Ketika G-Shock Berhadapan dengan Mesin MRI

Ketika G-Shock Berhadapan dengan Mesin MRI
Mesin MRI

Mesin MRI

Medan magnet merupakan salah satu musuh jam tangan karena dapat mengganggu pergerakan jam tangan, dan salah satu benda yang dapat menghasilkan medan magnet sangat kuat adalah mesin MRI (Magnetic Resonance Imaging). Mesin MRI merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pemeriksaan radiologis pada tubuh manusia. Namun berbeda dengan sinar X, MRI menggunakan medan magnet untuk menghasilkan gambar yang menunjukkan organ dalam tubuh. Kekuatan medan magnet yang dihasilkan sangat besar. Kebanyakan mesin MRI yang digunakan di Indonesia mempunyai kekuatan 1-1,5 Tesla, atau setara dengan 10000-15000 gauss.

Sebagai gambaran dengan contoh jam mekanikal, Rolex Milgauss mampu tahan terhadap medan magnet hingga 1000 gauss dan hanya Omega Seamaster Aqua Terra >15000 gauss jam mekanikal yang berani mengklaim mampu tahan dengan kekuatan medan magnet sebesar itu, sehingga anda dapat membayangkan bagaimana efek medan magnet sekuat itu terhadap jam tangan anda.

Hal ini akhirnya membuat penasaran seorang anggota forum Watchuseek dengan username DimitrisRHO yang bekerja di suatu rumah sakit dengan fasilitas MRI. Ia kemudian mencoba untuk mendekatkan sebuah Casio G-Shock tipe DW-5600 pada sebuah mesin MRI dengan kekuatan 1,5 T untuk melihat apakah setelah terpapar medan magnet kuat dari MRI G-Shock tersebut masih berfungsi dengan baik. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada video di bawah ini.

 

Sebagai info tambahan, karena jam tangan digital tidak mempunyai bagian yang bergerak saat beroperasi, maka akan lebih tahan terhadap medan magnet. Oleh karena itu, sering kali orang-orang yang bekerja dekat medan magnet kuat seperti radiologis atau ilmuwan sering memakai G-Shock digital untuk menemani aktivitas mereka, bahkan pada G-Shock dengan tampilan analog-digital sekalipun Casio juga merancang tipe-tipe tersebut dengan kemampuan antimagnetisme. Yang patut diingat adalah jika jam tangan tersebut bertenaga surya (pada G-Shock teknologi seperti ini dinamakan “Tough Solar”), medan magnet kuat dapat merusak sel surya yang ada pada jam tangan sehingga tidak disarankan untuk membawa jam bertenaga surya ke dekat medan magnet kuat.

 

DJO / jamtangan.com

Categories: Casio, Watch Brands
Tags: Casio, G-Shock, quartz