Mengenal Jam Tangan Parnis Diver

Mengenal Jam Tangan Parnis Diver

Parnis Diver, Sebuah Terobosan Parnis

Parnis yang dikenal sebagai produsen yang produknya homage dari desain-desain jam terkenal, kini mempunya sebuah jam diver dengan desain original mereka sendiri. Hebatnya lagi, Parnis melengkapinya dengan spek yang cukup bagus untuk ukuran sebuah jam diver dan dijual dengan harga yang masih terjangkau. Seperti diketahui, jam diver adalah jam yang dirancang untuk dipakai menyelam dikedalaman tertentu, tentunya butuh riset mendalam agar sebuah brand bisa menciptakan dan merancang jam diver yang aman dipakai menyelam.

parnisGambar 1. Parnis membuat jam diver dengan spek dan detail yang cukup bagus.

 

Jam diver dari Parnis ini mempunyai ukuran diameter 43mm dengan ketebalan 13mm, ukuran yang cukup pas dan fleksibel dengan berbagai jenis ukuran pergelangan tangan. Karena jam diver adalah sebuah tool watches (jam yang mempunyai fungsi sebagai alat untuk kegiatan tertentu), maka sudah semestinya jam diver dirancang agar lebih tangguh dari jam non diver. Jam ini mempunyai ketahanan air 200m, yang merupakan standar minimal untuk jam diver. Mekanisme crown pada jam ini pun memakai mekanisme screw down, yang memungkinkan crown mengunci rapat sehingga air tidak bisa masuk.

parnisGambar 2. Mekanisme crown pada Parnis diver ini, menggunakan screw down.

 

Bentuk jarum pada Parnis diver mengingatkan pada Omega Ploprof, yang merupakan salah jam diver yang melegenda. Bentuk jarum yang mengingatkan pada Omega Ploprof ada pada desain jarum menit aksen oranye dan bentuk jarum yang menyerupai pedang. Pada dial, parnis memberikan kontur mirip kontur air atau ombak, membuat jam ini cukup indah, karena secara estetika, bentuk dial yang mempunyai kontur seperti air ini menunjukan jika jam ini memang jam yang habitatnya di air.

Untitled-3Gambar 3. Dial yang indah mempunyai kontur menyerupai kontur air serta kristal sapphire anti refleksi membuat jam ini indah dan mudah dibaca.

 

Sementara itu pada marker, jam ini mempunyai bentuk marker/angka seperti bentuk peluru dengan fosfor yang berwarna oranye, sehingga cukup kontras dengan dial dan serasi dengan warna jarum. Marker pada jam ini cukup besar dengan warna yang kontras dengan dial, membuat jam ini mudah dibaca.  Dikegelapan,  jam ini juga cukup mudah dibaca karena mempunyai lume yang cukup terang.

Untitled-4Gambar 4. Walau dengan strap kulit, jam ini cukup cantik.

 

Kristal pada Parnis diver menggunakan kristal sapphire flat yang mempunyai lapisan anti refleksi, sehingga meminimkan pantulan cahaya pada kristalnya. Pada bezel, terdapat indeks marker menit yang cukup terbaca dengan lume pipe di angka 12 yang dibingkai sebuah segitiga yang menghadap kebawah. Segitiga menghadap kebawah adalah ikon dari jam diver, karena segitiga menghadap bawah mempunyai makna jika jam ini bisa bertahan didalam kedalaman air. Menariknya, bezel pada Parnis Diver ini menggunakan lapisan sapphire, sehingga jika bezel terkena pantulan cahaya akan tampak mengkilat dan tahan goresan. Hal ini menambah kesan mewah dan elegan pada jam ini.

Untitled-5Gambar 5. Kombinasi brushed finish dan polished finish pada bagian sisi dari Parnis Diver ini, memberi kesan macho serta elegan. Grafir huruf P pada crown member kesan mewah.

 

Finishing pada body atau chasing jam dominan brushed finishing yang dipercantik dengan polished finishing. Brushed finishing mengesankan jam ini adalah jam tool yang macho, sedangkan polished yang merupakan sebuah finishing yang mengkilat, mengesankan jam ini elegan dan mewah. Pada crown, Parnis mempercantik dengan ukiran huruf “P” yang merupakan logo dari Parnis, tidak lupa karena ini jam tool, terdapat crown guard yang melindungi crown.

Untitled-6Gambar 6. Parnis membenamkan automatic Seagull movement yang mempunyai beat per hour 28.800 bph pada jam divernya.

Parnis diver merupakan pilihan alternatif bagi para pecinta jam diver, karena mempunyai spek dan desain yang cukup bagus. Jam ini juga dilengkapi dengan automatic Seagull movement yang sudah banyak diakui sebagai movement tangguh serta build quality yang cukup bagus.

Jual jam tangan parnis

Tags: parnis