Longines Rilis Spirit Zulu Time dengan Titanium Case

by Han Aug 16, 2024 1 min read
Longines Spirit Zulu Time Titanium
Longines Spirit Zulu Time Titanium

Longines Spirit Zulu Time Debut pada 2022

Spirit Zulu Time merupakan salah satu pilot watch dari Longines yang pertama kali diperkenalkan pada 2022. Meskipun belum lama di pasaran, tetapi jam tangan ini cukup populer di kalangan penggemarnya. Adapun nama ‘Zulu’ mengacu pada alfabet fonetik NATO, dahulu para pilot menggunakannya untuk berkomunikasi melalui radio.

Lalu saat ini,, Longines merilis Spirit Zulu Time Titanium dengan ukuran 39 mm. Namun ini bukanlah jam tangan pertama Longines yang dirancang menggunakan material titanium. Sebelumnya, watchmaker asal Swiss ini pernah berkolaborasi dengan Hodinkee untuk merilis Spirit Zulu Time Titanium pada akhir 2023 lalu.

Hadir dengan Material Titanium yang Ringan

Longines Spirit Zulu Time Titanium
Longines Spirit Zulu Time Titanium

Berbeda dari material Spirit Zulu Time biasanya yang menggunakan stainless steel, kali ini Longines menghadirkan material titanium grade 5 untuk case dan bracelet-nya. Material ini diklaim 40% lebih ringan dari stainless steel. Selain itu, titanium juga tidak akan berkarat serta tidak menyebabkan alergi, sehingga lebih nyaman dan aman digunakan pada pergelangan tangan. 

Intip Desain Longines Spirit Zulu Time Titanium Lebih Dekat

Longines Spirit Zulu Time Titanium
Longines Spirit Zulu Time Titanium

Longines Spirit Zulu Time Titanium memiliki titanium case berdimensi 39 mm, ketebalan 13,5 mm, serta lug-to-lug 46,80 mm dan dilengkapi dengan 3-link titanium bracelet. Jam tangan ini juga dilengkapi dengan insert ceramic bezel berwarna hitam yang dapat diputar searah. Bezel ini menampilkan skala 24 jam dengan pinggiran bergerigi yang khas. Adapun case ini sudah tahan air hingga 100 meter.

Kemudian untuk dial-nya, didesain dengan warna hitam matte yang gagah. Lalu dipadukan dengan angka Arab serta sword hands yang dilapisi warna emas. Sementara jarum jam GMT berbentuk panah dengan ujung merah dapat menunjukkan skala 24 jam pada bezel sebagai indikator zona waktu kedua. Adapun date window pada posisi pukul 3.

Sebagai pilot watch, keterbacaan menjadi hal yang penting untuk memudahkan navigasi waktu. Longines Spirit Zulu Time Titanium juga sudah dilengkapi dengan Super-LumiNova pada bagian hands, marker, dan pip pada bezel posisi pukul 12. 

Caseback dan Movement Longines Spirit Zulu Time Titanium

Caseback Longines Spirit Zulu Time Titanium
Caseback Longines Spirit Zulu Time Titanium

Jam tangan ini ditenagai oleh automatic Calibre L844.44 yang sudah tersertifikasi chronometer (COSC) dengan akurasi -4/+6 detik per hari. Movement ini memiliki mekanisme “flyer/travel GMT’, di mana jarum jam utama atau waktu lokal dapat disesuaikan secara independen dan bergerak melompat per jam. Ini dapat mempermudah para traveller dan pilot ketika baru tiba di negara yang berbeda zona waktu untuk menyesuaikan jarum jam utama dengan waktu setempat secara cepat.

Selain itu, movement ini juga dapat berdetak sebanyak 25.200vph, punya 21 jewels, serta cadangan daya hingga 72 jam (3 hari). Movement-nya sudah dilengkapi anti magnet berkat adanya silicon balance spring. Kemudian movement tersebut dilindungi oleh screw-down caseback dari material titanium yang kokoh. Adapun ukiran logo Spirit Zulu Time yang khas pada bagian caseback-nya.

Itulah informasi terkait Longines Spirit Zulu Time yang dirancang dengan material titanium. Kabarnya, jam tangan ini dijual seharga EUR 5.400 atau sekitar Rp77,6 jutaan. Tertarik untuk mengoleksinya? Tunggu tanggal mainnya di Jamtangan.com, ya! Kamu bisa cek koleksi Longines lainnya di sini.

Be the first to comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Comment is required.

Add New Comment

Read more