeda dan kemampuan untuk glow in the dark membuat jam tangan mudah dibaca pada cahaya minim.

Sebagai salah satu brand jam tangan Swiss-made eksklusif, Mido memang selalu menjadi buruan para watch-enthusiast. Menariknya, beberapa jam tangan MIDO kini sudah menjadi barang langka yang harganya super fantastis.

Dominasi Warna Hijau dan Hitam pada Dial Mido Multifort M Chronometer

Dominasi warna hijau pada Mido Multifort M Chronometer
Dominasi warna hijau pada Mido Multifort M Chronometer
Sumber: Monochrome-watches.com

Mido Multifort M Chronometer dihadirkan dengan high-grade 316L stainless steel case yang tahan korosi dan dengan satin finished dan polished 3-part. Case memiliki diameter 42mm dan sapphire crystal mendapatkan treatment anti-reflektif pada kedua sisi. 

Bagian atas sapphire jam tangan didesain dengan dial berwarna hijau tua dengan vertical satin finish, dan rona warna makin hitam pada bagian tepi dial. Sementara itu, lingkaran menit pada jam tangan dicetak putih pada inner chapter ring. Jarum dan penanda jam diisi dengan Super-LumiNova berwarna beige, penunjuk jam 6, 9, dan 12 diwakili dengan angka Arab. Sedangkan indeks penanda jam lainnya dihadirkan dalam bentuk bulat.

Window day-date ditampilkan pada posisi jam 3 dan dicetak dengan warna hitam dan background warna putih sehingga mudah terbaca. Jarum detik dibuat flat, jarum jam dan menit diisi dengan Super-LumiNova, dan logo Mido serta tulisan ‘Automatic’ ditempatkan di bawah angka 12. Label  Chronometer dan nama koleksi Multifort diletakan di atas jam 6. 

Semua elemen tersebut didesain dengan warna putih yang cukup kontras dengan gradien dial yang didominasi warna hijau dan hitam. Untuk bracelet-nya sendiri, Mido Multifort M Chronometer menggunakan 3-link stainless steel dengan folding clasp dan push-button.

Dari segi harga, jam tangan Mido asli pasti lebih mahal dibanding barang tiruannya. Kualitas jam tangan Mido asli juga tidak bisa diragukan karena semua material yang dipakai bermutu tinggi. Beberapa tampilannya banyak ditiru, namun detail, movement dan finishing jam tangan Mido asli tidak bisa ditiru. Material body hingga mesin jam tangan Mido asli dipilih dari bahan terbaik sehingga lebih presisi.

MIDO Ocean Star GMT Special Edition: Gaya Elegan yang Versatile

Movement pada Mido Multifort M Chronometer Memiliki Sertifikat COSC

Movement pada Mido Multifort M Chronometer
Movement pada Mido Multifort M Chronometer
Sumber: Monochrome-watches.com

Mido Multifort M Chronometer menggunakan movement Mido caliber 80 (ETA C07.821 base, atau Swatch Group’s Powermatic 80) yang dilengkapi dengan silicon balance spring. Jam tangan ini juga sudah mendapatkan sertifikasi dari COSC yang artinya keakuratannya sudah teruji.

Tes yang dijalankan oleh COSC mencakup verifikasi nomor yang terukir pada movement jam tangan dan kontrol pada lingkungan pengujian. Setiap movement diuji secara individual mengikuti prosedur ketat yang berlangsung selama beberapa hari dengan lima posisi dan suhu berbeda yaitu 8°C, 23°C, dan 38°C. 

Dari hasil uji tersebut, Mido Multifort Chronometer mampu mempertahankan daily rate -4 sampai +6 detik. Jam tangan ini bekerja pada frekuensi 21.600 vph atau 3Hz, lebih kecil 1Hz dari caliber ETA 2824 yang memiliki frekuensi 4Hz. Mido caliber 80 menggunakan bi-directional automatic winding, power reserve 80 jam, memiliki 25 jewel, dan tahan air hingga 100 meter.

Dekorasi movement dapat dilihat melalui sapphire caseback transparan pada bagian belakang jam. Mido juga menambahkan silicon balance spring yang dapat meningkatkan presisi dan sifat anti-magnetik pada Mido Multifort M Chronometer.

Review Mido   Ocean Star, Dive Watch Titanium Paling Tangguh

Dengan berbekal sertifikat COSC, tidak perlu diragukan lagi jika Mido Multifort M Chronometer mempunyai akurasi dan presisi tinggi. Cocok untuk kamu yang sedang mencari jam tangan dengan akurasi tinggi. Tertarik untuk memilikinya? Tunggu kehadirannya di Jamtangan.com ya! Kamu juga bisa mendapatkan koleksi jam tangan Mido lainnya di sini!

Referensi:

https://monochrome-watches.com/introducing-mido-multifort-m-chronometer-silicium-calibre-80-powermatic-specs-price/
https://www.midowatches.com/id/multifort-m-chronometer-m0384311109700.html#&gid=1&pid=1
https://montrespubliques.com/new-1minute-reads/early-mido-wristwatches

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Previous Article
Jam Tangan ‘Swiss Made’

Apa sih Arti Jam Tangan ‘Swiss Made’? Kenapa Menjadi Begitu Penting, ya?

Next Article
Exclusive Alexandre Christie

Sporty dan Fungsional, Jamtangan.com Luncurkan Koleksi Exclusive Alexandre Christie

Related Posts
Total
0
Share